MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
PRODUCT
My Looks
MY LOOKS

Tips Pilih Kandungan Skincare Sesuai Kondisi Kulit

 

 

kandungan skincare sesuai jenis kulit

Seru sih belajar dan tahu kandungan dan bahan aktif skincare yang ampuh buat kulit. Tapi gimana ya cara tau mana bahan yang tepat buat kulit supaya nggak asal pakai?

 

Niacinamide? Salicylic acid? Hmm, sadar nggak sih kalau makin ke sini label skincare udah nggak lagi sesimpel whitening atau anti-acne aja? Beberapa brand kecantikan bahkan nggak ragu buat nampilin apa aja bahan aktif yang jadi kandungan dalam produk mereka. Hal ini harusnya bikin kita makin cermat dan pintar nih dalam memilih skincare sesuai sama kondisi kulit kita, bukan malah coba-coba karena lagi viral di TikTok atau lagi banyak di-review sama Influencer. Dilansir dari Halodoc, ini lho cara paling gampang memilih kandungan skincare sesuai kondisi kulit.

 

 

KULIT KERING

kandungan skincare sesuai jenis kulit

Seseorang yang memiliki kondisi kulit yang kering rentan banget sama kekusaman yang bikin kulit jadi nggak kelihatan glowing, serta gampang banget mengalami penuaan dini seperti garis halus yang muncul. Makanya jenis kulit ini butuh kandungan skincare yang bersifat melembapkan dan menjaga agar kulit nggak terasa seperti ditarik.

How to choose: Pilih skincare yang memiliki kandungan pelembap tinggi seperti Hyaluronic Acid, vitamin E, dan menghindari skincare yang memiliki kandungan alcohol. Soalnya, alcohol malah menyerap air pada wajah dan bikin kulit malah tambah kering. Tekstur dari skincare juga bisa jadi pertimbangan nih, misalnya krim yang cenderung padat dan kentalp supaya bisa memberi kelembapan lebih lama.

 

 

KULIT BERMINYAK

kandungan skincare sesuai jenis kulit

Kulit yang berminyak nggak selalu dikonotasikan sebagai kulit yang lembap lho. Walaupun dianggap sebagai jenis kulit yang paling awet muda, tapi kulit yang memproduksi minyak berlebih sebenarnya dehidrasi berat. Kondisi ini bikin kulit terus-terusan memberi sinyal ke kelenjar minyak untuk berproduksi karena dianggap lagi butuh kelembapan. Belum lagi kalau minyaknya jadi menyumbat pori, bikin wajah kita jadi rentan berjerawat dan berkomedo.

How to choose: Makanya, kulit berminyak juga butuh sama yang namanya pelembap lho! Cara memilih skincare buat kondisi kulit berminyak adalah skincare yang nggak cuma melembapkan, tapi juga bisa mengontrol produksi sebum atau minyak di wajah. Misalnya seperti skincare dengan kandungan kaolin clay. Selain itu, penggunaan exfoliating toner yang mengandung beta hydroxy acid (BHA) juga sangat direkomendasikan buat membersihkan pori-pori yang tersumbat minyak dan membantu mengangkat sel kulit mati. Oh iya, hindari juga cuci wajah dan penggunaan kertas minyak secara berlebihan. Karena semakin kita membasuh dengan air dan mengeringkan wajah kita dengan kertas minyak, justru makin bikin kelenjar minyak menjadi aktif.

 

 

KULIT BERJERAWAT

kandungan skincare sesuai jenis kulit

Rasanya jerawat udah nggak asing lagi mampir di kulit wajah remaja seperti kita. Apalagi saat siklus menstruasi (haid) udah mendekat, jerawat nggak bakal sungkan buat mampir. Nah, buat kita yang punya kulit acne-prone atau rentan berjerawat, perawatannya juga harus extra gentle terutama saat kulit lagi mengalami peradangan atau jerawat yang matang.

How to choose: Hindari pakai skincare yang mengandung scrub supaya nggak menyebabkan goresan dan luka di area kulit berjerawat. Untuk kandungan skincare yang tepat, pilihlah yang mengandung salicylic acid, mandelic acid, dan juga sulfur yang berfungsi untuk membantu mengempiskan jerawat, membasmi bakteri penyebab jerawat dan mengontrol minyak berlebih pada wajah.

 

 

KULIT SENSITIF

kandungan skincare sesuai jenis kulit

Nah, ngerawat kulit yang sensitive emang agak tricky nih. Soalnya, kita harus lebih selektif dan nggak sembarangan memilih kandungan skincare yang cocok untuk kulit wajah. Bahkan, kadang skincare yang udah dilabeli ‘for sensitive skin’ pun masih harus hati-hati karena takut nggak cocok.

How to choose: Buat kulit yang agak cranky kayak gini, selalu pilih skincare yang mengutamakan bahan-bahan alami, niacinamide yang berfungsi sebagai anti inflamasi, dan juga kandungan yang hypoallergenic atau bahan yang nggak memicu timbulnya alergi. Hindari skincare yang punya bahan aktif terlalu keras, alcohol, dan juga fragrance yang bisa bikin kulit sensitive jadi iritasi dan kemerahan.

 

 

KULIT KUSAM DAN BELANG

kandungan skincare sesuai jenis kulit

Nggak hanya dimiliki jenis kulit kering, kondisi kulit yang kusam dan belang bisa dialami oleh jenis kulit yang lain. Karena selain terlihat nggak sehat, kulit yang kusam dan belang bikin makeup atau riasan wajah jadi nggak menempel dengan sempurna karena kondisi warnanya yang nggak rata dan kurangnya kelembapan.

How to choose: Nah, kulit kusam dan belang paling tepat dirawat dengan skincare yang punya kandungan vitamin C di dalamnya, yang berfungsi mencerahkan dan meratakan warna kulit. Selain itu, kita juga bisa menggunakan skincare yang mengandung vitamin E untuk melembapkan dan melembutkan kulit, dan selalu gunakan sunscreen atau sunblock minimal SPF 30 dan PA++ sebagai perlindungan kulit dari bahaya sinar UV matahari yang bisa membakar dan mempercepat penuaan pada kulit.

 


Foto: Shutterstock

 

 

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates