MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Looks
MY LOOKS

Beda unburn suntan

bedanya-sunburn-dan-suntan-2

Did you know, kulit yang terbakar matahari ternyata dibedakan jadi dua jenis, yaitu sunburn dan suntan. Biarpun sama-sama bikin kulit jadi terbakar tapi ternyata keduanya punya efek yang nggak sama di kulit lho

 

Pernah nggak ngerasa habis pulang liburan dari pantai atau tempat yang paparan sinar mataharinya sangat terik, terus kulit jadi kemerahan dan terasa sangat perih besoknya. kalau kita mengalami ciri-ciri seperti ini, berarti kulit kita termasuk tipe kulit sunburn.

Sedangkan kalau kulit kita sama sekali nggak mengalami fase kemerahan, perih, dan kulit lambat laun berubah menjadi gelap, berarti kulit kita termasuk tipe kulit suntan. 

 

bedanya-sunburn-dan-suntan-2 

TIPE KULIT SUNBURN

Tipe kulit sunburn paling mudah dikenalin karena ketika terkena paparan sinar matahari kulit jadi memerah, seperti kena luka bakar. Rasanya panas, nyeri, pedih, dan kalau disentuh ada sensasi nge-gigit. kalau nggak segera ditreatment, tipe kulit sunburn mudah terkena kanker kulit.

 

TIPE KULIT SUNTAN

Kebalikan dari tipe kulit sunburn, kulit tipe ini ketika terkena paparan sinar matahari kulitnya berubah menjadi gelap. Tanpa adanya proses kemerahan ataupun sakit nyeri di kulit. Biasanya kulit akan menghitam setelah 2-3 hari. Dan menurut beberapa sumber, tipe kulit suntan ini emang alaminya gelap jadi agak sulit kalau misalnya kamu ingin memutihkan kulit.

 

APA PENYEBAB SUNBURN DAN SUNTAN?

Menurut American Academy of Dermatology, hal ini disebabkan melanin yang ada dalam kulit kita. Melanin memberikan warna pada kulit, semakin gelap warna kulit kita menunjukkan banyak melanin. Dan semakin light atau putih kulit kita, menunjukkan sedikit melanin.

So, gimana melanin nyebabin kulit sunburn atau suntan?

1.                Tubuh kita normalnya bereaksi menciptakan melanin untuk melindungi bagian kulit paling dalam dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

2.               Ketika kulit kita rusak karena sinar matahari, kulit akan menciptakan lebih banyak melanin untuk mencegahnya kerusakan lebih banyak. Hal inilah yang nyebabin kulit jadi berubah warna.

FYI, selain sunburn dan suntan, orang juga menunjukkan gejala lain seperti terdapat warna patches yang berbeda pada kulit, ataupun freckles.

Apapun jenis kulit kita, paparan sinar matahari tetap efeknya merusak kulit dan harus diatasi untuk mencegah akibat lebih jauh, seperti kanker kulit atau pre-wrinkles.

 

bedanya-sunburn-dan-suntan

GIMANA CARA MERAWAT SUNBURN?

Biasanya sunburn paling parah ada diantara 6 - 48 jam setelah terkena sinar matahari. Oleskan lotion yang bisa mendinginkan kulit, seperti aloe vera gel. Dan kalau sudah agak mendingan, mandi air dingin atau kompres dengan air dingin di bagian yang terbakar. Jangan lupa untuk minum lebih banyak supaya tubuh tetap terhidrasi.

Sunburn yang parah bisa mengalami gejala shock, dehidrasi, sampe ke reaksi tubuh kejang, pusing, bahkan pingsan. Apabila kita mengalami hal ini langsung hubungi medis atau dokter setempat ya.

 

GIMANA CARA MERAWAT SUNTAN?

Tipe kulit suntan nggak terlalu ribet. Kita cukup memakai sunblock atau sunscreen untuk menangkal sinar matahari, terutama bila kita nggak pingin punya kulit lebih gelap.

 

ALWAYS PROTECT OURSELF!

Yang pasti, mau jenis kulit kita sunburn atau suntan, pastikan untuk selalu memakai pelindung seperti sunblock atau sunscreen tapi jangan salah pilih tabir surya ya, topi, payung, kacamata hitam, dan lainnya ya!


Foto: Shutterstock

Prev
Next

Bagikan artikel ke :