MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
PRODUCT
My Body
MY BODY

Haid Dua Kali Sebulan, Normal atau Tidak ya?

 

Haid dua kali dalam sebulan

Kemarin udah haid, dua minggu kemudian keluar lagi? Hmm, normal nggak yah haid dua kali sebulan begini?

 

Mengalami siklus haid yang nggak biasa emang bikin deg deg ser, karena takut terjadi hal yang serius pada tubuh kita. Beberapa aktivitas juga bisa jadi terhambat karena nggak jarang haid datang beserta nyeri di perut, panggul, dan area tubuh lain. Sebenarnya apa sih yang bikin haid kita muncul dua kali? Bahaya nggak ya kalau hal ini kejadian di kita?

 

Kenapa Kita Bisa Ngalamin Haid Dua Kali Sebulan?

Ada banyak faktor kenapa kita bisa mengalami siklus haid dua kali dalam sebulan. Beberapa tergolong normal dan bisa diatasi dengan melakukan adjustment atau penyesuaian sama gaya hidup, di antaranya:

 

Siklus haid yang terjadi dua kali dalam sebulan mungkin bqanget terjadi sama kita yang baru aja memasuki masa puber. Hal ini karena siklus haid kita belum teratur karena hormon yang juga belum seimbang. Seiring berjalannya waktu dan hormon udah seimbang, haid kita bakal menyesuaikan sendiri kok.

 

Biasanya, siklus haid yang dialami sama perempuan adalah satu kali dalam sebulan yaitu antara 21-45 hari dengan durasi 2-10 hari. Nah, kalau haid yang kita alami datang dua kali dalam sebulan, bisa jadi kita termasuk di golongan siklus 21 hari, dan hal ini normal kok! Bisa juga tubuh kita melakukan perubahan siklus yang bikin haid kita jadi lebih maju, setelah itu siklus akan kembali seperti semula.

 

Haid dua kali dalam sebulan juga terjadi karena adanya stres. Faktanya, siklus haid kita paling gampang banget lho buat terpengaruh saat badan terlalu capek dan pikiran dalam kondisi stres.

 

Ini juga jadi alasan kenapa diet ketat yang bikin berat badan turun ekstrim, dan berat badan yang naik secara berlebihan sampai obesitas itu nggak baik buat kesehatan. Selain ngaruh ke organ tubuh lain, turun naik berat badan yang terlalu cepat bikin hormon dan siklus haid kita ikut berantakan, bisa jadi muncul dua kali dalam sebulan atau bahkan nggak muncul sama sekali.

 

Buat perempuan dewasa yang lepas dari pil KB, atau yang lagi mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa mengalami kondisi haid dua kali dalam sebulan. Soalnya, saat pil KB yang tadinya berfungsi untuk mencegah kehamilan dihentikan pemakaiannya, bikin hormon kembali melakukan penyesuaian dan bikin haid ikut nggak teratur.

 

haid dua kali dalam sebulan

 

Tapi, saat haid muncul di luar siklus ini sering terjadi dan jumlahnya banyak, disertai dengan keluhan haid lainnya. Bisa jadi, haid tersebut jadi tanda kalau ada kondisi tertentu yang serius dan perlu ditangani dengan segera, misalnya:

 

Walaupun ukurannya kecil, kehadiran tumor jinak di rahim atau miom (fibroid uterus) termasuk faktor kenapa haid kita muncul dua kali dalam sebulan dan mengeluarkan darah yang cukup banyak juga nyeri.

 

Keluarnya darah dari vagina saat nggak di siklus menstruasi bisa jadi tanda kalau organ reproduksi kita lagi ada masalah, salah satunya infeksi yang menyebabkan radang panggul atau pelvic inflammatory diseases (PID).

 

Pendarahan dan menstruasi yang nggak teratur juga bisa disebabkan karena adanya kondisi endometriosis, yaitu adanya lapisan endometrium atau dinding Rahim yang tumbuh di luar rongga rahim kita. Sampai sekarang, belum ada pengobatan yang bikin endometriosis sembuh 100%, tapi bisa diminimalisir dengan terapi.

 

Selain endometriosis, gangguan hormon yang bernama PCOS juga bisa jadi salah satu penyebab kenapa haid kita nggak teratur, bisa datang dua kali atau nggak datang sama sekali dalam waktu yang lama.

 

Karena haid berpegang kuat sama pengaruh hormon, siklus haid kita juga bakal berantakan kalau di tubuh kita ada gangguan hormon, seperti hipertiroidisme (kelebihan hormon tiroid) dan hipotiroidisme (kekurangan hormon tiroid). Walaupun nggak secara langsung berperan sebagai hormon haid, gangguan hormon tiroid ini bisa merembet ke siklus haid kita juga.

 

Lalu, Apakah Haid Dua Kali Dalam Sebulan Bisa Disebuhkan?

Haid dua kali dalam sebulan bisa jadi hal yang normal karena nantinya siklus haid akan menyesuaikan sendiri dengan tubuh kalau kita bisa menghindari stres, nggak diet ketat, dan sebagainya. Tapi saat kondisinya nggak kunjung berubah, malah makin parah dan nyeri, beberapa hal ini bisa kita lakukan:

 

 

Saat siklus haid berjalan, jangan lupa untuk pilih pembalut yang nyaman dan punya daya serap cepat, terutama saat haid kita lagi banyak-banyaknya. Gunakan Softex Comfort Slim 2 in 1 yang punya dua pilihan sekaligus dalam satu kemasan, yaitu 29 cm untuk masa heavy flow, dan 23 cm saat haid udah mulai berkurang. Isinya pun banyak, jadi cocok banget untuk 1-2 siklus haid kita.

 


Foto: Shutterstock

 

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates