MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Life
MY LIFE

6 Tipe Teman Yang Harus Kita Punya Sepanjang Hidup

 

6 Tipe Teman Yang Harus Kita Punya Sepanjang Hidup

Orang tua kita sering banget kasih nasihat, kalau berteman harus banget pilih-pilih. Kesannya bikin kita jadi sombong karena nggak boleh perbanyak pertemanan dari kalangan mana aja. Tapi sebenarnya kalau ditelaah lagi, nasihat ini nggak sepenuhnya salah kok. Menurut Carol Despaux Fawcett dari OneWildWorld.com, karakter kita terbangun dan bisa terlihat dari lingkaran pertemanan terdekat. Bila lingkaran pertemanan kita positif, otomatis bisa bikin kita berkembang, gitu juga sebaliknya.

Dan dari memilih teman itu, ada tipe-tipe teman yang nantinya memang kita butuhkan dan akan berpengaruh sangat besar untuk di hidup kita. Nah tipe teman kayak apa aja sih yang harus kita punya di sepanjang hidup kita? Cek di sini yuk!

 

 

SI SAHABAT YANG LOYAL

6 Tipe Teman Yang Harus Kita Punya Sepanjang Hidup

Sahabat bakal jadi seseorang (atau lebih) yang tingkatannya ada di atas banget pada level pertemanan kita. Bukan cuma karena sekadar cocok atau bisa diajak seru-seruan bareng, tapi karena biasanya dia adalah sosok yang bakal selalu setia sama kita dalam kondisi apapun, berani koreksi kalau kita lagi salah, dan tentunya bakal ngedukung apapun hal positif yang kita lakuin karena dia bahagia banget kalau kita berhasil.

Perlu diinget kalau sahabat tuh nggak harus selalu nempel sama kita di manapun dan kapanpun. Tapi begitu kita lagi membutuhkan dia dalam hal apapun, si sahabat ini bakal selalu mengusahakannya buat ngebantu kita. Nggak selalu juga berupa barang atau kehadirannya, bisa juga perhatiannya, support, gimana cara dia selalu siapin waktu buat denger cerita kita, dan bilang terus terang soal apapun tapi nggak nge-judge, walaupun itu sisi paling gelap kita sekalipun. And turns out, kitapun rasanya jadi nggak akan berat hati buat ngelakuin hal yang sama ke dia.

 

 

SI SOBAT TRAVELLING

6 Tipe Teman Yang Harus Kita Punya Sepanjang Hidup

Sebagian besar orang nggak selalu sadar kalau teman main belum tentu 100% cocok buat jadi teman saat bepergian jauh atau travelling. Soalnya, di momen ini kita bukan cuma butuh teman yang bisa match sama kita selama 24 jam atau lebih, tapi juga teman yang bakal bener-bener helpful di saat kita lagi jauh dari daerah zona nyaman kita. Walaupun di sekolah atau kampus bisa temenan baik, personality asli seseorang justru baru akan kelihatan banget saat travelling.

Misalnya nih, kalau kita orang yang adventurous dan hobi backpacker-an, udah pasti akan susah kalau jalan sama teman yang perginya harus ‘koper style’ atau yang mageran dan gampang capek. Yang ada, kita bakalan cekcok dan bete-betean di lokasi, bikin liburan jadi nggak enak dan pas pulang malah jadi musuhan bukan lagi temenan. Memang sih, nyari partner travelling nggak akan bisa langsung sekali nemu. Tapi perhatiin aja dari awal kita ngerencanain perjalanan dan nentuin destinasi. Lokasi apa yang pengen didatengin, apakah mereka cukup proaktif atau malah nunggu beres, helpful atau malah ribet, dan gimana sikap mereka selama travelling. Dari sini, kitapun jadi bisa belajar juga mana aja karakter yang cocok dan nggak sama kita pas lagi perjalanan jauh.

 

 

SI MENTOR BIJAKSANA

6 Tipe Teman Yang Harus Kita Punya Sepanjang Hidup

Teman yang baik sebenarnya nggak hanya jadi seseorang yang ada di saat kita susah atau senang, tapi juga bisa ngasih kita inspirasi buat jadi pribadi yang lebih baik lagi. Makanya nggak heran kalau dalam hidup kita, sosok teman yang bisa jadi mentor bakal penting banget, selain sosok orangtua ataupun kakak kita. Bisa siapa saja; senior di sekolah, tetangga yang lebih tua, selama kita memandang sosok ini sebagai panutan.

Berteman dengan si mentor ini bakal ngasih banyak manfaat, salah satunya adalah belajar banyak hal positif yang selama ini jadi keahliannya. Misalnya dia jago nulis, bisa fotografi, bisa desain atau gambar, jago ngedit video, jago pelajaran yang kita susah mengertinya, atau apapun itu. Tapi, mentor yang bijaksana dalam hidup kita juga nggak harus selalu orang yang punya pekerjaan atau hobi yang sama dengan kita. Bisa jadi, sosoknya adalah orang yang punya pengalaman lebih banyak daripada kita, dan dia punya cukup kebijaksanaan dan kesabaran buat membimbing kita. Pokoknya, setiap kita mengalami kesulitan dalam hidup, sosok ini bakal selalu kita percaya buat cerita, dan pastinya berusaha buat ikut nyari jalan keluar buat kita.

 

 

SI SOCIAL BUTTERFLY

6 Tipe Teman Yang Harus Kita Punya Sepanjang Hidup

Biasanya, kita bakal ketemu sama temen tipe kayak gini di tempat-tempat baru kayak saat kita masuk ke sekolah baru, kampus atau kelas baru, bisa juga lingkungan baru dan kita nggak kenal satupun orang-orang di sana. Sosok social butterfly nggak akan malu buat nyamperin kita duluan buat berkenalan dan ngobrol, juga ngenalin kita ke teman-teman baru lainnya yang bisa jadi baru dia kenal juga lho! Tipe ini biasanya punya kepribadian yang menyenangkan tanpa kelihatan terlalu berusaha, misalnya kayak enak diajak ngobrol karena wawasannya luas, atau mungkin juga kocak, sehingga banyak orang yang nggak segan buat berteman sama dia.

Beberapa orang mungkin ada juga yang nggak terlalu nyaman sama kepribadian social butterfly yang kadang suka SKSD (sok kenal sok dekat) ke orang yang baru kenal. Tapi sebenarnya berteman dengan orang tipe ini bakal ngasih kita banyak manfaat, terutama ketika kita udah terjun di dunia profesional. Karena social butterfly hobi banget menyambungkan kita ke lingkaran pertemanan yang mereka punya, ini bisa jadi momen kita buat perluas koneksi juga. Siapa tau ada teman sepermainan yang punya hobi yang sama kayak kita, suka buku atau series yang kita lagi tonton juga, bahkan tiba-tiba ketemu cowok dan cinlok di tengah pertemanan.

 

 

SI BUKU HARIAN

6 Tipe Teman Yang Harus Kita Punya Sepanjang Hidup

Sekali nemu yang cocok, yakin banget kalo tipe ini nggak akan pernah kita lepasin sampai kapanpun. Saat butuh numpahin cerita yang super duper rahasia, kita nggak akan lari ke mana-mana kecuali dia. Sosok si buku harian ini bisa aja sahabat kita yang sekarang menemani hari-hari kita. Tapi, biasanya tipe teman yang kayak buku harian ini cuma bakal ada satu di dalam hidup, yang akan selalu kita percaya untuk ngomongin apapun yang ada di dalam hati kita.

Beruntungnya lagi kalau si buku harian ini adalah sosok yang cukup bijaksana juga kalau ngasih masukan atau nasihat, bukan malah ngomporin dan bikin cerita kita jadi makin panas. Tapi kalaupun dia bukan ‘penasihat’ yang jitu, dia akan setia ngedengerin cerita dan rahasia apapun dari kita, plus anti bocor kayak Softex Comfort Slim. Hehe.

 

 

SI TEMAN SUPER SERU

6 Tipe Teman Yang Harus Kita Punya Sepanjang Hidup

Sering nggak saat ngumpul, pasti ada satu temen yang selalu jadi spotlight karena anaknya seru dan mengasyikkan banget? Bahkan, rasanya ada yang kurang kalau hangout nggak ada dia? Yup, si super seru adalah tipe teman yang bisa banget ngasih energi ke dalam setiap lingkar pertemanan yang lagi dia datengin, bikin obrolan dan acara jadi super seru, karena dia selalu ngasih liat sisi yang fun. Biasanya teman tipe ini memang bakal kesannya keluar-masuk aja di hidup kita, karena dia punya banyak lingkar pertemanan dan nggak selalu pengen ‘nempel’ di dalemnya. Tapi begitu dia hadir dijamin jadi seru banget, dan kita bisa belajar banyak dari kepercayaan dirinya dan seakan ngasih tau kalau temenan tuh nggak perlu malu-malu ataupun jaim.

 


Foto: Shutterstock

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates