MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Body
MY BODY

Faktor Dan Risiko Menarche Dini

 

Faktor Dan Risiko Menarche Dini

Walaupun setiap perempuan punya masa menstruasi pertama (menarche) yang berbeda-beda, ternyata menstruasi pertama yang lebih dini menyimpan berbagai risiko.

 

Perbedaan masa puber dan menstruasi (haid) tiap perempuan sebenarnya wajar banget. Seperti yang udah sering kita bahas sebelumnya, secara umum pubertas terjadi pada anak perempuan di rentang usia 10 - 14 tahun, tapi bisa juga dimulai dari 8 - 13 tahun. Pada masa ini, menstruasi (haid) nggak langsung keluar sebagai penanda puber, tapi justru muncul 1-2 tahun selanjutnya di usia 11 atau 12 tahun. Selengkapnya tentang pubertas bisa dibaca di artikel TAHAP PUBERTAS PADA ANAK PEREMPUAN dan 5 MITOS FAKTA PUBERTAS PEREMPUAN ya!

 

Tapi, ada juga kasus di mana anak perempuan justru mengalami menarche yang terlalu dini, yaitu di bawah 10 tahun. Otomatis, perubahan tubuh yang terjadi di masa puber seperti tumbuhnya payudara dan pubic hair terjadi lebih awal lagi, yaitu di usia 7 atau 8 tahun dan ini jauh lebih awal daripada perempuan pada umumnya. Lalu, berbahaya nggak ya kalau menarche datang lebih awal?

 

 

PENYEBAB MENARCHE TERLALU DINI

Faktor Dan Risiko Menarche Dini

Menstruasi pertama atau menarche yang muncul terlalu dini terjadi karena adanya masalah pada sistem hormon di tubuh seseorang. Dilansir dari Halodoc, menstruasi pertama atau menarche yang terlalu dini biasanya disebabkan oleh beberapa hal yang berhubungan sama gaya hidup dan juga lingkungan, seperti:

 

Terlalu sering mengonsumsi junk food secara berlebihan

As we know, junk food memang makanan yang enak tapi juga jahat buat kesehatan tubuh kita. Selain ningkatin risiko obesitas, junk food mengandung banyak banget lemak yang kalau udah berlebih di dalam tubuh, bisa mengirim sinyal impuls ke otak buat mempercepat terjadinya menstruasi, dan ini menjadi faktor penyebab kenapa remaja perempuan bisa menarche lebih cepat.

 

Terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman manis

Dilansir dari Kompas.com, sebuah studi yang dipublikasikan di Human Reproduction Journal menyebutkan kalau gula cair buatan yang dikonsumsi oleh anak-anak bisa bikin adanya perubahan hormon tubuh secara permanen. Karena menstruasi (haid) dipengaruhi oleh hormon, dampaknya bisa ke menarche yang terjadi lebih cepat.

Faktor Dan Risiko Menarche Dini

 

Paparan zat kimia di sekitar kita

Dilansir dari Kompas.com, beberapa kandungan zat kimia kayak detergen, plastik, kosmetik, ternyata punya andil juga ke siklus menstruasi yang datang lebih awal. Soalnya, beberapa zat kimia yang memapar tubuh kita berpotensi meniruefek hormon estrogen di dalam tubuh kita dan bikin menarche datang lebih cepat.

 

Kurang gerak

Catet nih ya buat kita-kita yang mageran! Nggak rajin ngelatih tubuh kita dengan berolahraga atau aktivitas fisik lainnya, tapi nggak ngontrol makanan bisa ningkatin risiko kegemukan. Apalagi buat remaja yang lagi dalam masa pertumbuhan kayak kita, obesitas gampang banget terjadi. Karena tubuh kita numpuk lemak, pastinya hormon estrogen kita pun jadi banyak. Dari situlah menarche jadi datang lebih cepat.

 

 

DAMPAK DARI MENARCHE YANG TERLALU DINI

Faktor Dan Risiko Menarche Dini

Banyak yang mengira kalau mengalami menarche terlalu dini adalah hal yang normal dan nggak perlu dikhawatirkan. Padahal sebenarnya, menarche yang datang terlalu cepat punya berbagai risiko yang yang harus diwaspadai, seperti:

 

 

JADI, HARUS BAGAIMANA BUAT MENGHINDARI MENARCHE TERLALU DINI?

Faktor Dan Risiko Menarche Dini

Melihat faktor penyebab di atas, menghindar dari menarche terlalu dini sebenarnya erat kaitannya dengan gaya hidup nih. Bisa aja lho menarche terlalu dini menimpa siapapun, termasuk adik-adik perempuan kita. Mengurangi asupan junk food dan rajin olahraga bisa jadi salah satu cara terbaik buat mengurangi potensi obesitas dan produksi hormon estrogen berlebih di awal pubertas.

 

Tapi, apabila kita termasuk salah satu perempuan yang udah mengalami menarche sejak dini, kita bisa mulai membiasakan gaya hidup sehat plus mengonsumsi makanan yang mengandung kedelai seperti tahu, tempe, kacang kedelai sejak remaja. Karena, kandungan isoflavon di dalamnya punya sifat yang bisa menghambat kanker payudara yang disebabkan oleh paparan hormon estrogen.

Faktor Dan Risiko Menarche Dini

Sebagai antisipasi menstruasi yang datang lebih awal, jangan lupa untuk selalu sedia Softex Comfort Slim, pembalut khusus remaja yang menyerap cepat hingga 3000 holes, dan permukaan yang breathables serta hypoallergenic yang aman buat kulit sensitive sekalipun. Selai itu, pendidikan tentang organ reproduksi dan seks juga butuh banget ditanamkan sejak usia remaja, sehingga kita dan saudara perempuan kita yang baru memasuki masa remaja dan puber bisa mengambil pencegahan supaya nggak mengalami menarche lebih dini.

 


Foto: Shutterstock

 

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates