MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
What's Now
WHAT'S NOW

Program WASH In School - Kabupaten Manokwari & Sorong, Papua Barat

Pada quarter pertama 2020 ini, Softex telah memberikan donasi kepada UNICEF pada program Water, Sanitation and Hygiene (WASH) untuk sekolah di Sorong, Manokwari, Papua Barat dan bekerjasama dengan pemerintah setempat untuk mendukung Community Lead Total Sanitation (CTLS) dan Water, Sanitation and Hygiene In School (WinS) di Sekolah termasuk Menstrual Hygiene Management atau Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM).

 

UNICEF bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah (UNIMUDA) untuk melaksanakan program Water, Sanitation and Hygiene In School (WinS) di 10 Sekolah Dasar dan 10 Sekolah Menengah Pertama di Sorong. Sementara di Manokwari, bekerjasama dengan Yayasan Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia Papua Barat (HAKLI) untuk menjalankan Water, Sanitation and Hygiene in School (WinS) di 20 Sekolah Dasar disana.

 

Selama periode Januari hingga Maret 2020, melakukan beberapa kegiatan Water, Sanitation and Hygiene In School (WinS) di Sorong dan Manokwari.

Kabupaten Manokwari

1. Melakukan kunjungan ke Sekolah untuk memonitor pelaksanaan Water, Sanitation and Hygiene (WASH) Sekolah di 20 Sekolah Dasar. Progressnya adalah :

 

2. Melakukan pertemuan dengan pemerintah daerah Manokwari untuk membahas program Water, Sanitation and Hygiene In School (WinS). Pada meeting ini Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) mengajukan agar program Water, Sanitation and Hygiene In School (WinS) dimasukan kedalam bahasan perencanaan tahunan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dengan tim terkait (pendidikan dan kesehatan).

 

Kabupaten Sorong

Pada meeting peninjauan program Water, Sanitation and Hygiene In School (WinS) dengan 10 Kepala SMP membahas pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). Lalu Sekolah diharapkan membuat Rencana Kerja Sekolah (RKS) termasuk memasukan rencana perbaikan Sanitasi Sekolah dan menerapkan kebiasaan hidup sehat bersih pada pelajar di lingkungan sekolah. Berikut hasilnya: 

SMPN 2 Sorong saat sedang di renovasi

 

Fasilitas Cuci Tangan di setiap depan Kelas

 

Distribusi buku guide mengenai Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) berjudul “Rahasia Dua Dunia” yang diterbitkan UNICEF yang diberikan kepada pelajar. Bersama UNIMUDA, UNICEF mengadakan Forum Group Discussion (FGD) dengan pelajar SMPN 2 Sorong. 

Para pelajar dengan buku guide mengenai Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM)

 

FGD WinsS di SMPN 2 Sorong

 

FGD diadakan untuk mencari perspektif dari para pelajar tentang harapan mereka pada Sanitasi di Sekolah. Secara menyeluruh pelajar menyampaikan keluhannya. Para pelajar sangat senang saat toilet di sekolah akan di renovasi. Mereka menulis harapan mereka di post it dan berharap memiliki toilet yang bersih, sehat hingga ketersediaan air bersih, sehingga mereka nyaman menggunakannya.

 

Kamu bisa ikut mendukung lho, dengan membeli 1 pack Softex Comfort Slim & Softex Daun Sirih bertanda khusus. Hal kecil dari kamu akan sangat berarti buat mereka. #DariSaudari untuk saudari di Indonesia Timur.

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates