MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Looks
MY LOOKS

Memulai Skincare Rutin untuk Kulit Remaja

Memulai skincare rutin buat kulit remaja itu terkadang bikin bingung dan muncul banyak pertanyaan. “apakah gue terlalu banyak pakai produk?”, “produk apa aja sih yang gue butuhin?”, “mana sih kandungannya cocok untuk jenis kulit gue?” dan segala macam pertanyaan rumit lainnya...

 

Sebenarnya sih, kalau kita baru aja mau mulai pakai skincare kita gak perlu ngerasa wajib menuhin kamar mandi dengan segala macam produk skincare, apalagi beli yang mahal. Karena belum tentu produk tersebut cocok, yang ada malah uang jajan kita terbuang sia-sia. Yang harus kita lakukan, pelajari dasar-dasar skincare dengan gitu kita gak bakal ngerasa overwhelmed sama semua produk skincare di luar sana. so, gimana caranya memulai skincare rutin untuk kulit remaja yang baru puber? Cek di bawah!

 

 

 

#1 FIRST THING FIRST, KETAHUI DULU APA JENIS KULIT & PERMASALAHAN KULIT KITA

Kulit remaja yang baru puber berbeda dengan kulit orang dewasa, jadi jangan mupeng langsung pingin nyobain hanya karena liat iklan ataupun review influencer.

 

Quick learn about skin! Kulit kita terbagi jadi dua layer: epidermis dan dermis. Epidermis adalah kulit kulit mati, sehingga muncul sel kulit baru yang lebih plump dan sehat. Pada remaja, pergantian sel kulit mati ini rutin tiap 3-4 minggu. Tapi semakin dewasa umur kita, pergantian sel kulit mati ini akan semakin menurun (melambat). Ini alasan kenapa kulit remaja itu selalu keliatan glowing tanpa perlu usaha banyak.

 

Sedang dermis, bagian dalam kulit yang punya komponen penting yaitu kolagen dan elastin yang bikin kulit tetap muda dan kenyal.

 

Kulit wajah paling “tebal” ketika kita remaja. Tebal di sini maksudnya, ketahanan dan ke-elastisitasan kulit paling sempurna ketika masa remaja, makanya kulit remaja bisa memproteksi diri lebih baik sehingga gak perlu dibombardir dengan segala macam produk. Inilah kenapa penting buat tahu apa jenis kulit dan masalah utama kulit, biar kulit yang tadinya adem gak dipicu untuk jadi bermasalah.

 

 

Tapi sesempurnanya kulit remaja, gak sedikit kita bakal ngalamin jerawat, komedo, dan breakout. Dan mereka bisa muncul di mana aja dan kapan aja! Jerawat puber muncul karena hormon, genetik, produksi minyak berlebih, ataupun kotoran yang tersumbat di pori-pori bila malas dibersihkan. So what to do? Let’s go to our next step!

 

 

 

#2 CLEANSING

Ini adalah STEP PALING PENTING dalam semua skincare rutin. Malas cuci muka itu artinya ngasih kesempatan jerawat beserta sekutunya buat menetap di kulit. Apalagi buat kita remaja aktif yang banyak kegiatan dan udah seneng nyobain makeup. Bahkan sesimple cuma pakai loose powder pun, kalau gak dibersihin pori-pori akan tersumbat dan voila, halo jerawat!

 

Pilih cleansing yang tepat untuk jenis kulit kita, yang formulanya gentle untuk kulit. Contohnya bila kulit kamu tipe kulit kering, pilih cleanser yang gak terlalu punya aroma kuat dan pilih cleanser yang punya konsistensi kayak susu, gel, atau cream. Karena konsistensi formula seperti ini bisa lebih menutrisi kulit kering, dibanding cleanser dengan busa (ini lebih cocok untuk kulit berminyak).

 

Dan lakukan double cleansing, ada banyak alasan kenapa double cleansing itu penting kalau kamu mau kulit bebas jerawat!

 

 

#3 HYDRATE AND MOISTURIZING

Karena kulit kita masih sehat jadi yang perlu kita lakukan hanyalah “membantunya” sedikit biar kulit tetap ternutrisi dan terlindung. Mau apapun jenis kulit kita, penting banget untuk pakai moisturizer.

 

 

Ketika kita mencuci muka, kandungan air yang ada di kulit menguap dan bikin kulit kita jadi terasa kencang. Nah di sinilah pentingnya menghidrasi kulit dengan memakai pelembap. Moisturizer punya dua fungsi, yaitu melindungi dari luar dengan membuat semacam barrier dan mencegah air yang ada di dalam kulit keluar. Sehingga kulit tetap terlindungi dan lembap.

 

#4 PROTECT THE SKIN AT ALL COST!

Dengan memakai sunscreen. Mau apapun skincare siang hari kamu, pastikan akhiri dengan memakai sunscreen. Terkena paparan sinar matahari itu gak selamanya baik karena bisa memicu kulit belang, kusam, memerah, hingga terbakar. Dan ini akan membuat umur kulit semakin menua, padahal usia kita baru aja masuk puber. Gak mau kan pas baru dewasa kulit kita udah muncul bercak dan keriput.

Pakai sunscreen dengan minimal SPF 30 PA++ hingga SPF 50 PA++.

Reapply sunscreen tiap 2 sampai 3 jam sekali.

 


 

Foto: Shutterstock

Prev
Next

Bagikan artikel ke :