Login

Email
Password


Whatsnow

Martabak Unik Masa Kini

13 April 2016

MARTABAK MASA KINI!

Kalo malam-malam pingin makan yang manis, biasanya kita langsung nyari tukang martabak yang tersebar di pinggir jalan. Jajanan legit yang, ehem... penuh kalori ini, emang masih jadi salah satu camilan favorit orang Indonesia, terutama warga Jakarta. Martabak dipesan untuk dibawa pulang, buat dimakan rame-rame sama orang serumah, atau dibawa jadi ‘hantaran’ ke calon mertua, hehe...

 

Martabak ‘Hipster’

Kalo dulu jenis martabak manis terbatas dengan rasa coklat, keju atau kacang, sekarang makin banyak bermunculan inovasi martabak-martabak modern dengan rasa-rasa yang unik. Mulai dari bahan adonan sampai filling-nya dibikin edgy, biar makin maknyus dan bikin kita-kita penasaran untuk nyobain.

Beberapa tahun lalu martabak dengan filling buah durian, nangka, dan pisang, sempat booming. Habis itu, giliran martabak dengan filling selai dan martabak-martabak manis ‘hipster’ dengan filling cokelat dan selai impor. Biarpun sebenarnya (jauh) lebih mahal, pembeli rela ngantri demi nyicipin martabak dengan isian cokelat Toblerone, Kit-Kat, dan selai Nutella itu.

Makin ke sini, rasa martabak makin berani. Ada yang rasa black forest, red velvet, pandan, sampai ketan hitam. Toppingnya juga beragam, mulai dari marshmallow, taro, cokelat Ferrero Rocher, sampai cream cheese. Yummmm!

 

Dari Markobar Sampai Martabak Ganteng

Ini dia nih lima martabak yang paling jadi trending topic sekarang:

 

MARKOBAR

Di Solo, Markobar bikin gebrakan dengan bikin martabak delapan topping, yaitu Milo, Tim Tam, Red Velvet, Kit Kat Green Tea, Silverqueen, Ovomaltine, Cadburry, dan Toblerone. Penyajiannya dibikin kayak pizza, dimana martabak di-slice jadi delapan bagian sama rata, dengan delapan topping warna-warni menggoda di bagian atasnya.

 

MARTABAK TERANG BULAN

Photo source: @yulianalinz

Holland Martabak Terang Bulan di Kelapa Gading terkenal dengan jagoannya yaitu Red Velvet Oreo Cream Cheese. Warnanya yang nge-jreng (merah, putih, dan hitam), bikin martabak ini instagrammable banget!

 

MARTABAK BLACKPOOL

Photo source: zomato

Jagoan Martabak Blackpool yang mangkal di Gandaria, Jakarta Selatan, adalah Black Forest Cream Cheese Oreo. Adonan martabaknya hitam legam, tapi tetap keliatan yummy karena berpadu sama filling cream cheese yang meleleh. Pilihan filling unik lain termasuk cookies & cream dan cokelat Hershey’s.

 

MARTABAK ANDIR

Photo source: anakjajan

Di Bandung, Martabak Andir terkenal banget. Jagoannya adalah martabak hijau rasa pandan dengan filling jagung keju. Rasanya manis-manis gurih! Yang punya nyali, silakan cobain martabak dengan filling buah belimbing, sedangkan pencinta kopi bisa cicip martabak cappucino.

 

MARTABAK GANTENG

Photo source: zomato

Adonan Martabak Ganteng sengaja dibikin nggak terlalu manis supaya kita nggak cepat eneg (dan rasanya seganteng yang bikin, hehe...). Tiga best seller-nya adalah Death by Chocolate (adonan cokelat hitam plus topping Nutella, Ovomaltine, dan Toblerone), Mat Cheese (adonan green tea dengan Kita Kat Green Tea dan keju), dan Red Velvet Crumble (adonan red velvet dengan cream cheese dan nougat).

 

Dan masih banyak lagi yang lain. Makin ke sini kepopuleran martabak makin meningkat tajam dengan semakin banyak peminatnya. Nggak cuma dijadiin stall, tapi untuk lebih menarik customer (terutama anak-anak muda), stall martabak pun dibikin menarik dan comfy supaya customer betah buat nongkrong lama-lama. Dan jangan salah, selain martabak, dijual juga minuman pendamping yang oke. Keren! 

 


Sumber foto : Shutterstock, eanindya.com, & berbagai sumber

Related Articles

NO BAKE CAKE RECIPE

02 Februari 2016

Who doesn’t love cake? But to bake them is another story.

NEW IT COUPLES ALERT

03 Februari 2016

Ada banyak young power couples baru yang seru untuk kita kepoin bareng. Selain Taylor & Calvin, ada siapa lagi ya?

HAPPY CHINESE NEW YEAR WITH SANRIO

11 Februari 2016

Yuk datang ke Kota Kasablanka dari tanggal 28 Januari - 14 Februari 2016. See you there Happy Females!

Share Article To

Leave a Comment
1 comments
You must be logged in to post a comment.

Atika Fatimah


enak-enak semua :D

May 06, 2016 05:17 AM