MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Life
MY LIFE

Tips Mudah Dapat Beasiswa Idaman

tips cara mudah dapatin beasiswa

Gimana cara dapatin beasiswa? Mau kamu siswa sekolah menengah atau siswa perkuliahan, bahkan yang sudah bekerja sekalipun pasti punya keinginan untuk mendapatkan beasiswa. Tapi gimana caranya ya? Yuk cek di sini apa aja yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan beasiswa idaman!

 

 tips cara mudah dapatin beasiswa

SIAPIN DIRI DARI AWAL

Sebelum kita mulai mencari informasi tentang beasiswa, first thing first, menyiapkan diri sendiri dari awal. Kita perlu tahu kalau untuk mendapatkan beasiswa, setiap siswa harus mencantumkan prestasi akademik sebagai salah satu persyaratannya. Gak cuma itu, mereka juga butuh ketrampilan lainnya seperti kemampuan bahasa Inggris yang bisa dibuktikan dengan sertifikasi TOEFL atau IELTS.

 

Makanya kalau beasiswa udah termasuk dalam rencana masa depan kita, lebih baik mulai sedini mungkin untuk ningkatin prestasi akademik di dalam maupun di luar sekolah. 

 

CARI TAHU INFORMASI TENTANG BEASISWA

Ini adalah hal pertama yang harus kita lakukan kalau mau dapat beasiswa setelah menyiapkan kemampuan diri sendiri. Cari informasi tentang beasiswa apa aja yang tersedia dan lembaga apa yang menawarkan beasiswa tersebut. Buat dapetin informasi ini, kita harus rajin googling dan follow sosial media yang menyediakan informasi tentang beasiswa.

 

Kamu bisa cek beberapa website dan akun ini:

Website: indbeasiswa.com, rencanamu.id, topkarir.com

Instagram: @info_beasiswa, @kemdikbud.ri, atau kedutaan besar di indonesia dan universitas ternama.

 

KETAHUI APA AJA SYARAT PENDAFTARANNYA

Tiap lembaga pasti punya syarat pendaftaran yang harus dipenuhi setiap calon pendaftar beasiswa. Sekilas terlihat sama tapi tiap lembaga pastinya punya syarat yang berbeda sesuai bidang studi masing-masing, jadi ada baiknya dicatat kalau perlu dibikin check list supaya gak ada yang ketinggalan.

 

Karena satu aja syarat gak dipenuhi, maka otomatis pendaftaran beasiswa kita gagal, dan ini salah satu kesalahan dasar yang paling banyak dilakukan oleh calon pendaftar beasiswa.

 

tips cara mudah dapatin beasiswa

 

BUAT RESUME (CV) KREATIF DAN ESAI YANG MENARIK

Resume (CV) dan karya tulis dalam bentuk esai biasanya masuk sebagai salah satu syarat administratif. Karya tulis atau esai sendiri adalah hal krusial untuk mendapatkan beasiswa, karena dari esai tersebut kita akan dinilai apakah kita layak lanjut ke tahap proses seleksi berikutnya. So, pastiin keahlian menulis kita baik.

 

Tapi bukan berarti kita harus kerja keras bikin satu karya tulis baru untuk satu aplikasi, kalau kita mendaftar lima wah bisa-bisa kecapaian sendiri. Kevin Ladd, COO dari Scholarship.com mendorong tiap calon pendaftar untuk “work hard and smart.  If you can reuse any essays while still following all of the directions and rules to the scholarship, do so.”

Dan usahakan kerja keras yang kita lakukan sepadan dengan beasiswa yang mau kita raih.

 

LATIHAN WAWANCARA

Selain keahlian menulis esai yang baik, kita juga perlu melatih kemampuan berbicara, karena seleksi beasiswa biasanya berujung wawancara dari lembaga pemberi beasiswa. Dan proses ini juga penentu apakah kita bisa dapat beasiswa atau gak.

 

Sama seperti proses interview pekerjaan, dalam proses wawancara beasiswa kita harus bisa mempresentasikan diri kita sebaik mungkin. Gimana kita bisa menyampaikan ide secara lugas dan gak berbelit-belit tanpa rasa gugup.

 

Makanya, coba deh latih berbicara di depan kaca atau minta tolong seseorang untuk melihat dan mengkoreksi gaya berbicara kita, biar kita bisa lebih siap untuk menghadapi wawancara penerimaan beasiswa.

 

tips cara mudah dapatin beasiswa 

JANGAN LAKUKAN KESALAHAN DASAR INI!

 

Berikut adalah kumpulan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh pencari beasiswa, yaitu:

·       Gak melengkapi semua persyaratan administrasi yang diminta. Dokumen yang gak lengkap akan berpotensi kita didiskualifikasi pada tahap awal proses seleksi.

·       Asal memasukkan aplikasi tanpa melihat kesesuaian kriteria yang diminta. Boleh aja sih kita mendaftar di banyak beasiswa (karena siapa tahu aja salah satunya gol kan), tapi ya tetap harus tetap melihat kriterianya juga.

·       Resume dan esai yang dibuat kurang menarik atau gak sesuai topik yang diminta. Karena itu, pastiin kita benar-benar memahami syarat dan mempersiapkan resume dan esai dengan baik. Kalau perlu tanya ke guru atau orang yang udah pernah menerima beasiswa tersebut.

·       Kurang persiapan ketika proses wawancara. Yes, rasa gugup dan lupa itu bisa nunjukkin kalau kita gak siap.

·       Gampang menyerah. Well, gagal pertama kali itu bukan akhir dunia kok, yuk coba lagi dan lagi!

 


Foto: Shutterstock

Prev
Next

Bagikan artikel ke :