MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Body
MY BODY

7 Hal Yang Bisa Kamu Diskusikan Dengan Dokter Kandungan

7 Hal Yang Bisa Kamu Diskusikan Dengan Dokter Kandungan

Apa aja sih yang bisa kita diskusikan dengan dokter kandungan?

Berbicara tentang kesehatan organ reproduksi perempuan, sulit untuk tahu mana yang normal dan nggak, atau apakah hal tersebut berpotensi penyakit serius. Nah di sinilah kita bisa berdiskusi dengan dokter kandungan untuk menjawab semua kekhawatiran tersebut.

Walaupun kamu mungkin aja malu atau ragu untuk membahas topik tertentu, kamu gak perlu khawatir. Karena dokter kandungan ada untuk mendengar keluhan yang kamu rasakan dan menolongmu, bukan untuk menghakimimu.

 

7 Hal Yang Bisa Kamu Diskusikan Dengan Dokter Kandungan

Tapi kalau kamu bingung, apa sih yang bisa didiskusikan ke dokter kandungan, berikut tujuh hal yang bisa kamu diskusikan dengan dokter kandungan :

 

SAKIT KARENA MENSTRUASI (HAID)

Gejala menstruasi seperti kram, nyeri haid, payudara sakit, pusing, dan lain sebagainya, sering banget dirasakan oleh sebagian besar perempuan pada umumnya. Namun, ada juga sebagian yang merasa gejala menstruasi (haid) itu berlebihan atau di luar normal. Bahkan bisa bertambah parah seiring berjalannya waktu. Hal ini bisa jadi pertanda haid gak normal.

Dilansir dari Hopkins Medicine.org, menurut Shari Lawson, M.D., ginekologis dari John Hopkins, “penting untuk langsung berbicara dengan dokter tentang ini (menstruasi gak normal). Ada banyak solusi yang bisa (dokter kandungan) tawarkan sehingga kamu gak perlu menderita lebih lama.”

 

VAGINAL ODOR

Ngomongin bau vagina mungkin agak gimana gitu ya, tapi hal ini juga penting lho dibicarakan ke dokter kandungan bila kamu menyadari kalau ada bau amis, bau darah (di luar dari menstruasi), bau vagina berubah mendadak dari yang biasanya, ataupun keputihan gak normal sehingga bau vagina jadi menyengat. Karena bisa aja bau vagina ini gejala dari pertumbuhan bakteri atau infeksi vagina.

 

MUNCUL BENJOLAN DI AREA BIBIR VAGINA (LABIA)

Tiba-tiba muncul benjolan di area bibir vagina (labia) bisa jadi sesuatu hal yang mengkhawatirkan. Mau itu pertumbuhan rambut pubis yang gak normal, ada jerawat atau bisul, ada luka entah dari shaving atau apapun, perlu banget dicek. Walaupun benjolan di labia umumnya jinak dan gak berbahaya, tapi lebih baik kamu minta dokter kandungan untuk mememeriksanya.

 

SEXUAL DISCOMFORT (SEX EDUCATION ALERT!)

Buat kamu yang sudah menikah, biasanya ada waktu mengalami ketidaknyamanan melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Misalnya karena vagina kering karena rendahnya level hormon estrogen atau karena alasan lainnya. Atau bisa juga sakit ketika selalu berhubungan, mungkin sebabnya bisa karena suatu kondisi misalnya vaginismus, vagina buntu, dan lain sebagainya.  

Dokter kandungan bisa bantu kamu untuk memberikan solusi untuk hal ini.

 

SEJARAH PERILAKU SEKSUAL UNTUK MENDETEKSI PENYAKIT SEKSUAL MENULAR

Gak bisa bohong, terkadang kita suka khawatir akan pandangan seseorang tentang gaya hidup kita, termasuk dokter. Takut ditanya “udah melakukan (seks) berapa kali?”, “di umur berapa kamu melakukannya?”, dan lain sebagainya.

Pertanyaan ini mungkin terdengar seakan ‘dipaksa’ membuka privasi, tapi ada alasan penting kenapa dokter menanyakan hal ini. Yaitu untuk :

 

MASALAH BOCOR URINE ATAU FESES

Biasanya masalah bocor urine atau feses ini dialamin perempuan setelah melahirkan (terutama bila bayinya besar atau melalui proses vacuum), ataupun saat perempuan mulai memasuki masa menopause, gejalanya bisa jadi memburuk sehingga butuh memakai popok dewasa. Berbicara dengan dokter kandungan, akan sangat membantu untuk mengetahui perawatan yang tepat.

 

LOW LIBIDO (SEX EDUCATION ALERT!)

Secara umum, libido adalah dorongan atau hasrat seksual pada diri tiap orang untuk melakukan aktivitas seksual. Seperti namanya, low libido adalah kondisi ketika kita punya keinginan namun gak bisa melakukannya.

Menurut Verywellmind, libido rendah pada perempuan punya banyak alasan. Mulai dari alasan medis, emosional atau alasan psikologis. Misalnya stres karena hubungan dengan pasangan, pekerjaan, ataupun keluarga. Dari Mayoclinic, hasrat seksual perempuan sejatinya akan menurun secara alamiah, namun kalau hal ini udah dirasa berefek ke hubungan kamu sama pasangan, kamu bisa mendiskusikannya dengan dokter kandungan.

 

7 Hal Yang Bisa Kamu Diskusikan Dengan Dokter Kandungan 


Foto: Shutterstock

Prev
Next

Bagikan artikel ke :