MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Looks
MY LOOKS

Hairpedia : Kenali Jenis Rambutmu Dan Perawatannya!

Beda jenis rambut, beda juga perawatannya. Yuk cek gimana cara yang tepat untuk merawat rambut supaya tetap sehat dan juga indah!

 

Setiap orang pastinya memiliki jenis rambut yang berbeda-beda. Ada yang rambutnya lurus, keriting, berminyak, kering, gampang rontok, dan lain sebagainya. Nah, perbedaan tekstur dari ‘mahkota’ kita yang satu ini didasari oleh faktor genetik, yaitu gen IRF4 yang nggak hanya mempengaruhi bentuk tapi juga warna rambut karena pada dasarnya gen ini yang mengatur produksi melanin pada tubuh.

 

Karena hal ini juga, perawatan yang dibutuhkan oleh rambut tiap orang pun berbeda-beda. Tapi sebelumnya, ketahui dulu apa sih jenis rambut yang kita punya.

 

YUK KENALI JENIS RAMBUTMU!

Keadaan ideal untuk melihat kondisi alami rambut adalah saat kita selesai keramas dan mengeringkannya secara alami, bukan dengan hairdryer.

 

Kalau rambutmu kesat dan gampang kusut, kemungkinan kamu memiliki jenis rambut kering. Kalau kamu raba, rambut akan terlihat tebal di akar tetapi tipis dan besar kemungkinan untuk bercabang di ujungnya.

Sedangkan untuk rambut yang berminyak, kamu akan merasa rambutmu selalu kelihatan lepek dan lemas. Kamu selalu gelisah kaau melewatkan satu hari nggak keramas, karena bakal membuat rambut kelihatan sangat berminyak. Selain itu, nggak jarang juga timbul permasalahan kulit kepala seperti ketombe.

Lain lagi dengan jenis rambut kombinasi, kamu merasa dari akar ke batang rambut agak berminyak, tetapi sisanya menuju ke ujung rambut terasa sangat kering dan bercabang. Kalau kamu merasakan hal ini, rambutmu tergolong jenis kombinasi. Sedangkan untuk teksturnya, ada 3 jenis pola yang umumnya dimiliki oleh rambut. Pastikan rambutmu tidak pernah melewati proses smoothing, rebonding, ataupun perm (permanent waves).

Punya tekstur yang cenderung tipis, dan sama sekali tidak berlekuk. Biasanya rambut lurus juga biasanya susah di-styling karena mempunyai batang rambut yang terlalu halus.

Rambut jenis ini memiliki lekuk yang konsisten mulai dari pangkal hingga ujung rambut seperti pegas.

Berbeda dengan rambut keriting, jenis rambut bergelombang mempunyai pola yang berada di tengah-tengah, nggak lurus tapi juga nggak keriting.

 

PASTIKAN PERAWATAN RAMBUTMU SUDAH TEPAT!

Apapun jenis rambutnya, kita pasti punya satu tujuan yaitu memiliki rambut yang senantiasa sehat dan indah. Karena kita pasti sering dihadapi oleh berbagai masalah rambut, mulai dari ketombe, rambut rontok, bercabang, bahkan rusak akibat sering di-styling dan diwarnai.

Dan untuk mengatasi itu semua, dibutuhkan perawatan yang berbeda-beda seperti cara di bawah ini!

 

RAMBUT KERING, RAPUH DAN KASAR

· Gunakan sampo dan kondisioner rambut yang dikhususkan untuk menutrisi rambut yang rapuh dan kasar.

· Hindari dulu penggunaan styling tools seperti catokan, hair dryer, atau pengeriting agar rambut punya kesempatan untuk pulih dan ternutrisi dengan baik.

· Rajin menggunakan hair mask atau hair vitamin utnuk mengembalikan kelembapan rambut secara cepat dan menghindarinya dari kekusutan.

· Istirahatkan dulu rambut dari pewarnaan, bleaching, atau bahan kimia yang memaksa kutikel rambut terbuka dengan tujuan agar warna baru dapat lebih mudah menyerap, karena hal ini justru membuat rambut jadi lebih rusak.

· Jangan mengikat terlalu kencang. Pilih ikat rambut yang loose dan berbahan katun lembut agar rambut bisa bernapas.

 

RAMBUT RONTOK DARI AKAR

·  Bersihkan rambut dengan sampo yang nggak hanya menutrisi batang rambut, tetapi juga memiliki kemampuan untuk merawat kulit kepala. Nggak jarang rambut yang rontok dari akar karena kita kurang memperhatikan kesehatan dari kulit kepala. Jika semakin parah, kondisi kulit kepala akan mengalami kebotakan karena rambut yang ada mudah rontok sedangkan rambut baru sulit untuk tumbuh.

· Bantu pertumbuhan rambut dengan serum atau hair tonic yang mampu menyuburkan rambut dan menutrisi kulit kepala secara mendalam.

· Rambut yang rontok dari akar biasanya nggak mampu bertahan jika rambut semakin panjang. Maka dari itu disarankan untuk memotong rambut menjadi lebih pendek sehingga beban akar menjadi lebih ringan sambil kita merawat kulit kepala dan akar rambut.

 

RAMBUT BERKETOMBE

· Sebelum keramas, biasakan untuk menyisir rambut dengan lembut dari pangkal hingga ke ujung. Hal ini membuat serpihan ketombe di kulit kepala ikut turun sehingga bisa dengan gampang tersapu saat kita keramas.

· Pilih sampo berjenis anti dandruf yang mengandung salicylic acid yang bersifat anti inflamasi dan mampu melindungi kulit kepala dari bakteri. Selain itu, sampo berjenis ini mampu melembapkan kulit kepala yang kering dan mudah berketombe, juga mengatasi rasa gatal..

· Jangan menggosok kulit kepala terlalu keras saat keramas, dan usahakan untuk hindari keramas dengan air panas. Hal ini bisa menyebabkan hilangnya minyak alami pada rambut dan kulit kepala yang membuatnya menjadi lebih kering dan berketombe.

 

RAMBUT BERMINYAK

· Pilih sampo berbahan ringan, dan anti lepek yang mampu membersihkan kelebihan minyak pada rambut tapi nggak membuatnya jadi ekstra kering dan memicu produksi mintak di kulit kepala jadi lebih banyak.

· Hindari penggunaan kondisioner di kulit kepala. Karena kondisioner bersifat melembapkan, pemakaian yang langsung mengenai kulit kepala bisa memicu rambut jadi tambah lepek. Tapi supaya kelembapan rambut tetap terjaga, gunakan kondisioner dari batang rambut (tengah) hingga ke ujung rambut saja. Diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih.

· Lindungi rambut dan kulit kepala dari paparan sinar matahari langsung yang dapat memicu produksi minyak dan membuatnya tambah lepek. Sinar UV matahari juga bisa membuat batang rambut jadi kering.

 

RAMBUT KERITING

· Hindari keramas langsung dari shower. Tekanan air yang deras dan langsung jatuh ke area kepala membuat volume rambut menjadi berkurang. Sebaiknya, basuk perlahan-lahan dari arah bawah menuju ke atas agar keikalan rambut terjaga.

· Wajib banget menggunakan kondisioner. Rambut keriting yang cenderung tebal gampang terkikis kelembapannya. Untuk itu setiap keramas, jangan pernah skip menggunakan kondisioner untuk menjaga agar rambut tetap lembap.

· Gunakan handuk berbahan microfiber untuk mengeringkan rambut keriting. Jangan menggosoknya teralu keras, cukup meremas dengan perlahan hingga rambut mengering.

· Styling tools to invest: diffuser! Berbeda dengan rambut lurus atau bergelombang, rambut keriting akan terjaga volumenya jika dikeringkan dengan hair dryer ber-diffuser. Pengering rambut khusus rambut keriting ini akan meminimalisir kekusutan pada rambut kamu. Bentuknya yang bulat juga dapat mendistribusikan panas hingga ke akar rambut.

 


Foto: Shutterstock 

 

Prev
Next

Bagikan artikel ke :