MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Looks
MY LOOKS

Kondisi Kulit Di Tiap Siklus Menstruasi

kondisi-kulit-tiap-siklus-menstruasi

Seperti apa sih kondisi kulit wajah kita di tiap siklus menstruasi? Salah besar kalau kamu hanya menganggap kita bakal ngalamin jerawatan aja lho.

 

Perempuan punya empat fase siklus menstruasi yang semuanya dipengaruhi oleh hormon. Nah selain perubahan mood, siklus menstruasi ini juga berpengaruh ke kondisi kulit kita. Salah perawatan atau salah pakai skin care malah bisa bikin kulit makin bermasalah. Yuk cek di bawah, perawatan skincare kayak apa sesuai kondisi kulit di tiap siklus menstruasi.

 

WEEK 1 – SIKLUS MENSTRUASI (HAID)

1 – 7 HARI SAAT HAID

kondisi-kulit-tiap-siklus-menstruasi-berminyak

What?

Semua level hormon estrogen dan progesteron menurun di tingkat terendah. Produksi minyak di wajah berkurang, dan tanpa bantuan estrogen, kulit jadi sulit mempertahankan kelembapannya. Hasilnya, kulit jadi kering, over-sensitive, kusam, dan muncul garis-garis halus.

 

Skin care tips!

Jauhin dulu skin care dengan bahan aktif seperti AHA/BHA. Pakai skin care yang fungsi utamanya untuk menghidrasi dan melembapkan kulit. Contohnya yang punya bahan centella asiatica, aloe vera, calendula, atau hyaluronic acid.

 

WEEK 2 – SIKLUS PROLIFERATIVE

7 – 16 HARI SETELAH HAID

kondisi-kulit-tiap-siklus-menstruasi-glow-skin

What?

Prepare for the glow skin! Pada masa ini, kulit kita sedang ada di dalam kondisi terbaiknya karena hormon estrogen mulai diproduksi ulang. Proses ini akan menstimulasi kolagen, elastin, dan hyaluronic acid yang bisa mendorong sel kulit jadi lebih kuat dan elastis. Sehingga kulit kita jadi merasa lebih lebih plump, cerah, dan keliatan fresh.

 

Skin care tips!

Nah inilah waktunya untuk gentle exfoliasi yang berfungsi menghilangkan sel-sel kulit mati. Gunakan skin care dengan bahan seperti lactic acid, AHA/BHA/PHA, atau glycolic acid. Dan tetap jangan lupakan moisturizer untuk melembapkan kulit ya.

 

WEEK 3 – SIKLUS OVULASI

DIANTARA 12 – 14 HARI

kondisi-kulit-tiap-siklus-menstruasi-ovulasi

What?

Di fase siklus menstruasi ini, kulit kita tuh berada di puncaknya. Paripurna banget deh! Ini karena sebelum siklus ovulasi dimulai, hormon estrogen berada di atas sebelum pelan-pelan turun. Nah selama masa ini, kulit jadi terlihat dan terasa lebih sempurna dari biasanya. Mungkin ini alasannya kenapa di masa-masa ini, perempuan itu terlihat (physically) lebih cantik.

 

Skin care tips!

Maintain kulit paripurna kita dengan menyeimbangkan waktu exfoliasi dengan produk skincare yang fungsinya untuk soothing atau calming kulit.

 

WEEK 4 – SIKLUS LUTEAL

17 – 28 HARI HARI, ATAU PUNCAKNYA 7 HARI SEBELUM HAID DIMULAI

kondisi-kulit-tiap-siklus-menstruasi-jerawat-acne-prone skin

What?

Jeng jeng, OMG here we go again! Setelah ovulasi selesai dan level hormon estrogen menurun plus hormon progesteron beranjak naik, kulit kita ngalamin plus minus dari proses ini. Plusnya, pori-pori akan menutup/mengecil, minusnya produksi minyak di kulit wajah meningkat yang menyebabkan minyak jadi terperangkap karena pori-porinya menutup. Hal ini menyebabkan jerawat jadi pada demo dan break out!

Efeknya bukan cuma itu aja, ketidakseimbangan hormon membuat tubuh jadi ikutan stres yang menyebabkan PMS, well hello there...

 

Skin care tips!

Saatnya mengeluarkan produk skincare andalan untuk mencegah inflamasi dan break out lebih heboh, misalnya salicylic acid dan claymask. Lalu pakai produk yang berfungsi untuk soothing serta antioxidant, seperti centella asiatica. Kemudian perhatiin juga nih makanan yang kita konsumsi, usahain jauhin yang manis-manis. 


Foto: Shutterstock

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates