MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Body
MY BODY

Dampak Stres Pada Perempuan

Ada banyak hal yang bisa bikin perempuan stres, mulai dari hal kecil sampai besar. Mulai dari muncul jerawat di wajah pas lagi mau ketemu gebetan, tugas gak selesai, atau berat badan. Kebanyakan stres bisa buruk dampaknya, bukan Cuma masalah gak selesai tapi juga berdampak buruk ke mental dan fisik kita.

 

 

Menurut laman Kementrian Kesehatan, stres adalah reaksi seseorang baik secara fisik maupun emosional (mental/psikis) bila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri.

Pas kita ngalamin stres, napas kita bakal lebih berat dan jantung berdetak lebih kencang, serta ada peningkatan tekanan darah. Stres yang berkelanjutan bisa berdampak negatif ke manusia, khususnya pada perempuan dampaknya adalah:

 

 

SIKLUS MENSTRUASI (HAID) NGGAK TERATUR

Happifyourworld banyak dapat DM via Instagram yang menanyakan “kenapa haid aku gak teratur” atau “kenapa volume darah haid aku sedikit / banyak”. Nah bisa jadi itu akibat dari stres yang kamu alamin. Ketika kita sres, bagian otak yang berfungsi mengatur siklus menstruasi (haid) akan terganggu.

Kondisi ini nyebabin hormon pengatur siklus menstruasi (haid) yang dihasilkan pun jadi gak seimbang, sehingga gak aneh deh siklus menstruasi (haid) kita jadi gak teratur. Biarpun tanda-tanda menstruasinya tetap ada, seperti konstipasi atau keputihan dengan volume banyak.  

 

 

MEMPERPARAH PMS

PMS (Premenstrual Syndrome) adalah kumpulan tanda-tanda yang muncul sebelum menstruasi (haid) datang. Biasanya kita akan ngalamin nyeri, payudara nyeri, lapar, mual, dan lain sebagainya. Pada sebagian perempuan, PMS bisa aja dirasakan sampai masa menstruasi (haid)-nya selesai.

Dan kalau perubahan mood juga emosi saat PMS terjadi secara ekstrim, bisa jadi ini tanda-tanda PMDD atau Premenstrual Dysphoric Disorder.

 

 

MASALAH PSIKOLOGIS

Stres yang gak segera diatasi dan dibiarin berlarut-larut bisa berdampak terganggunya psikologis kita. Berawal dari stres, bisa berubah jadi depresi, panic attack, gangguan kecemasan, perubahan mood yang signifikan, dan gak bisa menahan emosi kita. Sudah pasti hal ini bakal menggangu kehidupan dan aktivitas kita sehari-hari.

 

 

MASALAH KULIT

Jerawat, kulit kusam, kering, berminyak, komedo, bersisik, dan lain-lain. No, ini bukan salah skin care tapi bisa jadi ini karena stres yang menumpuk di dalam diri kita. Selain itu, pas stres kita juga cenderung lupa atau malas merawat diri, ya udah deh, jadi aja kulit makin bermasalah dan bisa jadi bukan cuma kulit wajah, kulit badan pun akan ikutan kena dampaknya.

 

 

SULIT BUAT FOKUS ATAU KONSENTRASI

Karena pikiran sudah suntuk, akhirnya kita sulit buat fokus dan konsentrasi sama apa yang kita lagi kerjakan. Tugas sekolah atau kuliah yang biasanya bisa kita kerjain satu jam, bisa jadi molor sampai beberapa jam karena stres bikin kita kehilangan semangat buat bekerja.

 

 

INSOMNIA ATAU GANGGUAN TIDUR

Stres juga berpengaruh sama tidur lho. Perempuan yang ngalamin stres akan cenderung sulit tidur (biarpun sudah mengantuk) atau terbangun tiba-tiba.

Ini karena stres membuat pikiran kita terbeban yang nyebabin tekanan batin, sehingga tubuh jadi gak bisa beristirahat dengan nyaman. Dan kayak efek domino, kurang tidur juga bisa mengganggu siklus menstruasi (haid) lho.

 

 


 

Foto: Shutterstock

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates