MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Body
MY BODY

Flek Cokelat, Normal Atau Nggak?

 

Flek cokelat yang biasa muncul di awal sebelum haid dan di akhir sesudah haid ini terkadang bikin kita berpikir aneh-aneh. Kenapa bisa keluar ya? Apa penyebabnya? Normal atau nggak sih flek cokelat tersebut? Yuk temukan jawabannya di sini!

 

Kenapa Aku Keluar Flek Cokelat?

Biasanya ada beberapa faktor penyebab kenapa flek cokelat ini muncul, yaitu:

 

Sisa Darah Di Rahim

Flek cokelat ini bisa aja cairan keputihan yang sedikit bercampur dengan darah tua sisa menstruasi (haid) yang kita alami di bulan sebelumnya. Sisa darah ini menempel di dinding rahim, warnanya cokelat kehitaman dibanding darah haid biasanya. Hal ini karena darah sudah teroksidadi setelah mengendap lama di rahim. Teksturnya pun beragam, kadang menggumpal, kental dan lengket, tapi seringkali kering. Kebanyakan cewek ngalamin flek cokelat 1-2 hari sebelum dan sesudah haid selesai. Munculnya flek cokelat ini termasuk gejala umum dan normal, flek akan berhenti luruh seiring berjalannya waktu.

 

Gejala PMS

Kalo ini biasanya keluar sebelum menstruasi (haid) yang nandain kalo menstruasi (haid) kita mau datang. Keluar 1-2 hari atau bahkan beberapa jam sebelum haid datang.

Tapi, gimana kalau belum pernah menstruasi (haid) keluar flek kecokelatan? Ini bisa jadi tanda kita mau dapat menstruasi (haid) pertama atau menarche. Yang biasanya akan diikuti keluar darah, lalu akan kembali jadi flek kecokelatan. Cuma ada beberapa kondisi hanya keluar flek atau bercak kecokelatan aja untuk beberapa hari, gak usah kuatir ya, ini masih bisa terbilang normal.  

 

Cedera Miss V

Salah satu kemungkinan lain flek cokelat adalah ada cedera Miss V yang diakibatkan oleh penetrasi seksual atau iritasi ketika melakukan hubungan seksual. Kalau sebabnya karena hal ini, segera konsultasi ke dokter untuk dicek lebih lanjut ya. 

 

Berkaitan Dengan Alat Kontrasepsi (KB)

Menurut HelloSehat, Pil KB atau KB spiral bisa membuat Miss V mengeluarkan bercak cokelat, hal ini masih terhitung normal selama nggak terjadi pendarahan parah.

 

Perimenopause

Perimenopause adalah fase peralihan menuju menopause yang umumnya dialami wanita menjelang usia paruh baya, yang biasanya dimulai sekitar 10 tahun sebelum kita “resmi” menopause (usia 50 tahun).

 

Kapan Sih Harus Periksa Ke Dokter? 

Biarpun flek cokelat gejala normal tapi nggak semua penyebabnya normal. Kalo flek cokelat kita disertai gejala lainnya yang bikin nggak nyaman, ini artinya kita harus segera memeriksakan ke dokter. Terutama kalo:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ingat ya, nggak perlu takut untuk memeriksakan ke dokter, semakin cepat diperiksa akan semakin kita tahu penyebabnya apa dan semakin cepat pula ditanganin. Dan jangan lupa selalu sedia Softex Pantyliner Forever Fresh yang bisa dipakai untuk sehari-hari ataupun ketika menstruasi (haid) kita tinggal sedikit ya.


Foto: Shutterstock

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates