MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
PRODUCT
My Body
MY BODY

5 Mitos Fakta Pubertas Anak Perempuan

 

mitos fakta anak perempuan

Ternyata, memasuki fase dari anak-anak ke remaja juga nggak lepas dari mitos fakta yang ada. Sering dengar mitos pubertas yang masih sering beredar di masyarakat berikut ini? Cek faktanya yuk!

 

MITOS #1 – PUBER PEREMPUAN DIAWALI DENGAN MENSTRUASI

Mitos! Faktanya, masa pubertas perempuan udah dimulai saat dirinya berusia 8 tahun lho! Di usia ini, tubuh memang belum memperlihatkan perubahan yang signifikan. Tapi otak udah mulai memberikan sinyal kalau tubuh akan mengalami pubertas. Justru menurut American Academy of Pediatrics, menstruasi baru dimulai sekitar 18 bulan – 2 tahun setelah kita memasuki tahap pubertas, dan setelah itu baru memasuki tahap selanjutnya yaitu awal perkembangan payudara.

Nah, baru deh begitu memasuki masa menstruasi, kita pastinya butuh pembalut berkualitas yang tetap bikin kita nyaman beraktivitas di sekolah. Jangan lupa untuk selalu gunakan Softex Comfort Slim 2 in 1, yang berisi pembalut berukuran 29 cm dan 23 cm dalam 1 kemasan, cocok untuk satu siklus mulai dari heavy flow sampai menjelang hari terakhir haid. Dengan teknologi menyerap 1 detik, menjaga permukaan tetap kering dan bebas lembap, jadi kita bisa tetap nyaman beraktivitas dan bebas gerak sepanjang hari.

 

 

MITOS #2 – HORMON PUBER BIKIN REMAJA MOODY DAN GAMPANG EMOSI

mitos fakta anak perempuan

Fakta! Memasuki masa remaja, kita bakal dihadapi sama mood yang selalu berubah-ubah dan gampang emosional. Nggak jarang kita jadi anak yang nggak penurut dan sikap kita bikin bingung orang tua. Tapi perlu diingat, nggak cuma hormon aja yang punya pengaruh dalam emosi kita selama masa puber. Di tahap ini, otak kita lagi mengalami perkembangan yang pesat banget, salah satunya area prefrontal cortex pada otak yang berfungsi buat mengendalikan emosi dan perilaku mengalami pertambahan hubungan syaraf, serta beberapa ada yang diganti.

 

 

MITOS #3 – BAHAN KIMIA TERTENTU BIKIN PUBERTAS MAKIN CEPAT

Fakta! Dilansir dari Halodoc, sebuah studi di jurnal Human Reproduction menyatakan kalau ada kemungkinan bahan kimia yang terdapat dalam produk seperti sampo, makeup, dan lain-lain bisa bikin pubertas terjadi lebih awal. Beberapa bahan kimia tersebut di antaranya adalah Ftalat; yang sering ditemukan dalam wewangian, Paraben; pengawet yang digunakan dalam kosmetik, dan juga Fenol; yang digunakan dalam sabun anti mikroba.

Dalam studi tersebut, para peneliti memantau sekelompok wanita hamil dan anak-anak mereka selama 13 tahun, dan secara berkala mengukur kadar tiga jenis bahan kimia dalam urin mereka. Ternyata hasilnya nunjukkin kalau pubertas anak-anak perempuan jadi sudah bergeser bahkan sebelum mereka dilahirkan. Dengan kata lain, paparan kimiawi terhadap wanita hamil berperan dalam terjadinya pubertas lebih awal.

Seorang peneliti kesehatan masyarakat di University of California, Kim Harley juga mengungkapkan kalau sebenarnya bukan soal terpapar bahan kimia atau tidak, tetapi justru masalahnya terletak di seberapa banyak seseorang terpapar bahan kimia.

 

MITOS #4 – OBESITAS BIKIN PUBER JADI LEBIH CEPAT

Fakta! Di masa anak-anak, badan yang gemuk mungkin terlihat gemes banget. Tapi ternyata, kalau kita membiarkan tubuh terlalu gemuk bahkan hingga obesitas, hal ini juga bikin kita jadi memasuki masa pubertas lebih cepat, but in the abnormal way! Soalnya obesitas membuat hormon di tubuh kita jadi terganggu, dan mostly terproduksi lebih banyak supaya bisa menyeimbangkan metabolisme tubuh. Nggak cuma itu, calon remaja yang mengalami obesitas juga rentan mengalami gangguan Kesehatan, misalnya gangguan menstruasi, diabetes, dan kondisi ini bisa makin parah karena nggak menutup kemungkinan habit yang tercipta bakal dijalani sampai dewasa.

 

MITOS #5 – PUBER NGGAK BIKIN PEREMPUAN BAU BADAN KAYAK COWOK

mitos fakta pubertas anak perempuan

Mitos! Banyak  yang percaya kalau anak laki-laki yang lagi melewati masa puber bakal mulai mengeluarkan bau badan. Dan itu memang benar. Tapi nyatanya, perempuan juga nggak bisa lolos dari bau badan yang timbul saat udah memasuki masa pubertas. Bau badan ini terjadi saat kita mulai lebih banyak berkeringat karena perubahan hormonal, apalagi mulai muncul bulu di area ketiak yang justru jadi tempat favorit bakteri penyebab bau badan. Jadi, jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan tubuh ya!

 

 


Foto: Shutterstock

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates