MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
PRODUCT
My Body
MY BODY

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Vagina

 

makanan baik untuk kesehatan vagina

Nggak hanya dari luar, Kesehatan vagina juga perlu diperhatikan dari dalam tubuh kita. Salah satunya dengan memperhatikan makanan apa aja yang punya dampak buat vagina kita. Dan ternyata, makanan-makanan ini bagus lho buat Kesehatan vagina kita!

 

Sayuran Hijau

Ini sih nggak ada lawan ya, karena sayuran berdaun hijau udah dikenal lama punya banyak manfaat buat tubuh, termasuk buat kesehatan vagina. Semua kandungan gizi di dalam sayuran hijau kayak magnesium, vitamin E, dan kalsium bisa menjaga kesehatan otot vagina dan melancarkan alirah darah sehingga vagina tetap terjaga kelembapan alaminya. Hayooo, masih mau malas-malasan makan sayur?

 

Alpukat

Lemak tak jenuh yang terkandung di dalam buah alpukat ternyata nggak cuma bagus buat Kesehatan jantung aja, tapi juga buat vagina kita. Vitamin B6, C, K, folat, dan kalium yang ada pada alpukat bisa memperkuat dinding vagina, dan ningkatin hormon estrogen di dalam tubuh. Buat perempuan yang udah aktif seksual, rutin makan buah alpukat bisa ningkatin lubrikasi sehingga ngurangin potensi nyeri saat berhubungan seks.

 

Bawang Putih

Terlepas dari baunya yang bikin orang-orang ogah mengonsumsinya, bawang putih punya kandungan anti mikroba dan anti jamur yang bisa mencegah vagina dari berbagai gangguan dari serangan jamur candida seperti gatal, bau nggak sedap, keputihan berlebih, dan infeksi saluran kemih. Selain itu, bawang putih juga bisa bikin daya tahan tubuh kita lebih kuat lho!

 

 

 

makanan yang baik untuk vagina 

 

Kimchi

Makanan yang suka muncul di Korean drama favorit kita ini ternyata bagus lho buat kesehatan vagina. Karena hasil fermentasi, kimchi mengandung probiotik yang bisa membantu menyeimbangkan pH vagina dan mengurangi resiko infeksi. Makanan fermentasi lainnya kayak yoghurt, tempe, acar juga bisa jadi makanan pilihan buat kesehatan vagina kita. Masih bingung soal ap aitu pH vagina? Selengkapnya bisa kamu baca di post PH VAGINA berikut ini ya!

 

Kuaci

Mulai sekarang, kita nggak bisa nganggep kuaci makanan sepele lagi nih! Soalnya, mengonsumsi kuaci biji bunga matahari ternyata punya banyak keuntungan buat vagina kita. Kuaci biji bunga matahari punya kandungan zinc atau seng, yang bisa ngebantu mengatur siklus menstruasi (haid) kita, ngejaga kesehatan kandung kemih, dan mencegah vagina kita jadi kering dan gatal.

 

 

Flaxseed

Flaxseed emang udah dikenal sebagai superfood karena kandungan vitamin yang banyak banget di dalamnya, dan selalu jadi campuran berbagai makanan sehat berbarengan dengan chia seed dan biji-bijian lain. Tapi, nggak banyak yang tau kalau flaxseed atau biji rami juga punya manfaat spesifik buat kesehatan vagina. Kadar asam lemak omega 3 yang ada di dalam flaxseed lebih tinggi 15 kali lipat dari salmon, makanya flaxseed bisa ngebantu vagina terhindar dari kanker, dan membantu mencegah kemandulan. Sedangkan fitoestrogen bisa ningkatin kadar hormon estrogen yang bisa mencegah vagina jadi kering.

 

Ubi

Ubi juga masuk deretan makanan yang bisa bikin vagina kita sehat, terutama jenis ubi merah. Di dalamnya terkandung vitamin A dan beta karoten yang  nggak cuma bagus buat kesehatan mata tapi juga bisa meningkatkan kesuburan vagina, dan memperkuat dinding vagina dan ngejaga kelembapannya. Nggak cuma bikin vagina sehat, ubi juga bagus banget buat perempuan yang lagi ngejalanin program kehamilan, karena kandungan ubi juga diklaim bisa memperkuat janin selama di dalam rahim.

 

makanan yang baik untuk vagina

 

Selain Makanan, Lakukan Hal Ini Supaya Vagina Kita Lebih Sehat!


Foto: Shutterstock

 

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates