MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
PRODUCT
My Looks
MY LOOKS

10 Kandungan Skin Care Yang Bagus Lawan Jerawat!

Ngomongin jerawat kayaknya nggak bakal ada habisnya. Tamu nggak diundang ini tetap rajin muncul biarpun udah dijampi-jampi, sama kayak mantan yang minta balikan, duh. Nggak cukup cuma dibersihin pake facial wash, jerawat juga perlu dirawat, tapi jangan asal pilih. Kita juga perlu tahu ingredients atau kandungan APA yang bagus dan ampuh untuk lawan jerawat bandel. Cek di sini yuk listnya!

 

AHA (ALPHA-HYDROXY ACID) & BHA (BETA-HYDROXY ACID)

Dua kandungan yang ini pasti udah pada familiar deh. AHA dan BHA adalah senyawa asam yang efektif untuk eksfoliasi (pengelupasan sel kulit mati) dan jerawat. Meskipun saudaraan, tapi AHA dan BHA punya komponen yang beda.

 

AHA jenis asam yang didapat dari pengolahan tanaman atau hewan. Tugasnya membantu pelepasan sel kulit mati, meningkatkan ketebalan kulit, memperbaiki tingkat kolagen, dan ngejaga kelembapan kulit. AHA jago untuk urusan mengurangi luka bekas jerawat, hyperpigmentasi, dan meregenerasi kulit. Yang termasuk AHA yaitu glycolic acid, lactic acid, dan citric acid.

 

Kalo mau coba pake kandungan AHA, pastiin konsentrasinya AHA <10 persen.

 

Sementara BHA punya komponen yang bersifat mengeringkan, jadi lebih direkomendasikan buat kulit berminyak dan acne prone karena bisa mengurangi produksi minyak wajah (sebum) dan ngurangin terbentuknya komedo hitam (blackhead) dan putih (whiteheads). Penggunaan BHA disarankan konsentrasinya sekitar 0.5-5% biar efektif ngobatin jerawat. Tapi ingat ya, semakin tinggi tingkat konsentrasi BHA, akan semakin mudah bikin kulit kita iritasi.

 

AHA dan BHA paling umum ditemukan dalam produk toner. Musti diingat, setelah pake skincare dengan kandungan AHA dan BHA kita wajib pake sunscreen. Kedua kandungan ini bikin kulit kita jadi lebih peka sama matahari, sehingga butuh proteksi yang cukup kalo nggak mau efeknya malah jadi sebaliknya.

 

SALICYLIC ACID (ASAM SALISILAT)

Adalah salah satu BHA yang terkenal ampuh sebagai bahan yang bisa membuka pori-pori yang tertutup karena kotoran, membersihkan hingga ke bagian terdalam, anti-inflamasi, mengurangi jerawat kemerahan, dan iritasi. Salicylic acid bisa termasuk dalam exfoliasi yang juga bagus untuk mengatasi komedo.

 

AZELAIC ACID

Asam ini bukan termasuk AHA dan BHA, secara kimiawi azelaic acid termasuk dicarboxylic acid dan terbuat dari gandum atau barley. Fungsi utamanya sama kayak asam yang lain, yaitu untuk mengeksfoliasi kulit namun azelaic acid bekerja secara gentle, mengurangi risiko yang bisa ngakibatin iritasi kulit sekaligus sebagai anti-oxidant dan bantu mengurangi hyperpigmentasi akibat noda bekas jerawat. Azelaic acid aman dipake untuk semua jenis kulit dan juga ibu hamil, karena nggak punya bahan aktif kayak benzoyl peroxide atau retinoid.

 

TEA TREE OIL

Walaupun namanya “tea” tapi ini daun bukan hasil petikan kebun teh lho. Tea tree oil berasal dari tumbuhan bernama Melaleuca Alternifolia, karena itu dikenal juga sebagai melaleuca oil. Bahan satu ini dipercaya ampuh banget buat ngobatin jerawat, menghilangkan bakteri, jamur,ketombe rambut dan menenangkan kulit.

 

Meskipun sangat bagus untuk merawat jerawat tapi tea tree oil nggak cocok di semua kulit, terutama kulit sensitive dan punya eczema, karena bisa nyebabin kulit kering dan iritasi. Sebelum kamu mencoba kadungan ini, disarankan dicoba dulu sedikit di area belakang telinga untuk melihat apakah reaksinya positif atau negative di kulit.

 

CLAY

Clay gampang ditemuin pada produk skincare seperti masker, facial wash, atau facial scrub. Fungsinya adalah deep cleaning hingga ke bagian terdalam pori-pori. Karena itu clay punya kemampuan atau manfaat sebagai detoksifikasi atau mengangkat kotoran, membersihkan kulit, anti-inflamasi yang bantu nenangin kulit jerawat dari kemerahan sekaligus ngurangin iritasi, mengurangi tampilan pori-pori, meregenerasi sel kulit baru, dan mengontrol produksi sebum tanpa membuatnya jadi kering.

 

SULFUR (BELERANG)

Mineral alami ini aromanya emang rada-rada bikin kita mengernyitkan dahi, tapi sulfur udah digunain sebagai skin care selama berabad-abad lho. Sulfur punya manfaat yang sedikit mirip dengan clay, yaitu bisa mengurangi minyak atau produksi sebum berlebih, mengeringkan jerawat, anti-inflamasi dan antibakteri, membersihkan pori-pori, serta punya efek peeling pada permukaan kulit. Sebagian orang bahkan bilang sulfur bisa membantu mengurangi bekas jerawat.

 

Namun, sulfur kurang cocok untuk orang yang punya jenis kulit kering atau sensitive sebab keseimbangan pH yang tinggi bisa memperburuk iritasi dan mengganggu lapisan pelindung kulit. Kalo kamu termasuk yang punya kulit jenis ini, coba konsultasikan dulu ke dokter kulit ya sebelum pake sulfur. Sedangkan untuk kulit berminyak bisa pilih skincare dengan kandungan sulfur sekitar 10%.

 

WITCH HAZEL

Kandungan tannin pada witch hazel bisa berfungsi ganda (sebagai astringent dan disinfectant) dan sering digunain untuk menghambat produksi minyak sekaligus mengecilkan tampilan pori-pori. Witch hazel sering ditemui dalam bentuk face toner, dan punya kelebihan lain selain untuk jerawat. Bahan ini juga bisa mengatasi kulit kering dan mencegah keriput, makanya aman banget digunakan oleh semua tipe jenis kulit.

 

RETINOID

Bahan satu ini adalah favoritnya dermatologist. Selain ampuh ngobain jerawat, retinoid bisa bantu mengencangkan kulit, mengurangi kerutan dan garis halus, meratakan warna kulit dengan memudarkan flek-flek cokelat, serta punya efek regenerasi kulit. Karena ada fungsi anti-agingnya retinoid lebih cocok dipake buat kamu yang udah berusia 30 tahun ke atas dan punya hormonal acne.

 

BENZOYL PEROXIDE

Biasanya benzoyl peroxide ada di dalam produk acne-spot treatment (obat jerawat totol), produk yang wajib kita punya kalo punya jerawat yang demennya “nongkrong” di satu tempat.’ Kandungan ini bagus dan ampuh banget buat ngebunuh bakteri, membuka pori-pori yang tertutup, ngurangin minyak berlebih, dan “mendepak” sel-sel kulit mati. Untuk memakai benzoyl peroxide akan lebih baik bagian jerawat yang mau ditotol kering dan nggak dilapisin kandungan skincare lainnya (misalnya tretinoin).

 

NIACINAMIDE

Niacinamide selalu kita lihat dalam bentuk serum, kandungan ini juga dikenal sebagai vitamin B3 dan nicotinamide yang bagus untuk mereparasi kerusakan kulit. Niacinamide punya fungsi anti-inflamasi sehingga bagus banget dipake buat kita yang jerawatan atau rosacea. Selain itu bermanfaat buat ningkatin produksi ceramide (lipid yang jaga lapisan kulit) sehingga lebih bisa memproteksi kelembapan kulit, ngurangin garis halus, kerutan, dan muka kusam.

 

Dilansir dari Paula’s Choice, buat hasil terbaik kita bisa pake niacinamide segera setelah toner buat lebih menghidrasi kulit wajah. Namun untuk pemakaian jangan digunakan terlalu banyak (dosis tinggi) supaya nggak merusak sel kulit yang sehat.

 

Ingat ya, dalam memilih skin care bukan brand atau nama terkenal si produk, ataupun udah dipake banyak orang, tapi tetap yang terpenting kandungan apa yang ada di dalam produk tersebut. Apakah kandungannya akan aman dan bekerja di tipe jenis kulit kita atau nggak.

 

 


Foto: Shutterstock   

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates