Login

Email
Password


Whatsnow

YOUTH 101 #GENERATIONUNLIMITED

27 Oktober 2018

Generasi muda adalah pemimpin dunia. Kalimat ini seharusnya bukan hanya dijadiin sekedar omongan aja, karena sejak dulu yang menggerakan bangsa adalah para anak-anak muda. Berdasarkan hal ini, UNICEF (United Nations Children’s Fund) meluncurkan inisiatif terbarunya yaitu “Generation Unlimited” di 73rd UN General Assembly, sebagai bagian dari United Nation’s youth strategy, “Youth 2030” yang diadakan tanggal 24 September 2018 (atau 25 September waktu Indonesia). Yang juga bertepatan dengan dilaksanakannya penghormatan untuk 100 tahun Nelson Mandela Peace Summit.

 

Antonio Guterres, United Nations Secretary-General

 

Peluncuran gerakan ini dipimpin oleh Secretary-General of the United Nations Antonio Guterres, Presiden Rwanda Paul Kagame, UN Youth Envoy Jayathma Wickramanayake, UNICEF Executive Director Henrietta Fore, dan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim.

 

"We’re co-creating these solutions with young people in the lead. Supporting them as — together — we design and scale-up solutions that address these needs."

UNICEF Executive Director Henrietta H. Fore

 

Buat yang belum tahu, “Generation Unlimited” adalah new global partnership yang mendedikasikan untuk peningkatan kesempatan sekaligus investasi terhadap anak-anak dan remaja usia 10 hingga 24 tahun. Generation Unlimited juga sekaligus membawa pesan, “our time, our turn, and our unlimited future.” Menurut UNICEF Executive Director Henrietta Fore, udah saatnya suara anak-anak muda didengar secara serius. “And aims to have all youth, especially girls, in learning, training, or age-approriate employment by the year 2030.”

 

Batool Alwahdani, Youth Leader from Jordan

 

Yang menarik (sekaligus juga ditunggu-tunggu) dari summit ini adalah hadirnya boyband dari Korea Selatan dan juga UNICEF goodwill ambassador, BTS.

Grup yang berisikan 7 orang ini diundang PBB untuk memberikan pidato sebagai perwakilan generasi muda. Hal ini juga menandai untuk pertama kalinya boyband dari Korea Selatan diundang ke acara seremonial.

RM atau Kim Namjoon sebagai leader dari BTS memberi powerful speech berdurasi tiga menit yang ngajak generasi muda buat lebih mencintai dirinya sendiri dan berani nunjukin siapa diri kita melalui speak yourself.

 “Let’s all take one more step. We have learned to love ourselves. So now, I urge you to speak yourself. I’d like to ask all of you, ‘What is your name?’

“What excites you and makes your heart beat? Tell me your story. I want to hear your voice. I want to hear your conviction. No matter who you are, where you are from, your skin color, your gender identity, just speak yourself. Find your name and find your voice by speaking yourself.”

Pidato RM yang lengkap bisa kamu lihat di video ini.

 

Sedikit flashback. BTS tahun lalu bersama UNICEF meluncurkan project kampanye Love Myself yang bertujuan buat menghentikan kekerasan terhadap anak-anak dan remaja di seluruh dunia. Dan berkat bantuan ARMY (nama fans BTS), gerakan ini jadi meng-global dan berhasil mengumpulkan lebih dari 1 juta dolar (and counting) untuk mendukung hal tersebut.

Banyak anak-anak muda dan remaja di seluruh dunia menyambut positif gerakan “Generations Unlimited” ini, karena akhirnya suara dan aspirasi mereka didengar. Dan ini akan semakin membuka ruang dan kesempatan mereka untuk lebih aktif berperan serta, bukan cuma untuk bangsa dan negaranya tapi juga untuk dirinya sendiri.

 

Dan seperti kata RM di akhir pidatonya, gimana dengan kamu?

“What is your name? Speak yourself.”


Foto: United Nations, UNICEF, BTS Twitter, dan berbagai sumber   

Related Articles

NGOPI DULU, LALU... SELFIE !

03 Februari 2016

Ngopi cantik demi dapet stock foto yang instagramable banget.

CLICK & DOWNLOAD

03 Februari 2016

Ini beberapa celebrity apps yang worth it untuk kita download bareng-bareng.

NO BAKE CAKE RECIPE

02 Februari 2016

Who doesn’t love cake? But to bake them is another story.

NEW IT COUPLES ALERT

03 Februari 2016

Ada banyak young power couples baru yang seru untuk kita kepoin bareng. Selain Taylor & Calvin, ada siapa lagi ya?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.