MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
PRODUCT
My Life
MY LIFE

Yang Mana Sih Tipe Kepribadian Kamu?

 

Setiap orang lahir dengan kepribadian yang berbeda-beda, bahkan anak yang terlahir kembar pun nggak mungkin punya kepribadian yang sama satu-sama lain. Tapi seringkali kita bahkan nggak kenal betul sama kepribadian kita sendiri, apalagi mengenali kepribadian orang lain. Padahal ada lho cara buat tau kayak apa sih kepribadian itu, karena nantinya akan memudahkan kita buat bergaul, berkomunikasi, bahkan mencari pekerjaan! Nggak percaya?

 

Dalam dunia psikologi, dikenal istilah DISC yang secara garis besar mewakili empat macam kepribadian seseorang, yaitu Dominance, Influence, Steadiness dan Compliance. Secara kasat mata, kita akan bisa ngebedain dan ngebagi kepribadian orang ke dalam empat tipe tersebut. Tapi memungkinkan banget kalo seseorang punya kombinasi di antara keempatnya. Sebenernya DISC inilah yang membuat seseorang melakukan apa yang dilakukannya, dan menunjukkan perilaku-perilaku tertentu.

 

DISC ini biasanya dipake pada saat kita akan memasuki dunia kerja dan menjalani tes psikologi. Karena pada dasarnya DISC ini dapat melatari cocok nggaknya seseorang ditempatkan di posisi atau di bagian-bagian tertentu. Tapi buat kita sendiri, DISC ini bisa dipake buat kita mencari tau apa yang paling cocok buat kita berdasarkan personality yang kita punya, sekaligus memaksimalkan cara kita berkomunikasi dengan orang lain. Coba yuk cek yang mana dari ciri keempat kepribadian ini yang paling cocok dengan diri kita.

 

DOMINANT

 

 

Sama kayak nama kepribadiannya, tipe Dominance atau Dominant adalah mereka yang punya sifat tegas, nggak suka basa-basi, to the point dan tepat sasaran. Tipe D akan mudah dikenali dari suaranya yang cenderung keras, tegas dan selalu menggerakkan anggota tubuh (terutama tangan) pada saat berbicara. Tipe D nggak suka melakukan segala sesuatu dengan secara lama, dan selalu ngelakuin pendekatan secara aktif. Perhatiin deh, kita atau temen kita adalah salah satu yang kalo ngomong blak-blakkan, atau akan langsung ngomong ‘gue nggak suka cara lo yang begini…”? Bisa dipastiin kita atau mereka adalah tipe D. Selain punya image cool dan gagah, tipe D juga diliat orang lain punya kemauan keras dan ambisus.

 

Ciri Dominant: tegas, problem solver, risk taker, self starter, natural leader, nggak takut beragumen, nggak suka rutinitas, multi-tasking, good organizer, cenderung nggak sabaran, punya ego yang tinggi, nggak masalah melanggar peraturan, nggak suka telalu intim dengan mereka yang nggak gitu dekat, senang mengontrol.

 

Cara berinteraksi dengan si D:

• Nggak usah berbelit-belit ngomong sama si D, makin to the point makin baik.

• Jangan gampang baper tersinggung atau baperan saat D bicara keras atau to the point, karena mereka sendiri nggak pernah ngerasa itu harus dimasukkin ke hati.

• Kalo kita kerja kelompok dengan si D, nggak usah repot ngobrolin hal-hal pribadi, karena D cenderung nggak suka ngomongin hal pribadi pas bekerja.

• D nggak suka dengan interaksi komunikasi menyentuh yang terlalu personal, jadi kalo ngobrol sama mereka, nggak usah repot nyentuh pundak atau meluk-meluk bahu, cause they simply don’t like it.

 

INFLUENCE


The center of attention! Itulah si I. Karakternya yang emang seneng berteman dan ngobrol, menjadikan I selalu jadi pusat perhatian dalam lingkup sosial di manapun ia berada. Makanya nggak heran kalo mereka ketemu masalah, penyelesaian yang mereka pake adalah dengan ketrampilan sosial, karena sifat mereka yang ramah dan gampang bergaul. Si Influence juga termasuk orang yang emosional  yang gampang banget mencurahkan isi hatinya pada orang lain. Perhatiin deh, mereka yang dalam satu ruangan heboh cerita dikerebutin sama orang lain, bisa dipastiin masuk dalam tipe ini.

 

Ciri influence: ekstrovert, antusias, periang, memiliki empati yang tinggi, optimis, percaya sama orang lain, impuslif, emosional, aktif bicara, a creative problem solver, gampang memotivasi orang lain, punya selera humor yang tinggi, penengah konflik, lack of detail, menggunakan bahasa tubuh secara berlebihan.

 

Cara berinteraksi dengan si I:

• I nggak suka berada dalam kesendirian, jadi selalu ada buat mereka bisa jadi jalan yang oke buat deket dengan si tipe I.

• Selalu dengerin I pada saat mereka lagi ngomong, karena dari situ kita bisa ngebangun relasi dengan mereka.

• Kalo kita satu kelompok belajar dengan I, make sure buat ngasih deadline yang pasti, karena seringnya I akan ngelantur ke sana-kemari kalo nggak punya jadwal yang pasti.

• Walaupun punya sifat outgoing tapi tipe I termasuk orang yang sedikit mess (a.k.a berantakan) dan nggak fokus, makanya kita (terutama yang punya sifat D) harus ekstra sabar ngadepinnya. Kalo nggak mau terjadi perang dunia ke-3.

 

STEADINESS

 

Mereka yang sabar, kalem, gigih, teratur, terukur dan stabil dalam menjalani hidup adalah tipe S. Karakter S bertolak belakang banget dengan I ataupun D. S nggak suka konflik dan pertentangan, dan nggak suka kejutan. S juga nggak suka perubahan signifikan yang terjadi di dalam hidupnya. S punya kesabaran dan konsistensi yang tinggi dalam ngadepin sesuatu, hanya aja S punya kelemahan yaitu moody-an dan kurang bisa menentukan prioritas hidup atau apapun yang dikerjakan.

 

Ciri Steadiness: introvert, pendiam, good listener, posesif, stabil, dapat dipredeksi, memahami orang lain, dapat dipercaya dan diandalkan, sabar dan berempati, nggak menyukai konflik, menolak perubahan, sensitive terhadap kritik, sulit menentukan prioritas.

 

Cara berinteraksi dengan si S:

• Mulai obrolan dengan hal-hal yang personal.

• Kalo satu kelompok dengan si S, make sure kita ngasih pengarahan yang sistematis.

• Jangan konfrontasi S secara langsung, karena S malah akan semakin menutup diri.

• Tipe S cenderung awkward bila berhadapan dengan orang yang baru pertama kali dikenal.

 

COMPLIANCE / CONSCIENTIOUSNESS

 


Tipe ini adalah tipe yang cermat dan teliti, dan seneng banget sama presisi dan akurasi tinggi. C sangat teratur dan terkoordinir, dan fokus pada fakta saat menyelesaikan masalah. Karena sifatnya ini, C sangat menghargai peraturan dan nggak suka melanggarnya. Kesehariannya, C sangat bergantung pada sistem dan teknis yang mereka ciptain. Ini sebabnya C keliatan kaku dan nggak fleksibel.

 

Ciri Compliance: akurat, analitis, cermat, hati-hati, sistematis, terikat pada prosedur, sangat detail, nggak atau jarang mengungkapkan perasaannya, cenderung menerima daripada berargumentasi.

 

Cara berinteraksi dengan si C:

• Selalu buat poin yang detail apabila merencakan sesuatu dengan C. Kalo perlu dibikin step by step, A sampe Z.

• Sertakan detail pada saat menceritakan sesuatu pada C (termasuk juga pas curhat).

• Kalo kita berada dalam satu kelompok dengan si C, beri tugas yang membutuhkan riset dan data yang tinggi.

• C termasuk golongan yang nggak bisa basa basi (terkecuali terpaksa) dan curiousitynya tinggi. Kalo ada hal yang menurut dia aneh dan butuh penjelasan lebih dalam, dia bakal nge-bombarbir dengan pertanyan "kenapa?". Ditambah dia juga nggak segan buat adu argumentasi kalo misalnya nggak sesuai sama data yang dia ketahui.

 

 

Udah mulai keliatan kamu masuk tipe golongan yang mana?

 


Foto: Shutterstock 

 

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates