Login

Email
Password


Whatsnow

THINGS THAT KPOP FANS DO

Kpop bukanlah kata asing lagi di telinga kita. Kalo selama ini kita fans-nya western musik, mengetahui bahkan “kecemplung” dalam dunia Kpop kayak berasa ada di dunia baru. Dari style, musik, bahkan sampe ke fansnya sendiri itu kayak gak ada akhirnya. Dilansir dari Reddit dan SBS Popasia, ini dia beberapa hal yang K-pop fans lakukan yang gak kita temui di fans musik manapun. Ready to discover new things?

 

FAN CHANTS

Setiap grup yang populer punya fan chants. Sesuai namanya, fan chants adalah teriakan (chants) fans selama performances. Bisa lirik, nama grupnya, atau random things yang berhubungan atau untuk ngejawab lagunya. Yang membuat fan chants bisa langsung dari fans-nya sendiri, agency, atau bahkan si artisnya sendiri. Contohnya kayak fan chants BTOB “Missing You” buat fansnya, Melody.

 

LIGHT STICKS

Menurut SBS, “Western pop should really capitalise on this merchandising opportunity” and we can’t agree more. Light sticks adalah barang wajib fans tiap datang ke konser ataupun even apapun yang berhubungan sama grup favoritnya. Banyak grup yang punya warna official dan ligh sticks dengan bentuk dan style yang unik buat nunjukin identitas grup mereka, sekaligus buat nunjukin kita itu fans siapa. Dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 the best light sticks saat ini.

 

Atas: Twice Candy Bong, BTS Army Bomb, BigBang Crownstick,

Bawah: Apink Panda Bong, BlackPink Hammer Stick, Seventeen Carat Bong,

 

DANCE COVERS

Music grup dan dance sebenarnya bukan hal baru, tapi dance dan musik di K-pop adalah satu kesatuan elemen yang gak bisa dipisahkan, dan ini jadi salah satu daya tarik K-pop. Thus, banyak fans yang mendedikasikan dirinya buat belajar dance step by step lalu mensharingnya via youtube ataupun sosial media lainnya. Bahkan ada juga lho yang sampe bikin flash mob games yang bisa kita lihat di event Kcons Worlwide (event tahunan K-pop global).

Oia selain dance cover, beberapa fans juga ada yang mengcover musik yang dinyanyikan grup favoritnya atau bahkan mengaransemen ulang dengan memasukan ciri khas mereka sendiri. Seperti yang dilakukan youtuber kenamaan Sam Tsui dan Kurt Hugo Schneider meng-cover BTS “Epiphany”.

 

PHOTOCARDS

Setiap album biasanya diselipkan foto salah satu member grup dengan tema yang berbeda-beda. Makanya tiap fans rela membeli berpuluh-puluh album biar dapet foto biasnya. Kalo kamu gak tahu apa itu bias, bias adalah istilah untuk orang atau member yang paling kita favoritin. Kalo misalnya kita udah beli banyak tapi masih belum dapet foto si bias, biasanya fans akan saling tukar foto, atau kalo kita bukan tipe yang mengkoleksi foto bias biasanya akan dijual lagi. It’s totally a whole new level of surprise pas beli album. Oia, beli album juga ada alasan lainnya, yaitu supaya dapet kesempatan untuk masuk ke fansign di mana kita bisa ketemu langsung dengan artis yang kita suka, ngobrol singkat dan dapet tanda tangan. Wow!

 

SUPPORTING ENTERTAINMENT COMPANIES

Fans music western biasanya gak mikirin darimana si artis berasal, atau berada di bawah naungan siapa, tapi hal ini gak berlaku buat K-pop fans. Udah lumrah buat K-pop fans juga ngedukung perusahaan yang menerbitkan si artis, atau juga si artis lainnya yang ada di dalam perusahaan yang sama. Dengan segitu banyaknya jenis perusahaan di Korea Selatan yang punya ciri khas tersendiri, fans biasanya akan selalu menyukai artis yang berasal dari perusahaan yang mereka favoritin. Misalnya EXO dan NCT dari SM Entertainment, atau Ikon, Winner, BlackPink dari YG Entertainment.

 

FAN PROJECTS

Ini dia yang paling bikin wow, di musik fandom lain jarang ada fans yang melakukan fans project but K-pop fans take it to the whole next level. Semakin besar fandomnya, akan semakin besar pula skala fan projectnya. Fan projects bisa berbagai macam bentuk. Dari yang paling umum bikin advertising di seluruh subways Seoul sampe ke bilboard besar buat ngerayain hari jadi grup atau ultah salah satu member. Misalnya Misalnya kayak Anniversary Monsta X yang terpampang di Times Square Billboards.

 

Selain itu ada lagi, fan projects di kala konser, fan projects untuk memberikan hadiah ultah, dan yang gak boleh dilupain fan projects yang berupa massive donations. Donasi ini umumnya dilakuan di bidang yang related dengan grup favorit mereka. Misalnya kayak fan projects ARMY (fans BTS) yang membantu Star Wars mengumpulkan $1 Million USD dalam waktu dua hari untuk kampanye Force For Change UNICEF di hari Star Wars Day. UNICEF sendiri bukan hal yang asing buat BTS dan ARMY, tahun 2018 lalu mereka berhasil ngumpulin $1,4 Million USD untuk kampanye “Love Myself” UNICEF.

 

Nah kira-kira apalagi ya yang K-pop fans lakukan yang bikin mereka beda dari fans musik lainnya?


Foto: Google Image, Pinterest, Twitter, Instagram, dan berbagai sumber   

Related Articles

NEW IT COUPLES ALERT

Ada banyak young power couples baru yang seru untuk kita kepoin bareng. Selain Taylor & Calvin, ada siapa lagi ya?

HAPPY CHINESE NEW YEAR WITH SANRIO

Yuk datang ke Kota Kasablanka dari tanggal 28 Januari - 14 Februari 2016. See you there Happy Females!

The Lucky Fifty Winner

The Lucky Fifty Winner for Januari 2016

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.