MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
PRODUCT
My Looks
MY LOOKS

Perawatan Kulit Wajah Pas Haid

 

Nggak banyak yang tau kalo pas haid, ada banyak perubahan yang terjadi pada kulit wajah kita, dan nggak bisa begitu aja dicuekin. Meski sebenernya perawatannya juga nggak begitu rumit, kalo kita males, tetep aja ngasih dampak yang jelek buat kulit wajah kita.

 

Selain moods yang kadang naik turun nggak jelas, kondisi kulit kita juga lagi rentan-rentannya di masa haid nih girls. Ini dikarenakan adanya peningkatan hormon di dalam tubuh kita, sehingga terjadilah peningkatan pada produksi kelenjar sebum. Makanya nggak jarang kulit wajah kita jadi super berminyak, dan timbul jerawat kecil di sana sini. Nah daripada pusing dan uring-uringan sama kondisi wajah yang nggak menentu, coba yuk lakuin perawatan ringan berikut ini.

 

Minum Air Secukupnya

Meski kedengerannya remeh banget, tapi minum air yang sering dan minimal 8 gelas sehari bisa banget lho membersihkan kulit kita pada saat haid. Air juga bisa menjaga kelembapan kulit kita dan juga ngurangin dehidrasi pada kulit. Air yang kita minum juga bisa menjadi jalur terbuangnya toksin atau racun dalam tubuh melalui proses keringat dan juga pembuangan urin.

 

Bersihkan Wajah

Ini yang nggak boleh banget kita lewatin girls. Pas haid, kadar minyak di wajah kita meningkat karenanya wajah akan sering terlihat kusam, nggak cerah, dan muncul jerawat. Makanya kalo biasanya hanya ngebersihin wajah di pagi dan malam hari, kita boleh banget ngebersihin lebih sering terutama kalo merasa wajah kotor. Selalu bawa facial wash yang sesuai kondiri kulit kita di tas ya, jadi sewaktu-waktu butuh kita tinggal cuci muka. Misalnya siang hari di sekolah, atau sore hari pada saat selesai latihan basket atau paskibra. Jadi kondisi kebersihan wajah kita selalu terjaga setiap waktu.

 

Pake Masker Alami

Kalo kulit kita cenderung sensitif dan takut pake masker yang dijual bebas di pasaran, kita bisa kok pake masker alami. Bahkan bahan-bahannya bisa kita temuin di rumah. Seperti buah, sayuran, atau bahkan beras. Masker alami banyak mengandung anti-oksidan karena nggak melalui proses kimiawi. Untuk mengontrol minyak berlebih kita bisa pake timun, buah jeruk atau jeruk nipis dan lidah buaya. Untuk jerawat supaya cepat kering, langsung olesin tomat atau lidah buaya. Sedangkan biar muka kita cerah dan nggak kusam, bisa pake putih telur dan endapan air beras. Atau biar wajah fresh, pake daun teh yang ada di dalam kemasan kantung teh, better kalau pake teh hijau supaya ada efek nenangin.

 

Pakai Sun Block / Sun Screen Tiap Mau Keluar Rumah

Matahari emang punya segudang manfaat, tapi kalo kelamaan terpapar, sinarnya ngasih efek yang jahat banget sama kulit kita. Makanya penting banget buat kita selalu make sun screen dan lotion yang punya kandungan SPF (Sun Protection Factor) yang bisa menangkal sinar UVB dan UVA, supaya kulit kita selalu terlindung dari panasnya sinar matahari yang bisa nyebapin jerawat, bintik hitam dan juga kekusaman kulit. Tips: menurut alodokter.com, supaya maksimal pilih sunblock yang punya kadar SPF 15 atau lebih. Kadar ini nunjukin seberapa efektif sublock kita mencegah kulit terbakar matahari.

 

Jangan Terlalu Sering Memegang Wajah

Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang aktif, terutama untuk memegang sesuatu. Makanya nggak heran tangan adalah bagian yang paling banyak mengandung bakteri, jadi kebayang kan kalo kita terus-terusan memegang wajah dengan tangan nggak bersih. Ada seberapa banyak bakteri dan kuman yang berpindah ke kulit wajah kita, dan pastinya bisa nyebapin jerawat. Hiih, serem!

 

Jangan Memencet Jerawat

Berkaitan dengan point di atas dan mungkin kita sudah banyak mendengar, jangan pernah sekalipun iseng mencetin atau nyentuh jerawat. Terutama kalo lagi radang atau memerah. Jerawat yang dipegang atau dipaksa pecah akan nyebabin bekas yang susah hilang. Kalo sedang meradang (matang) kompres dengan handuk panas atau olesi dengan obat khusus jerawat. Dan walau sebenarnya nggak disarankan, tapi kalo terganggu kita bisa tutupin pake concealer atau bedak. Bersabarlah dengan si jerawat ya girls, nanti juga hilang kok.

 

Hindari Facial

Karena kondisi kulit kita yang cenderung sensitif di masa haid, lebih baik nggak ngelakuin perawatan kulit yang menyebabkan pengelupasan, kayak facial misalnya. Lagipula, kulit remaja kayak kita gini masih dalam kondisi prima, jadi sebaiknya hindari dulu facial yang justru mengikis lapisan kulit remaja kita.

 

Istirahat Yang Cukup

Beauty sleep itu bukan sekedar basa basi lho, banyak beauty blogger dan celebrity bilang istirahat serta tidur yang cukup sangat berpengaruh sama kondisi kulit mereka. Apalagi biasanya pas haid kondisi fisik kita lebih mudah capek, makanya mood pun ikutan naik turun, jadi istirahat dan tidur adalah obat mujarab untuk menetralisir fisik dan juga kulit kita.

 

 


Foto : Shutterstock

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates