Login

or


Email
Password

Mylooks

ALASAN KENAPA DOUBLE CLEANSING ITU PENTING BANGET!

Kulit wajah kita selalu terekspos dengan ratusan bahkan jutaan bakteri tiap hari. Mau itu dari udara, makeup yang kita pake, ataupun dari tangan sendiri yang nggak sadar menyentuh kulit wajah. Makanya kulit wajah rentan dengan jerawat dan lainnya kalo nggak dibersihkan dengan benar. Ini kenapa kita perlu melakukan double cleansing.

 

DOUBLE CLEANSING, MEMBERSIHKAN MUKA SECARA EFEKTIF

Sesuai namanya, double cleansing adalah Teknik membersihkan wajah dua kali atau dua langkah. Biarpun kita pake makeup atau tidak, disarankan untuk melakukan double cleansing, apalagi kalo habis keluar rumah. Karena percuma aja skin care udah mahal-mahal tapi pori-pori kulit wajah kita masih tertutup kotoran (biarpun sedikiiiit). Double cleansing akan ngebersihin muka kita lebih maksimal untuk menyiapkan kulit wajah, sehingga penyerapan skin care akan lebih efektif.

 

CUKUP DUA LANGKAH DENGAN FUNGSI DAN HASIL MAKSIMAL

Cleanser pertama fungsinya untuk mengangkat sisa-sisa makeup, minyak, serta kotoran yang nempel di kulit muka kita.

Cleanser kedua fungsinya untuk memastikan nggak ada kotoran yang tersisa di kulit wajah, sekaligus mengangkat sisa-sisa cleanser pertama yang kita gunakan tadi.

 

SEMUA JENIS DAN TIPE KULIT WAJAH HARUS MELAKUKAN DOUBLE CLEANSING

Tanpa terkecuali. Yang membedakan adalah produk yang kita pakai dan efeknya ke kulit wajah.

Produk untuk cleanser pertama umumnya terbagi dua jenis, oil base (berbasis minyak) dan water base (berbasis air), contohnya micellar water. Selain itu, ada lagi jenis balm dan lotion yang ketika diaplikasikan ke wajah berubah tekstur jadi minyak.

Yang banyak disarankan oleh beauty enthusiast biasanya adalah cleanser dengan tipe oil base, karena minyak bisa melunturkan makeup yang kita pake. Tapi pastiin tiap jenis produk cleanser sesuai dengan kebutuhan kulit.

Kalo untuk cleanser kedua, biasanya lebih ringan dibanding cleanser pertama dan punya kandungan lebih untuk merawat selain untuk membersihkan.

 

NINGKATIN KUALITAS KULIT WAJAH, APAPUN TIPE KULIT KITA

Kulit berminyak (oily): membersihkan sisa-sisa minyak dan kotoran wajah dengan menggunakan tipe produk cleanser yang ringan dan hydrating, sehingga pori-pori bersih mendalam sekaligus menyeimbangkan kulit wajah.

Kulit kering (dry): menutrisi kulit dengan memakai pembersih yang dilengkapi pelembap, sehingga minyak alami wajah nggak akan hilang dan kulit nggak terkikis selama proses pembersihan.

Kulit normal: gunakan tipe oil cleanser yang diikuti dengan creamy foam cleanser untuk mempertahankan kebersihan dan kelembutan kulit wajah normal.

Kulit sensitive: pilih tipe produk yang khusus untuk kulit sensitive, yang bisa nenangin sekaligus meredakan kulit setelah “stress” beraktivitas.

Kulit kombinasi: balance is the key. Gunakan tipe cleanser yang bisa menghidrasi kulit yang dilanjutkan dengan cleanser yang punya manfaat me-refresh kulit.

 

HASILNYA WORTH IT BANGET UNTUK KULIT WAJAH, DAN CARANYA PUN MUDAH

Dilansir dari Female Daily Network, berikut tips cara melakukan double cleansing supaya hasilnya lebih maksimal.

Tips 1: gunakan lap atau handuk kecil lembut yang udah dibasuh dengan air hangat untuk membersihkan cleanser pertama. Lap atau handuk kecil akan lebih efektif dan hemat dibanding pake kapas. Tapi ingat, diganti atau dicuci dan dijemur tiap hari ya supaya nggak ada bakteri yang nempel.

Tips 2: hindari pake foaming cleanser yang mengandung SLS (Sodium Lauryl Sulfate). Produk ini rentan bikin kulit kering dan iritasi, walaupun pas lagi dipake rasanya segar dan bersih. Cirinya adalah kulit wajah terasa ketarik dan kasat.

Tips 3: perhatikan kondisi kulit. Kulit kita dipengaruhi berbagai macam faktor mulai dari lingkungan, udara, produk yang dipake, juga umur. Jadi kalo produk cleanser yang kita pake nggak membawa hasil atau nggak cocok, mau betapapun sayangnya kita (karena mungkin aja harganya mahal), lebih baik diganti ya.

Tips 4: lakukan pada malam hari aja. Kalo pagi kita cukup gunakan cleanser yang sesuai tipe jenis kulit wajah.

Tips tambahan: jangan melakukan double cleansing tiap hari bila kondisi kulit kita nggak memungkinkan. Double cleansing yang terlalu berlebihan juga nggak bagus karena bisa sedikit demi sedikit ngilangin minyak alami yang dibutuhin kulit. Makanya penting untuk memantau seperti apa kondisi kulit tiap harinya.

Dan tiap melakukan double cleansing, langsung apply lotion atau freshner biar kulit lebih segar dan plump.

 


Foto: Shutterstock   

Related Articles

CHIC CHOKERS

Kalung chokers yang sempat populer di tahun 1990-an, sekarang hits lagi.

Trend Kecantikan: Apa itu Cushion?

Apa sih cushion itu? Inovasi make up dan skin care dari dunia beauty ini bakal bikin kamu ketagihan!

Gaya Fashion Jeans Denim

Denim, atau yang lebih popular dengan Jeans merupakan style outfit yang multifunction, terutama the iconic blue jeans yang cocok di mix match dengan style apapun.

Membentuk alis dengan Stensil Alis

Membentuk alis dengan stensil alis memang merepotkan. Kalo alis nggak pas akan mempengaruhi muka. Nah dengan alat ini bisa membentuk atau menggambar alis sendiri.

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.