MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
PRODUCT
My Body
MY BODY

Ciri-ciri Awal Kanker Payudara

 

Ciri-ciri awal kanker payudara

Kanker payudara jadi salah satu penyakit yang cukup mematikan buat perempuan. Sayangnya, banyak yang lengah dengan ciri-ciri awal penyakit ini, dan baru sadar saat sel kanker udah berada di stadium 4. Nah, di momen Breast Cancer Awareness Month bulan Oktober ini, yuk kenali ciri awalnya sebelum lebih parah!

 

Menurut data yang tercatat di World Cancer Research Fund International, kanker payudara merupakan kanker paling umum yang rentan menyerang perempuan di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, kanker payudara menyerang perempuan sebanyak 42,1 per 100 ribu penduduk, dengan rata-rata kematian sebesar 17 per 100 ribu penduduk.

Ciri-ciri awal kanker payudara

Kanker payudara terjadi saat sel kanker terbentuk dan tumbuh di jaringan payudara. Paling umum, kanker payudara terbentuk di kelenjar lobulus (penghasil susu), saluran ductus (saluran susu ke puting payudara), atau juga di jaringan ikat di dalam payudara. Walaupun belum diketahui apa penyebab pasti dari kanker payudara, tapi ada beberapa faktor yang dianggap bikin risiko kanker payudara pada seseorang jadi meningkat. Dilansir dari Alodokter, pemicunya bisa dari gaya hidup yang nggak sehat kayak kebiasaan merokok, konsumsi junk food berlebih, alcohol, paparan radiasi, obesitas, atau adanya gangguan hormon. Kanker payudara juga bisa dialami karena faktor lain, yaitu saat usia di atas 50 tahun, usia menstruasi pertama kali di bawah 12 tahun, menopause pada usia lebih tua, dan juga faktor keturunan.

 

KASUS PENDERITA KANKER PAYUDARA TERMUDA

Ciri-ciri awal kanker payudara

Kika: Diah Nur Ratri, Chrissy Turner

Kalau kira berpikir kanker payudara hanya menyerang wanita dewasa, mungkin kita harus berpikir ulang. Pada beberapa kasus, karena alasan tertentu, kanker payudara bisa menyerang usia remaja. Bahkan tercatat kanker payudara menyerang gadis berusia 10 tahun bernama Chrissy Turner dari Centerville, Utah. Dilansir dari Metro.co.uk, Chrissy adalah pasien kanker payudara termuda yang pernah ditemukan. Chrissy merasakan ada benjolan di dadanya dan ketika diperiksa, ternyata benjolan tersebut adalah kanker payudara. Akhirnya pada tahun 2015, Chrissy harus menjalani operasi pengangkatan seluruh payudara kanannya (mastectomy) untuk mencegah penyebaran kanker. Di Indonesia sendiri, dilansir dari DetikHealth, Diah Nur Ratri terdiagnosa memiliki kanker payudara pas usianya baru berumur 17 tahun. Kala itu, Ratri cerita dari puting payudaranya keluar darah yang dia kira cairan lemak. Siapa sangka pas dicek ke klinik Ratri mengidap kanker payudara stadium 2 dengan benjolan sudah mencapai 2cm.

Kasus yang menimpa Ratri dan Chrissy memberitahukan kita ternyata kanker payudara, semakin lama, semakin bisa menyerang siapapun. Berapapun umurnya.

 

KENALI CIRI AWAL KANKER PAYUDARA

Banyak dari perempuan yang nggak tau saat sel kanker tumbuh di payudaranya, dan justru baru sadar saat kankernya udah masuk ke stadium lanjut dan menyebar ke organ lain. Makanya butuh banget untuk kita tau dan antisipasi apakah kondisi payudara kita normal, atau malah udah ada sel kanker yang sedang tumbuh di sana. Ada 4 ciri dari kanker payudara stadium awal yang bisa kita cek sendiri, yaitu:

 

Ciri-ciri awal kanker payudara 

Munculnya benjolan asing di payudara
Payudara perempuan terbentuk dari lemak dan jaringan yang membuatnya menonjol dan terlihat besar dibanding cowok. Tapi saat adanya sel asing yang tumbuh dan dicurigai sebagai kanker, benjolan ini akan terasa berbeda. Benjolan kanker di payudara ini berukuran kurang lebih 2 cm dan nggak selalu terasa sakit saat diraba atau ditekan. Di level ini, sel kanker juga belum menyebar ke organ lain seperti kelenjar getah bening di bagian ketiak atau jaringan lain di payudara.

 

Warna dan tekstur payudara berubah
Nggak hanya berupa benjolan, salah satu ciri stadium 1 kanker payudara adalah perubahan warna di sekitar payudara menjadi kemerahan seperti iritasi, disertai tekstur kulit payudara jadi mirip kulit jeruk. Selain itu permukaan kulit di area payudara yang ditumbuhi sel kanker juga terlihat lebih tebal dan juga berlekuk-lekuk.

 

Sakit di area puting payudara
Dalam kondisi normal, kita akan jarang banget ngerasa aneh dan terganggu di area puting payudara. Tapi, kalau area puting payudara yang sakit, mengeras, keluar cairan yang berwarna nggak biasa seperti di artikel KENALI BAHAYA CAIRAN YANG KELUAR DARI PUTING PAYUDARA berikut ini, atau puting masuk ke dalam. Semua hal ini juga jadi salah satu ciri kanker payudara stadium awal yang harus kita waspadai.

 

Muncul benjolan pada ketiak
Nggak cuma di payudara, kanker payudara stadium awal juga bisa ditandai dengan adanya benjolan di area ketiak. Hal ini dikarenakan jaringan payudara itu sebenarnya meluar sampai ke area bawah ketiak dan itulah sebabnya kanker payudara bisa menyebar ke araea kelenjar getah bening yang ada di area ketiak.

 

 

GIMANA CARA CEK APAKAH PAYUDARAMU ADA SEL KANKER ATAU NGGAK?

Ciri-ciri awal kanker payudara

Di level ini, sebenarnya nggak susah untuk ngecek ciri-ciri kanker payudara di atas tadi dengan melakukannya sendiri. Salah satunya adalah dengan cara SADARI atau Periksa Payudara Sendiri. SADARI bisa kita lakukan setiap sebulan sekali, yaitu satu minggu setelah menstruasi (haid) kita selesai. Kalau dilakukan rutin, otomatis kita jadi lebih tau dan kenal bentuk dan tekstur payudara sendiri, dan bakal lebih mudah untuk mengenali kalau tiba-tiba ngerasa ada yang janggal di payudara kita.

ciri-ciri awal kanker payudara

Selain itu, kita juga bisa kok ngecek payudara ke tingkatan yang lebih advance seperti cek ke dokter dengan SADANIS (Periksa Secara Klinis), mammografi, dan USG payudara untuk ngelihat secara pasti tentang sel yang dicurigai kanker. Tentunya semakin cepat kita tanggap tentang ciri awal kanker payudara, tingkat efektivitas pengobatannya dan kesembuhannya juga akan makin tinggi. Cek yuk!

 


Foto: Doc. Happifyourworld, Shutterstock,Detik Health, Metro.co.uk, Chrissy's Alliance

 

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates