MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Looks
MY LOOKS

Niacinamide, Bahan Aktif yang Ampuh Atasi Jerawat

niacinamide-bahan-aktif-yang-ampuh-atasi-jerawat

Di artikel Hyaluronic Acid, Happifyourworld sempat mentioned Niacinamide. Salah satu bahan aktif skincare yang ampuh untuk mengatasi kulit berjerawat sekaligus bikin kulit lebih mulus dan glowing. Mau tahu lebih jauh tentang Niacinamide? Yuk baca di bawah.

 

NIACINAMIDE, SI VITAMIN B3

niacinamide-bahan-aktif-yang-ampuh-atasi-jerawat-campur-niacinamide

Dilansir dari Byrdie. Jennifer Herrmann, dokter kulit bersertifikat dan dokter bedah di Beverly Hills bilang, “ketika kita berpikir tentang manfaat kulit dan vitamin B3, kita akan mengacu pada bentuk spesifik B3 (amida) yang disebut nicotinamide (juga dikenal sebagai Niacinamide). Nicotinamide adalah vitamin esensial yang larut dalam air dan gak diproduksi dalam tubuh. Karenanya kalau kita mau mendapatkan manfaat nicotinamide seperti untuk mencerahkan kulit, harus melalui suplemen atau dioleskan ke kulit.”

Nicotinamide atau Niacinamide ada dalam formula topikal (jenis obat yang hanya ditujukan untuk pemakaian luar). Namun vitamin B3 juga terkandung di beberapa jenis makanan seperti ayam, salmon, tuna, dan sayuran hijau yang selain bagus untuk kulit juga untuk kesehatan otak, pencernaan dan sistem saraf manusia.

 

MANFAAT NIACINAMIDE UNTUK KULIT, TERUTAMA KULIT BERJERAWAT

niacinamide-bahan-aktif-yang-ampuh-atasi-jerawat-the-ordinary

Ada beberapa manfaat Niacinamide, yaitu:

Mengobati jerawat

Niacinamide bantu memperkuat pertahanan lapisan kulit yang paling luar. Berkat kemampuannya itu, Niacinamide bisa mengencangkan kulit dan punya sifat anti-inflammatory yang bagus untuk menghilangkan kemerahan akibat jerawat dan meredakan jerawat yang lagi meradang. Selain radang karena jerawat, Niacinamide juga bisa meredakan peradangan akibat eksim ataupun rosacea (kemerahan yang disertai banyak benjolan kecil seperti bruntusan).

 

Mengendalikan produksi minyak pada oily skin

Niacinamide adalah holy grailnya para kulit berminyak. Karena vitamin B3 ini bisa mengendalikan produksi minyak berlebih oleh kelenjar sebasea. Pori-pori pun akan menjadi lebih bersih dan terhindar dari jerawat karena gak tersumbat minyak.

 

Melembapkan kulit wajah

Niacinamide bisa bantu meningkatkan produksi ceramide (lapisan penghalang lemak) sehingga menjaga kelembapan kulit. Selain itu, jgua ngebangun protein kulit dan mengunci kadar air atau kelembapannya untuk mencegah kerusakan sel kulit akibat polusi atau hal-hal yang merusak kulit.

 

Memudarkan acne scar, noda hitam, dan meratakan warna kulit

Acne scar dan noda hitam bikin warna kulit kita jadi gak merata, Niacinamide bisa memperbaiki hal ini karena fungsinya yang bantu memperlambat proses pemindahan melanin ke lapisan terluar kulit. And thanks to vitamin B3’s anti-inflammatory properties, Niacinamide bisa bantu mencerahkan kulit sehingga kulit jadi lebih halus.

 

Mengurangi kerutan dan garis halus!

Kerutan dan garis halus gak cuma muncul karena faktor usia, tapi juga stres dan kurang tidur lho. Nah di sini Niacinamide akan bantu kita mengurangi kerutan dan garis halus tersebut. Dan menurut penelitian, Niacinamide dengan kadar 5% juga bisa bantu mengurangi gejala kerusakan kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

 

CARA PAKAINYA GIMANA DAN BAGUS DIPAKAI DENGAN BAHAN SKINCARE APA?

niacinamide-bahan-aktif-yang-ampuh-atasi-jerawat-bahan-bahan

Secara general, Niacinamide bisa dipakai siapa aja yang ingin wajahnya glowing, shimmering, splendid. Kita bisa pakai di pagi dan malam hari setelah wajah dicuci bersih dan dikeringkan.

 

Dilansir dari Procoal London, Niacinamide basically bekerja dengan semua bahan skin care, seperti hyaluronic acid atau retinol.

 

TAPI, JANGAN DICAMPUR DENGAN...

Blog kecantikan Honesty For Your Skin bilang, jangan mencampur Niacinamide dengan acidic ingredients seperti AHA’s/BHA’s dan vitamin C. Hal ini karena khasiatnya gak akan terlalu efektif, dan salah-salah bisa nyebabin iritasi kulit atau break out karena overusing di kulit (seperti yang dialami penulis Happifyourworld).

Kalau mau memakai Niacinamide dengan salah satu bahan acid di atas, usahain dijeda pemakaiannya. Misalnya, dijeda 30 menit atau pagi pakai Niacinamide, sore atau malam baru pakai AHA’s/BHA’s. Dengan ngasih jarak, kita ngasih waktu si bahan-bahan tersebut untuk menyerap dan bekerja di kulit daripada dipakai barengan. Yang ada mereka malah "berantem" di dalam kulit kita.


Foto: Shutterstock

Prev
Next

Bagikan artikel ke :