MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
PRODUCT
My Looks
MY LOOKS

Urutan Skincare Praktis Buat Kulit Berjerawat

Memasuki usia remaja, muncul jerawat di wajah bisa terjadi karena banyak faktor bahkan bisa jadi karena pemakaian skincare yang kurang pas! Yuk tumpas jerawat dengan langkah yang tepat dan nggak ribet!

 

KENALI DULU APA PENYEBAB JERAWAT KITA

urutan skincare buat kulit berjerawat

Sebelum kita mutusin buat pakai berbagai produk buat nyembuhin jerawat, baiknya kita kenali dulu nih apa yang jadi penyebab jerawat di kulit kita, karena saat menginjak usia remaja, ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi tumbuhnya jerawat.

Kelebihan kadar minyak pada wajah, yang diproduksi oleh kelenjar minyak supaya wajah nggak kering. Tapi karena berlebihan, tertutup debu dan kotoran juga, justru minyak tersebut menyumbat pori dan folikel rambut, akhirnya meradang jadi jerawat.

Nggak menjaga kebersihan wajah, terutama dari benda-benda yang gampang kotor kayak terlalu sering memegang wajah pakai tangan atau nggak rajin ganti sarung bantal. Karena nggak sadar kalau benda-benda tersebut kotor, akhirnya wajah kita terkena bakteri dan jadi jerawat.

Hormonal, yaitu saat hormon di tubuh kita lagi nggak seimbang, saat memasuki masa pubertas, saat menstruasi (haid), atau berantakan karena pola hidup yang nggak sehat.

Nggak menjaga makanan, karena jerawat bisa dengan gampang tumbuh karena dipicu oleh makanan yang manis atau yang berlemak. Kalau nggak diimbangi dengan makanan sehat, jerawat bisa dengan leluasa berkembang.

Penggunaan kosmetik dan skincare yang nggak tepat, karena tiap orang punya kondisi kulit yang beda-beda, dan punya efek yang beda pula terhadap skincare dan makeup. Nah, faktor ini juga yang bikin kulit jerawatan alias breakout.

 

PASTIKAN URUTAN MERAWAT WAJAH JUGA TEPAT

urutan skincare buat kulit berjerawat

 

Kalau udah ketemu dan yakin apa penyebab jerawat di wajah kita, perawatan selama kulit kita berjerawat juga perlu diperhatikan supaya nggak jadi bertambah banyak, atau malah meninggalkan bekas luka yang susah banget hilang. Karena kita masih remaja dan butuh kepraktisan, urutan skincare ini bisa membantu banget meringankan jerawat.

 

 

1 – BERSIHKAN DENGAN TEKNIK DOUBLE CLEANSING

urutan skincare buat kulit berjerawat

 

Urutan skincare yang harus diperhatikan saat kulit berjerawat adalah double cleansing atau membersihkan wajah dengan dua tahap, yaitu first cleanser seperti micellar water atau cleansing oil untuk mengangkat kotoran dan makeup, dilanjutkan dengan face wash untuk membersihkan sisanya secara keseluruhan. Walaupun lagi nggak pakai makeup, double cleansing tetap penting karena wajah harus bersih total dan bebas bernafas, bahkan dari skincare dan sunscreen yang kita pakai seharian.

Tapi jangan lupa untuk pilih cleanser dengan formula lembut, non-comedogenic, dan pastinya  nggak bikin kulit kering atau ketarik supaya produksi minyak nggak berlebihan lagi. Hindari juga menggosok kulit terlalu terlalu keras supaya jerawat nggak jadi luka dan wajah nggak iritasi.

 

2 – LEMBAPKAN KULIT DENGAN TONER

urutan skincare buat kulit berjerawat

 

Saat selesai dibersihkan, pilih jenis hydrating toner yang berfungsi untuk melembapkan kulit yang suka terasa kering setelah dicuci. Toner juga berfungsi buat mengembalikan keseimbangan pH wajah dan mempersiapkan kulit buat menerima rangkaian skincare selanjutnya. Supaya jerawat di wajah cepat hilang, pilih toner dengan kandungan yang ampuh buat mengusir jerawat seperti witch hazel atau tea tree. Buat memaksimalkan penyerapannya, penggunaan hydrating toner nggak perlu pakai kapas. Cukup tuang ke telapak tangan lalu usap perlahan sambil ditepuk pelan supaya cepat meresap ke dalam kulit.

 

3 – PAKAI MASKER WAJAH ANTI RIBET

urutan skincare buat kulit berjerawat

 

Siapa bilang masker nggak penting buat perawatan wajah? Justru penggunaan masker yang tepat bisa bikin wajah berjerawatmu membaik dengan cepat lho. Supaya praktis, kita bisa gunakan jenis sheet mask yang nggak perlu ribet harus bilas. Gunakan sheet mask berbahan anti-inflamasi seperti aloe vera selama maksimal 15-20 menit, dan sisa essence-nya bisa kita oleskan di area leher. Kita juga bisa pilih sheet mask dengan efek brightening supaya kulit kita terlihat lebih cerah setelah maskeran.

 

4 – JAGA WAJAH TETAP LEMBAP DENGAN MOISTURIZER

urutan skincare buat kulit berjerawat

 

Kulit berminyak dan berjerawat juga sebenarnya bisa jadi tanda kalau wajah kita dehidrasi. Kenapa? Karena kelenjar minyak mendeteksi kulit wajah kita yang kering, sehingga memproduksi minyak berlebih untuk melembapkannya. That’s why, pakai moisturizer atau pelembap jadi wajib banget buat kulit berjerawat. Oleskan pelembap ke seluruh wajah setelah essence masker yang tadi dipakai udah menyerap sepenuhnya. Supaya nggak terasa berat dan lengket, pilih pelembap berbahan ringan yang dilengkapi formula anti jerawat dan non-comedogenic, supaya nggak menyumbat pori dan jadi jerawat baru.

 

5- JANGAN LUPA SUNSCREEN!

urutan skincare buat kulit berjerawat

 

Nggak bosen deh buat bilang kalau sunscreen atau tabir surya itu penting banget, apalagi untuk wajah yang lagi berjerawat. Karena, paparan sinar UV dari matahari tuh jahat banget, dan malah bisa bikin masalah kulit kita jadi bertambah, mulai dari sunburn, flek hitam, penuaan dini, bahkan memicu kanker kulit. Kalau nggak dijaga dari sekarang, kulit kita bakal ikut menua lebih cepat seiring bertambahnya umur kita. 

Pilih sunscreen dengan SPF minimal 30, dan selalu gunakan setiap kali kita mau keluar rumah, bahkan saat cuaca mendung sekalipun. Alasan lengkapnya bisa dilihat di artikel FAKTA TABIR SURYA YANG PERLU KAMU TAHU berikut ini ya!

 

BONUS – PILIH SKINCARE KHUSUS UNTUK KULIT REMAJA!

urutan skincare buat kulit berjerawat

 

Setelah tau langkahnya, cara terbaik supaya nggak terus-terusan ‘cocoklogi’ sama produk skincare adalah memilih perawatan yang dikhususkan untuk kulit remaja, salah satunya adalah Emina Bright Stuff for Acne Prone Skin, skincare berformula lembut Rosebay Willowherb dan Salicylic Acid yang dikhususkan untuk kulit remaja yang rentan berjerawat. Selain bikin jerawat jauh, Emina Bright Stuff for Acne Prone Skin mampu mencerahkan wajah dan menghindari kekusaman.

 

Nggak perlu lagi deh ribet memilih skincare tepat untuk masa-masa puber kita, karena Emina bakal selalu nemenin kita!

 


Foto: Shutterstock, Doc. Emina

 

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates