MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
What's Now
WHAT'S NOW

Program Water, Sanitation and Hygiene (WASH) - Kabupaten Mimika, Papua

Pada November 2019, PT. Softex Indonesia berkomitmen bersama UNICEF untuk remaja putri jalankan kebersihan menstruasi. Dalam tiga tahun ke depan, Softex akan mendukung program Water, Sanitation and Hygiene (WASH) termasuk Menstrual Hygiene Management atau Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) di daerah pelosok khususnya di Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan dan Timur Nusa Tenggara. Kabupaten Mimika di Papua adalah lokasi pertama yang mendapat dukungan dari program ini.

Melihat fakta ini, banyak sekolah yang tidak memiliki toilet dan akses air bersih yang memadai. Kondisi ini mempengaruhi kualitas belajar karena pelajar sering tidak sekolah karena sakit akibat sanitasi kebersihan yang buruk bahkan ada yang harus pulang ke rumah saat jam sekolah karena tidak ada toilet di sekolahnya.

 

UNICEF bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Mimika, Kabupaten Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan Kabupaten, Bappeda, dan Yayasan Pembangunan Pendidikan dan Kesehatan Papua (YP2KP) menjalankan Program Sanitasi Sekolah di 15 sekolah dasar. Tujuan utamanya adalah :

 

 

Kegiatan berlangsung dari November hingga Desember 2019 difokuskan pada edukasi Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) untuk pelajar Sekolah Dasar lewat pemberian buku komik MKM dan sesi pemberian edukasi Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) di Sekolah.

 

Selain pengenalan mengenai Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM), berbagai kegiatan program sanitasi sekolah juga dilakukan oleh UNICEF bekerja sama dengan pemerintah Mimika dan YP2KP untuk meningkatkan dan menerapkan pola hidup sehat dan bersih :

1. Pemberian pelatihan untuk guru dan kepala sekolah dari 15 sekolah di Mimika untuk meningkatkan sanitasi di sekolah.

2. Meningkatkan awareness program Water, Sanitation and Hygiene (WASH) melalui :

3. Menyusun informasi mengenai fakta dan peraturan tentang sanitasi sekolah di Mimika.

4. Meminta dukungan pemerintah kabupaten, kepala desa setempat untuk perbaikan Sanitasi sekolah.

 

Kegiatan pemberian edukasi dan diskusi mengenai topik menstruasi bukanlah hal yang umum dilakukan di sekolah dasar di Papua. Biasanya, topik ini baru dibahas pada remaja berusia 17 tahun ke atas. SD Islam Terpadu Permata Papua di Timika merupakan sekolah pertama yang mendapat buku komik "Apa itu menstruasi?" dan edukasi tambahan mengenai Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). Buku komik memiliki dua bagian: untuk anak perempuan ada edukasi mengenai mempersiapkan menstruasi pertama dan bagian untuk anak laki-laki untuk membantu mereka memahami apa itu menstruasi sehingga diharap berhenti melakukan bullying (ejekan) terhadap anak perempuan yang sedang menstruasi.

Melalui kegiatan Keputrian setiap hari Jumat yang disampaikan oleh Ustadzah, para siswi kelas empat, lima, dan enam mendapatkan edukasi mengenai kesehatan reproduksi, termasuk menstruasi. Pemberian edukasi ini bagian dari Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM), program sanitasi sekolah UNICEF di Kabupaten Mimika. SD Islam Terpadu Permata Papua juga diberikan sarana toilet terpisah untuk anak laki-laki dan perempuan, dan setiap toilet dilengkapi tempat sampah untuk membuang pembalut bekas.

 

Laras, siswi kelas enam bercerita, setelah mendapatkan edukasi dari Ustadzah di kegiatan Keputrian, kini dia lebih siap untuk menghadapi menstruasi pertamanya. 

 

Yuk beri dukungan kamu untuk saudari-saudari kita di Papua dan NTT dengan membeli 1 pack Softex Comfort Slim atau Softex Daun Sirih bertanda khusus, kamu udah menyumbangkan 150 rupiah untuk program edukasi tentang kebersihan dan kesehatan menstruasi. Hal kecil dari kamu ini bisa bermanfaat sangat besar bagi mereka. #DariSaudari untuk saudari di Indonesia Timur

 

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates