MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
PRODUCT
My Looks
MY LOOKS

Istilah Produk Skincare Wajah Yang Perlu Kamu Tahu

 

istilah produk skincare

Ada banyak istilah skincare yang kadang bikin kita bingung, apa arti dan fungsi skincare tersebut. Nah biar nggak bingung apalagi salah pakai, yuk cek di sini apa aja sih arti dari istilah-istilah produk skincare sesuai urutan pemakaiannya !

 

istilah produk skincare

TONER

Banyak dari kita yang melewatkan pemakaian toner setelah cuci wajah, karena dianggap nggak terlalu penting buat langkah skincare kita. Padahal, toner punya manfaat yang bagus banget buat kulit kita. Toner yang  dipakai setelah membersihkan wajah dapat mengembalikan kelembapan dan keseimbangan pH kulit yang sempat hilang, karena terbilas sama pembersih wajah. Makanya saat selesai pakai facial foam atau abis pakai scrub, kulit wajah kita terasa kering dan seperti ketarik kan? Nah, toner ini bisa kita pakai untuk menghilangkan rasa kering dan juga menenangkan kulit yang mungkin teriritasi dari aktivitas membersihkan wajah. Selain itu, toner juga bisa ngebantu menghilangkan sisa koktoran, makeup, bahkan sisa pembersih yang nggak terbilas air.

Recommended for: semua jenis dan kondisi kulit, bahkan untuk kulit remaja. Tapi perlu diingat, ini hanya berlaku untuk hydrating toner, atau toner yang berfungsi untuk melembapkan. Karena ada juga toner yang berlabel exfoliating yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, dan nggak bisa digunakan terlalu sering karena bisa memicu iritasi kulit. Makanya kita harus tahu memilih toner yang sesuai kebutuhan kulit kita.

 

ESSENCE

Sering dibuat bingung sama istilah dan kegunaannya, ternyata essence merupakan produk skincare yang juga punya fungsi melembapkan dan menenangkan kulit. Essence punya kandungan dan tekstur yang lebih ringan dibanding serum, tapi kandungannya lebih ‘canggih’ dibanding toner. Makanya, penggunaan essence dilakukan setelah pakai toner dan sebelum serum untuk mempersiapkan kulit sebelum masuk ke tahap skincare berikutnya. Terutama buat pakai skincare yang punya bahan aktif. Biasanya essence punya kandungan yang bisa mencerahkan dan memperbaiki tekstur kulit.

Recommended for: kulit yang dehidrasi, atau buat kulit yang punya masalah spesifik tapi kurang nyaman memakai serum karena bahan aktif yang terlalu keras. Hasil yang kita dapat mungkin nggak akan secepat pemakaian serum karena essence merupakan skincare yang ringan.

 

istilah produk skincare

 

SERUM

Sering banget kan kita lihat skincare yang dilabel sebagai serum, dan terdengar lebih berat dan lebih ampuh buat mengatasi masalah kulit. Memang benar kok, serum merupakan jenis skincare yang berfungsi melembapkan kulit, tapi dengan tingkatan yang lebih advance dibanding moisturizer. Biasanya, serum dibuat dengan bahan-bahan aktif dan punya partikel yang lebih kecil sehingga bisa meresap jauh ke dalam kulit. Makanya serum sering dipakai buat mengatasi masalah kulit yang spesifik, misalnya kerutan, noda hitam, atau meratakan warna kulit.

Recommended for: kulit yang punya masalah khusus, atau yang udah mengalami penuaan dan butuh kandungan skincare yang lebih kaya akan bahan aktif. Buat kulit remaja kayak kita sih, rasanya skincare berlabel serum belum terlalu butuh kecuali ada masalah kulit spesifik kayak jerawat, noda hitam, atau hiperpigmentasi, itupun nggak bisa sembarangan karena harus disesuaikan dengan kandungan serumnya.

 

AMPOULE

Lain lagi dengan ampoule, skincare yang satu ini bisa dibilang jauh lebih advance karena kandungan bahan aktif di dalamnya yang lebih tinggi dibanding serum ataupun essence. Biasanya, ampoule disaranin buat dipakai bersamaan dengan essence atau serum supaya masalah kulit yang ditargetkan bisa membaik dengan cepat. Teksturnya pun biasanya lebih cair dan bisa penetrasi ke kulit lebih cepat. Karena dia terlihat ‘paling’ di antara semua skincare yang ada, jangan heran kalau harga skincare berlabel ampoule ini juga dibanderol mahal banget dan ditujukan buat kulit orang dewasa!

Recommended for: kulit wajah yang punya masalah spesifik atau kombinasi, dan butuh solusi yang lebih cepat dibanding essence ataupun serum. Bahkan, beberapa ampoule direkomendasikan untuk dipakai bersamaan dengan serum buat hasil yang lebih maksimal.

 

istilah produk skincare

MOISTURIZER

Seperti namanya, moisturizer berfungsi buat melembapkan kulit yang dehidrasi. Dehidrasi sendiri bukan ditujukan buat yang punya kulit kering aja lho, tapi juga kulit yang berminyak. Faktanya, kulit yang memproduksi minyak berlebih justru jadi tanda kalau kulit mengalami kekeringan. Soalnya, kulit memberi sinyal ke kelenjar minyak yang ada di wajah untuk terus memproduksi minyak supaya tetap lembap. Nggak jarang, minyak berlebih ini justru nimbulin masalah kulit baru seperti bruntusan dan jerawat. Makanya kita perlu banget yang namanya pelembap, baik yang jenis kulit kering, normal, kombinasi, ataupun berminyak. 

Pelembap biasanya berbentuk krim atau gel dan bekerja di kulit lapisan atas, nggak seperti serum atau ampoule yang bisa sampai menyerap ke bagian dalam. Tapi justru pelembap ini yang berfungsi mengunci semua kandungan skincare-skincare tersebut supaya tetap meresap ke dalam kulit, makanya dipakai di urutan paling akhir dari semua skincare yang berbahan dasar air.

Recommended for: semua jenis kulit, tentunya disesuaikan dengan jenis dan kandungan dari pelembapnya ya. Oiya, pelembap bisa dipakai saat siang hari dan juga malam hari.

 

Nah udah jelas kan apa istilah tiap produk skincare. Walaupun fungsi masing-masing kelihatan hebat tapi dikembalikan lagi ke kebutuhan kulit. Jangan sembarangan mencoba produk skincare hanya karena tergiur sedang trend, nanti yang ada bukannya kulit tambah bagus malah tambah bermasalah.

 


Foto: Shutterstock, Designed by Freepik

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates