MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
PRODUCT
What's Now
WHAT'S NOW

Instagram Reels, si Pengganti TIKTOK?

 

instagram reels pengganti tiktok

Baru-baru ini, Instagram ngerilis fitur terbarunya bernama Reels. Kabarnya, Reels punya fitur yang mirip banget sama TikTok dan bakal pelan-pelan menggeser ketenaran dari media sosial asal China tersebut.

 

APA SIH INSTAGRAM REELS ITU?

instagram reels pengganti tiktok

 

Instagram Reels merupakan fitur konten yang memungkinkan kita membuat dan sharing video berdurasi 15 detik ke para followers kita. Instagram Reel pertama kali banget diluncurkan di Brasil di akhir tahun 2019 lalu, dan kini udah tersedia di lebih dari 50 negara lain, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia, dan Jepang, baik itu di perangkat iOS maupun Android. Sayangnya, kita yang di Indonesia termasuk negara yang belum kedapatan tambahan fitur ini, jadi belum bisa mencicipi Reels secara langsung.

Menurut keterangan yang dirilis dalam blognya, Instagram bakal menaruh fitur ini di dalam jendela story atau kamera Instagram. Dengan begitu, para pengguna bisa langsung merekam dan mengedit video buatannya, lengkap dengan beberapa fitur menarik kayak Audio (nambahin musik dari music library-nya Instagram), efek Augmented Reality, Stickers, Timer, Speed, Align, dan sebagainya. Nantinya, video dari Reels yang kita post juga akan muncul dalam feed khusus di halaman explore.

 

 

REELS MENJIPLAK TIKTOK?

instagram reels pengganti tiktok

Instagram Reels ini digadang-gadang sebagai pesaing TikTok, platform asal China yang fiturnya serupa banget, yaitu pembuatan video pendek dan populer banget di kalangan remaja kayak kita. Beberapa user dan pengamat juga ngerasa kalau Instagram Reels ini berusaha menyamai TikTok, dan ada kesan pingin menggeser ketenaran platform tersebut. Apalagi di Amerika Serikat ada wacana kalau TikTok bakal di-banned oleh pemerintah, dan ngejadiin peluang gede buat Reels untuk lebih ngedapetin banyak pengguna.

Tentunya ini bukan yang pertama kali dilakuin Instagram dalam membuat produk tandingan. Mereka pernah ngelakuin hal yang sama terhadap Snapchat, dan akhirnya berhasil menggeser semua penggunanya untuk pakai fitur Stories. Instagram juga merilis Instagram TV yang kabarnya untuk menyaingi YouTube, walaupun sampai sekarang keberadaannya belum benar-benar bikin pengguna YouTube pindah platform (karena beda format, dan mungkin karena belum bisa di-monetized juga, hehe). Tapi dalam wawancaranya di The Verge, Robby Stein selaku Product Director Instagram mengatakan kalau Instagram Reels dan TikTok berbeda, terutama di segmen penggunanya.

Tapi kalau kita bandingkan, kira-kira perbedaannya terletak pada hal-hal berikut:

TIKTOK

INSTAGRAM REELS

Punya platform sendiri (berupa aplikasi sendiri)

Tambahan fitur yang nempel pada aplikasi Instagram

Bisa bikin video hingga sepanjang 1 menit

Hanya bisa bikin video sepanjang 15 detik

Semua video tetap ada di TikTok

Video cuma bertahan 24 jam

Ada fitur ‘duet’ dan upload lagu langsung ke TikTok

Belum bisa duet dan lagu cuma didapat dari music library-nya Instagram

 

Dan dari segi tampilan, Instagram Reels dan TikTok bisa dibilang mirip banget! Kayaknya untuk kita yang udah familiar dengan TikTok, nantinya bakal gampang banget ngegunain Instagram Reels.

 instagram reels pengganti tiktok

Sejauh ini, belum bisa dipastikan kapan Instagram Reels bakal rilis di Indonesia. Karena seperti yang udah-udah, beberapa fitur Instagram lain yang udah rilis duluan juga terlambat muncul, bahkan belum bisa dipakai di Indonesia, contohnya Instagram Music yang kabarnya masih terhambat karena terganjal banyak lisensi musik yang nggak ada di Indonesia. Tapi kita pasti berharap semoga semua fitur Instagram bisa kita nikmatin ke depannya.

Jadi gimana menurut kalian, apakah Instagram Reels nantinya bakal bisa menyaingi TikTok?

 


Foto: Shutterstock, Ascannio / Shutterstock.com, Hootsuite

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates