MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
What's Now
WHAT'S NOW

Tinggalin Filter Tiktok Ini Di Tahun 2021

 

filter tiktok

Ganti tahun, kayaknya harus ganti tren efek TikTok juga nih. Yuk lihat kira-kira filter apa aja nih yang harus rela kita tinggalin di 2021.

 

 

SLOW MOTION

filter tiktok

Pastinya efek TikTok yang satu ini nggak asing deh, terutama buat kita yang sering ngikutin (entah karena suka atau malah cringe) sama video-video yang isinya adegan penuh drama. Biasanya filter ini digunain buat jadi penutup yang dramatis dari sebuah adegan, misalnya jatuh, dipukul, atau kaget. Yaa, si filter slow motion ini dipakai buat jadi penegasan ceritanya sih, tapi kayaknya tahun depan si efek slow motion ini bakal basi karena orang juga udah mulai bosan (dan cringe juga sih, hehe).

 

 

 

FACE FEATURES

filter tiktok

Sebenarnya efek TikTok yang satu ini lucu dan gemesin sih, karena dipakai buat tren konten ‘I am Lost’, yaitu ngasih ekspresi ke benda-benda mati di sekitar kita. Tapi sayangnya, face feature ini jadi sering dipakai buat konten-konten yang cenderung negatif seperti ngebongkar aib, konten berbau mesum, juga seakan nutupin identitas dari si pembuatnya, dan bikin efek ini jadi satu tren TikTok yang harus udahan di tahun 2021.

 

 

 

GLOW UP

filter tiktok

Kalau kamu ngerasa ketagihan pakai efek ini buat bikin konten TikTok, pikirin lagi deh. Glowup jadi salah satu efek TikTok yang harusnya nggak dipakai lagi di 2021, karena memperlihatkan kalau sosok yang putih, bersinar, glowing adalah standar kecantikan yang sebenarnya. Nggak jarang, pengguna efek TikTok ini ngasih ekspresi cemberut, kesal, saat wajahnya berwarna gelap dan sedikit besar, lalu berubah jadi senyum saat wajahnya berubah jadi putih. Bisa-bisa, efek ini makin mengaminkan stereotipe kalau cantik itu harus putih. Duh, nggak deh!

 

 

 

CHUBBY FACE & ACNE FACE

filter tiktok

filter tiktok

filter tiktok

Selain Glow Up, dua efek TikTok yang harusnya nggak dipakai lagi di 2021 adalah chubby face dan juga acne face. Selain termasuk face shamming, efek acne face pernah viral karena dipakai buat nge-prank dan justru jadi anggapan kalau jerawatan itu adalah hal yang menjijikkan dan bikin teman-teman menjauh. Setelah tren tersebut viral, muncul perdebatan dan hujatan karena dianggap udah merendahkan orang-orang yang berjuang dengan jerawatnya. Begitu juga dengan efek chubby face yang jugad ianggap merendahkan orang berwajah chubby dan bertubuh gemuk. Hmm, masih zaman body shamming di 2021? Of course no!

 

 

 

FACE ZOOM

filter tiktok

Sambil nyanyi lagu M to the B-nya Millie B atau Bagaikan Langit-nya Potret, efek ini sukses memenuhi FYP kita buat beberapa waktu. Tapi, kayaknya efek ini juga harus kita tinggalin di tahun 2021. Bukan karena nggak menarik sih, tapi lama-lama ngeliat konten yang berisi zoom wajah dengan berbagai ekspresi aja nggak bikin kita jadi tambah kreatif nggak sih? Padahal, ada banyak banget contoh konten kreatif dan seru daripada sekedar nampilin wajah satu frame. Tapi, kalau pakai ini sesekali buat iseng aja, termaafkan kok 😊

 

 

 

HAND GESTURE

filter tiktok

Kocak sih, tapi effort-nya bisa lho disalurkan ke hal lain. Kalau lihat videonya, sebenarnya efek Hand Gesture ini menghibur banget. Tapi bukan karena hasilnya, melainkan gimana lucunya usaha keras si creator supaya bikin foto-foto yang dijepret pakai hand gesture ini sesuai sama yang diinginkan. Tapi buat kebaikan bersama, kayaknya efek ini juga ditinggalkan aja di 2021. Selain bikin kontennya dibutuhin waktu lama dan kesabaran yang luarrrr biasa, konten kita masih tetap bisa masuk FYP kok tanpa harus berlelah-lelah ria bikin video dengan efek ini aja. Waktu kita yang terbuang buat bikin satu konten ini, bisa dimaksimalkan buat bikin konten yang lain, plus nggak pakai emosi, hehe!

 


Foto: Shutterstock, solopos.com, dailydot.com, youtube.com,  

 

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates