MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Looks
MY LOOKS

Tipe-Tipe Pembersih Wajah Yang Perlu Kamu Tahu!

Tipe-Tipe Pembersih Wajah Yang Perlu Kamu Tahu

Ternyata, ada banyak banget tipe pembersih wajah atau facial cleanser yang beredar di pasaran, dan belum tentu semuanya cocok sama jenis kulit kita.

 

Ngomongin skincare pasti nggak bisa jauh dari yang namanya pembersih wajah, karena fungsinya buat membersihkan kulit wajah kita dari kotoran, makeup, dan sel kulit mati sebelum akhirnya masuk ke langkah skincare selanjutnya. Nggak mungkin kan kita mengaplikasikan pelembap, serum, atau essence ke kulit wajah yang kotor dan masih penuh makeup? Yang ada, skincare tersebut nggak memberi efek maksimal karena kulit masih tertutup oleh lapisan yang menyumbat pori dan bikin jerawatan.

 

Membersihkan wajah juga ternyata nggak bisa asal, karena kita juga perlu merhatiin banyak faktor, mulai dari jenis kulit wajah, serta produk apa aja yang kita pakai di wajah saat beraktivitas. Makanya disarankan buat kita untuk melakukan double cleansing atau pembersihan ganda buat menghilangkan kotoran di wajah dengan maksimal, yang alasannya udah pernah ditulis di artikel ALASAN KENAPA DOUBLE CLEANSING ITU PENTING BANGET berikut ini. Tentunya kalau pembersih yang digunakan udah sesuai, wajah nggak hanya jadi bersih, tapi juga nampilin versi terbaiknya seperti lebih cerah, nggak kusam, dan terhindar dari faktor penyebab jerawat. Buat tau jenis kulit wajahmu, bisa dicek di artikel TIPS MERAWAT WAJAH UNTUK REMAJA berikut ini ya!

 

Nah, buat tau pembersih wajah mana yang cocok untuk kulit kita, kenali dulu jenis-jenis pembersih wajah yang beredar di pasaran, supaya nggak salah pilih produk atau hanya kemakan online review!

 

 

Cleansing Milk

Tipe-Tipe Pembersih Wajah

Urutan pemakaian: first cleansing

Cocok untuk: kulit normal ke kering

Cleansing milk adalah pembersih wajah yang punya tekstur kental seperti susu. Produk ini merupakan first cleanser atau pembersih pertama, buat menghilangkan kotoran dan makeup yang menempel di wajah sebelum nantinya dibilas dengan air dan sabun wajah. Dinamakan cleansing milk karena biasanya pembersih wajah ini punya kandungan susu dan pelembap ekstra, yang berfungsi melembapkan dan mencerahkan wajah. Makanya pembersih ini ideal buat kita yang punya tipe kulit normal ke kering. Penggunaannya juga mudah, tinggal oleskan cleansing milk secara merata sambil pijat lembut kulit untuk melunturkan kotoran dan makeup, lalu angkat residunya dengan kapas atau dibilas dengan air. Tapi kebanyakan, cleansing milk nggak bisa digunakan untuk mengangkat makeup yang berat dan waterproof, sehingga hanya bisa digunakan buat menghapus kotoran di wajah tanpa makeup atau yang makeup-nya ringan.

 

 

Micellar Water

Tipe-Tipe Pembersih Wajah

Urutan pemakaian: first cleanser

Cocok untuk: semua jenis kulit

Salah satu pembersih wajah yang populer karena kepraktisan dan formulasinya. Seperti namanya, micellar water merupakan pembersih wajah dengan bahan dasar air. Tapi berbeda dari air pada umumnya, micellar water memiliki kandungan molekul-molekul (micelles) berukuran mikro yang diformulasikan untuk menghilangkan debu, kotoran, dan makeup di kulit dengan lembut, bahkan beberapa brand mampu menghapus makeup yang waterproof sekalipun. Micellar water juga jadi idola karena bikin wajah jadi segar, dan nggak perlu dibilas lagi dengan air setelah penggunaannya. Nggak heran kalau micellar water jadi solusi praktis buat membersihkan wajah, apalagi penggunaannya hanya dengan menggunakan kapas. Dikutip dari Huffington Post, micellar water juga dianggap oleh para ahli sebagai cleanser teraman karena punya efek samping yang paling kecil dibanding first cleanser lainnya.

 

 

Cleansing Oil

Tipe-Tipe Pembersih Wajah

Urutan pemakaian: first cleanser

Cocok untuk: semua jenis kulit

Berbeda dengan micellar water, cleansing oil adalah pembersih wajah berbasis minyak yang memiliki tekstur yang slippery atau licin, dan dikenal ampuh banget buat melunturkan makeup berat juga waterproof sekalipun. Selain itu, pijatan lembut yang dilakukan di area wajah dengan cleansing oil selama 10-15 menit juga mampu menghilangkan komedo dan kotoran yang menyumbat pori di wajah. Cleansing oil juga bisa jadi alternatif pembersih wajah yang cukup hemat, karena hanya dengan 1-2 pump bisa untuk melunturkan kotoran, dan mudah dibilas dengan sabun pembersih wajah tanpa meninggalkan residu minyak di wajah.

 

 

Cleansing Balm

Tipe-Tipe Pembersih Wajah

Urutan pemakaian: first cleanser

Cocok untuk: kulit kering

Walaupun sama-sama oil based cleanser, cleansing balm punya perbedaan dari segi tekstur nih dibanding cleansing oil. Bentuknya seperti balsam, cleansing balm punya keampuhan dan cara pakai yang serupa kayak cleansing oil. Bedanya, cleansing balm yang padat baru akan mencair saat digosokkan ke kulit wajah sehingga kita harus mengira-ngira seberapa banyak produk yang dibutuhkan untuk membersihkan wajah. Selain itu, karena dikemas dalam pot atau jar yang terbuka, cleansing balm rentan terkontaminasi kotoran dari luar, apalagi kalau kita mengambil produknya tanpa spatula.

 

 

Facial Foam

Tipe-Tipe Pembersih Wajah

Urutan pemakaian: second cleanser

Cocok untuk: semua jenis kulit, tergantuk formulanya.

Facial foam biasa dikenal sebagai second cleanser atau pembersih wajah tahap dua untuk membersihkan sisa kotoran dan residu dari first cleanser. Identik dengan formula yang ringan di kulit, tekstur facial foam yang biasanya pasta berubah saat dicampur dengan air menjadi busa sabun yang lembut tanpa menyakiti permukaan kulit. Cukup sedikit aja, penggunaan facial foam bisa menghasilkan busa yang cukup melimpah dan bikin kulit lebih lembap. Tapi perlu diingat, kalau nggak semua facial foam memberi efek yang sama. Kadang ada juga facial foam yang bikin kulit jadi tambah kering dan memberi kesan kulit seperti ditarik setelah dibilas, atau formulanya yang mengandung clay atau tanah liat dan memang dikhususkan untuk kulit berminyak. Jadi, perhatikan juga kandungan yang ada di dalam facial foam sebelum membeli ya!

 

 

Gel Cleanser

Tipe-Tipe Pembersih Wajah

Urutan pemakaian: second cleanser

Cocok untuk: kulit berminyak, rentan berjerawat, dan sensitif

Salah satu second cleanser yang akan cocok sama kulit berminyak, berjerawat, dan sensitif. Karena biasanya, cleansing gel diformulasikan secara ringan dan dilengkapi sama bahan aktif, misalnya salicylic acid atau lactic acid yang cocok untuk kulit wajah berminyak dan mudah berjerawat. Bisa juga diformulasikan dengan bahan alami yang nggak ngasih efek samping buat kulit sensitif. Cara pakainya seperti facial foam, hanya saja nggak semua cleansing gel menghasilkan busa melimpah setelah dicampur air, tetapi tetap ampuh dalam membersihkan wajah.

 

 

Cleansing Wipes

Tipe-Tipe Pembersih Wajah

Urutan pemakaian: first cleanser

Cocok untuk: semua jensi kulit

Yup, pembersih wajah juga ada lho yang berbentuk wipes atau tisu basah. Tapi ini bukan tisu basah biasa, karena kandungan di dalamnya dikhususkan untuk menghapus kotoran dan makeup dengan praktis tanpa harus membawa botol cleanser yang biasa kita pakai di rumah. Karena bentuknya yang seperti tisu ini, cleansing wipes cocok banget buat dibawa bepergian atau travelling, karena nggak bikin repot. Tapi kekurangannya, cleansing wipes menggesek kulit jadi nggak direkomen untuk pemakaian sehari-hari. Udah gitu nggak semua cleansing wipes bisa membersihkan secara total dengan satu wipes jadi kita harus memakai minimal dua hingga tiga wipes untuk membersihkan kotoran di wajah.

Kalau kamu kebetulan pakai facial wipes di rumah, walaupun udah terasa bersih, jangan lupa tetap melakukan double cleansing dengan facial wash supaya sisa makeup dan kotoran yang tertinggal bisa tuntas terangkat.

 

 

Exfoliating Cleanser

Tipe-Tipe Pembersih Wajah

Urutan pemakaian: second cleanser

Cocok untuk: kulit berminyak

Terakhir adalah pembersih wajah yang berfungsi juga sebagai exfoliator, karena di dalamnya terdapat kandungan scrub sebagai physical exfoliator yang nggak hanya membersihkan kotoran yang menyumbat pori, tapi juga bisa mengangkat sel kulit mati. Walaupun rasanya bersih banget, kandungan scrub pada face cleanser nggak dianjurkan untuk dipakai setiap hari, apalagi buat kulit yang kering dan sensitif. Karena gesekan scrub-nya justru bisa membuat kulit iritasi, seperti yang udah pernah dijelaskan di artikel 7 KESALAHAN UMUM SCRUBBING YANG SERING DILAKUKAN berikut ini! Gunakan exfoliating cleanser maksimal 2 kali seminggu untuk mengurangi penumpukan sel kulit mati di wajah, diselingi dengan cleansing foam atau cleansing gel yang formulanya cocok dengan jenis kulit kita.


Foto: Shutterstock, Glossier

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates