MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Looks
MY LOOKS

Tren Skincare Yang Diprediksi Booming Di 2021

 

skincare yang akan booming di tahun 2021

 

PRODUK ‘MASKNE’

maskne atau mask acne

Salah satu masalah lain yang muncul di masa pandemi ini adalah jerawat yang disebabkan oleh pemakaian masker atau sering disebut maskne. Masih banyak banget dari kita yang struggle akibat munculnya jerawat secara tiba-tiba karena wajah tertutup masker, padhaal sebelumnya jerawat juga jarang tumbuh di wajah. Nah di 2021 ini, diprediksi akan banyak produk yang memfokuskan kandungannya untuk meringankan maskne ini. Salah satunya adalah skincare yang mengandung probiotik, yang dapat menyeimbangkan microbiome (bakteri baik) di permukaan kulit.

Selain itu, produk dengan kandungan yang fungsinya bisa meratakan tekstur kulit dan meregenerasi sel kulit di wajah seperti Retinol, atau alternatifnya (misalnya Bakuchiol) juga akan lebih meramaikan tren skincare di 2021.

 

 

SKINCARE ‘TRANSPARAN’

kandungan pada produk skincare

Bukan kemasannya ya, tapi transparan di sini maksudnya ngasih liat apa aja kandungan dan formula yang ada di dalam produk tersebut. Tren ini mungkin udah dimulai sejak The Ordinary meluncurkan rangkaian skincare dengan label kandungan yang cukup rumit untuk orang awam seperti kita. Di masa itu, yang kita tau cuma brightening, anti-acne, anti-aging, lebih melihat nama brand-nya daripada mengetahui apa kandungan yang ada di dalam skincare tersebut. Selain itu, booming-nya beauty influencer serta media yang berfokus pada kecantikan juga ngambil peranan besar kenapa produk-produk skincare lebih menonjolkan informasi kandungan skincare-nya. Terlebih juga karena kita sendiri sebagai konsumen mulai melek terhadap kandungan, fungsi, dan manfaat skincare ke kulit.

 

Di tahun 2021, produk skincare dengan label transparan akan kandungannya akan semakin banyak, terutama skincare lokal. Jadi penggunanya punya kebebasan lebih besar dan luas untuk memilih formula apa yang mereka butuhkan buat kulitnya, juga untuk menghindari reaksi kayak iritasi atau breakout ketika skincare yang dipakai nggak cocok.

 

 

BLUE LIGHT PROTECTION

bluelight protection sinar biru dari alat elektronik

Selama di rumah aja, aktivitas kita paling banyak di depan layer smartphone dan komputer. Seneng sih karena banyak hal yang akhirnya dipermudah karena system digital, tapi sayangnya ada efek lain yang justru buruk buat tubuh kita, yaitu efek dari blue light. Selain nggak bagus buat mata, sinar biru (blue light) yang terpancar dari gadget kita juga punya efek yang buruk buat kulit. Lengkapnya bisa dibaca di WASPADA PAPARAN BLUE LIGHT LEWAT GADGET-MU berikut ini ya!

 

Di tahun 2021, banyak skincare yang diprediksi bakal nemuin bahan yang inovatif buat mengurangi dampak blue light buat kulit, baik itu pelembap atau sunscreen. Salah satu produsen skincare yang udah meluncurkan produk yang berfokus pada perlindungan blue light adalah Goodhabit, dan nantinya diharapkan bakal lebih banyak nih yang skincare-nya melindungi kulit kita dari bahaya sinar biru!

 

 

SKINIMALISM

skinnimalism

Pandemi yang terjadi di tahun 2020 bukan cuma bikin kita jadi males makeup-an, tapi juga ngelakuin ritual skincare step yang berlapis-lapis dengan produk yang banyak pula. Tapi di satu sisi, kita masih tetap pingin kulit terlihat glowing dan supple, supaya nggak perlu repot nge-cover kekurangan kulit saat harus keluar rumah dengan makeup. Kecenderungan ini juga diprediksi jadi pengaruh di industri skincare, yaitu dengan penggunaan skincare seminimalis mungkin tapi dengan formula yang cukup potent untuk kulit, dan bisa menggantikan berbotol-botol skincare berbeda dalam satu produk aja. Plant-based skincare, dengan ekstrak alami dari tumbuh-tumbuhan yang sebelumnya nggak kita tau juga bakal muncul di tahun ini sebagai alternatif dari kandungan kimia yang punya reaksi lebih keras terhadap kulit.

 

 

EYE TREATMENT

eye treatment

Aktivitas school from home dan online tiap waktu bikin mata ikutan lelah, begitu juga area kulit di sekitarnya. Makanya selain kulit wajah, skincare yang memfokuskan untuk perawatan di kulit area mata juga bakal jadi sorotan di 2021. Baik itu yang bisa memudarkan mata panda, mata lelah, sampai produk yang bisa mengurangi kerutan halus di sekitar mata. Kalau sebelumnya nggak banyak yang tertarik buat pakai eye cream atau eye gel, di 2021 justru skincare ini bakal jadi highlight! Pilihannya bakal beragam, baik produk luar maupun local, dari yang affordable hingga yang mahal, dan tentunya disesuaikan sama kebutuhan dari kulit di sekitar mata.

 

 

KECANTIKAN DARI DALAM

merawat kecantikan dari dalam tubuh

Selain perawatan skincare dari luar, perawatan kecantikan dari dalam tubuh juga akan menjadi tren di tahun 2021, dan semua itu "berkat" pandemi ketika semua orang mulai memperhatikan apa yang mereka konsumsi untuk menjaga kesehatannya. Menurut beberapa media jurnal kecantikan, konsumsi vitamin (selain untuk kesehatan) juga untuk kecantikan akan meningkat pesat di tahun 2021. Vitamin seperti vitamin C untuk brightening, vitamin E untuk skin barrier, vitamin A untuk memperkuat fungsi pelindung kulit sampai buat kesehatan mata, hingga vitamin B atau khususnya Biotin untuk kesehatan rambut.

 

Untuk perempuan sendiri khususnya, mereka mulai mengkonsumsi vitamin D untuk kebutuhan tulang. Karena dilansir dari Osteoporosis and Related Bone Disease National resources Center, perempuan Asia sangat rentan dengan penyakit tulang dibandingkan perempuan Eropa (kulit putih) akibat kurangnya konsumsi kalsium dan struktur tulang.

 


Foto: Shutterstock

 

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates