MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
PRODUCT
My Body
MY BODY

911 First Period : Cewek Rentan Sakit Pas Haid?

 

PMS dan nyeri haid bukan Cuma “penyakit” yang selalu mendatangi kita ketika sedang menstruasi (haid). Pusing, demam, seluruh badan sakit dan ngilu, ditambah flu adalah beberapa gejala yang akan dihadapin, kenapa ya cewek rentan banget sakit pas lagi menstruasi (haid)?

 

Alasannya simple, HORMON. Dilansir dari Busines Insider, menurut dr. Nieca Goldberg, Medical Director of the Joan H. Tisch Center for Women's Health at the NYU Langone Medical Center, perubahan hormonal bisa mengakibatkan menstruasi (haid) yang kita hadapin mengalami beberapa gejala seperti kelelahan, perut kram, bloating (kembung), sakit pinggang belakang, dan beberapa penyakit lainnya.

 

Dan semua hal ini terhubung satu sama lain. Lebih lanjut dr. Nieca ngejelasin, beberapa minggu sebelum menstruasi (haid) datang, level Estrogen cenderung menurun signifikan sehingga nyebabin PMS dan mengacaukan keseimbangan hormon lainnya, termasuk susah tidur yang bikin kita jadi kelelahan dan nggak bersemangat.

 

 

Sementara itu, masih dari sumber yang sama. dr. Molly O’Shea punya jawaban lain yaitu karena pengaruh prostaglandin yang bisa ngakibatin kram bagian bawah perut, diare, mual-muntah, hingga pusing dan beberapa gejala umum lainnya. Karena unsur ini juga berpengaruh pada suhu tubuh, mereka bertanggung jawab kalo kita mendapat penyakit yang disebut “period flu”. Suhu tubuh ini akan mengubah seakan-akan kita ngalamin demam, padahal ketika dicek nggak.

 

Untungnya period flu mudah diatasi daripada flu beneran. Ada beberapa obat yang bisa kita minum untuk meredakan period flu, tapi bila nggak yakin, dr. Molly nyaranin untuk kita berdiskusi langsung dengan dokter supaya nggak tambah parah akibat mengkonsumsi obat yang salah.

 

Just a gentle reminder, menstruasi (haid) adalah alarm alami tubuh cewek untuk memberitahukan seperti apa kondisi tubuh kita dari dalam. Karena itu gejala sekecil apapun jangan dicuekin, in case gejala-gejala ini ingin mengatakan suatu ketidaknormalan sedang terjadi pada tubuh kita.

 

 


Foto: Shutterstock   

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates