Login

or

Email
Password


Mylife

TRAVELING TIPS FOR DUMMIES

11 Desember 2017

Selalu ada yang pertama buat segala hal, termasuk traveling. Meski nggak gampang, nyiapin traveling nggak selamanya susah buat dilakuin. Asal tau tips dan triknya, kita yang pemula gini bisa kok traveling dengan mudah. Yuk simak tipsnya!


 

EASY PLACE

Buat pemula ada baiknya milih lokasi traveling yang masih gampang diakses dan punya akomodasi yang melimpah, mulai dari transportasi, hotel atau hostel, jarak antara tempat wisata, juga fasilitas lain yang memudahkan buat turis dan wisatawan. Ini penting supaya kita nggak jet lag alias kebingungan sendiri harus ngapain dan mesti gimana. Paling nggak dengan kemudahan yang disediakan, kita jadi bisa belajar kayak gimana traveling itu harusnya dilakukan. Misalnya, buat pemula kita bisa pergi ke Bandung, Bali atau Yogyakarta yang lebih mudah diakses, dan punya banyak servis buat turis ke manapun pergi did daerah itu. Kalo keluar negri, pilihan Singapur, Hong Kong atau Tokyo jauh lebih mudah ketimbang ke Kamboja yang masih relatif sulit diakses bagi traveler pemula.

 

CHOOSE ACCOMMODATION

Setelah tau mau ke mana, langkah selanjutnya adalah mencari akomodasi penunjang, termasuk tiket pesawat/kereta/bus, hostel/hotel, juga transportasi selama kita di sana. Buat ngedapetin tiket pesawat yang murah kita emang harus rajin berburu, dan pinter-pinter nyari diskonan dan promo. Manfaatin promo diskon dari bank atau potongan harga dari e-commerce. Pantengin juga momen tertentu kayak hari raya atau Harbolnas, di mana banyak penerbangan yang ngasih tiket murah. Perhatiin juga waktu keberangkatan dan kepergian kita. Tiket di weekend biasanya akan jauh lebih mahal daripada weekdays, dan tentunya lebih mahal pada saat peak season dan musim liburan. Jadi ada baiknya pilih jauh-jauh hari.

Buat akomodasi penginapan, pencarian kita akan dibantu sama aplikasi kayak Booking.com, Agoda atau Traveloka, dimana kita bisa mencari penginapan yang disesuaikan dengan bujet kita. Perhatiin letak akomodasi yang kita pilih. Murah tapi jauh dari mana-mana sama aja akan ngebuat kita ngeluarin banyak biaya buat transportasi. Jadi pastiin tempat kita nginep dekat dengan stasiun MRT/kereta, juga tempat makan atau convinience store. Perhatiin bener-bener ulasan yang dikasih sama orang-orang yang udah pernah nginep di tempat itu sebelumnya, supaya kita nggak ketipu sama foto yang terkesan mewah.

Sementara untuk transportasi selama di tempat traveling, fokus sama tempat-tempat yang pengen kita datengin. Taksi akan jauh lebih mahal dari bus atau MRT dan commuter line. Jadi pertimbangin lagi pengeluaran kita. Di Negara tertentu kayak Jepang, turis disediain alternative paket tiket bus dan MRT buat durasi tertentu yang lebih murah daripada kita beli satuan. Jadi jangan males nyari info kayak gini di aplikasi atau website TripAdvisor atau Lonely Planet ya.

 

MAKE AN ITINERARY

Itinerary dibutuhin buat ngatur jadwal transportasi dan akomodasi kita selama traveling. Tempatin lokasi wisata yang berdekatan dalam satu arah tujuan di hari yang sama, supaya kita nggak harus bolak-balik ke tempat itu lagi. Menghemat tenaga dan pastinya uang kita. Beberapa tempat wisata juga nyediain tiket terusan untuk beberapa spot sekaligus, jadi kita harus rajin nyari info di web resmi atau blog orang. Satu lagi, usahain bikin itirenary jangan terlalu mepet harinya, spare 1 hari untuk kita beristirahat atau ada kejadian urgensi (karena kita nggak pernah tau apa yang akan terjadi selama traveling kan). Dan, kalo kita misalnya ke negara yang tulisan atau pun hurufnya berbeda (misalnya Jepang atau Korea Selatan), selain huruf alphabet tulis juga huruf yang orang lokal pake supaya ketika kita tanya ke orang-orang sana mereka pun bisa membacanya. Because believe it or not, nggak semua orang familiar dengan alphabet. Jangan lupa save nomor kedutaan besar Indonesia dan polisi lokal di negara yang kita kunjungi ya, untuk jaga-jaga.

 

CASH OR CREDIT

Bawa uang cash banyak nggak pernah disaranin pas kita lagi traveling. Jadi cukup bawa uang dalan jumlah secukupnya, dan bagi ke dalam sekian amplop, bisa dengan pembagian harian atau berdasarkan kategori transportasi, makan dan belanja misalnya. Maksudnya adalah supaya kita tau budjet yang kita punya, dan nggak gitu aja boros ngabisin uang yang dibawa tanpa sadar.

Kalo berpergian keluar negri, disaranin buat paling nggak nuker uang di money changer sebelum kita jalan. Minta pecahan kecil supaya kita gampang bertransaksi di sana. Ini memudahkan kita saat harus beli atau bayar sesuatu di Negara tujuan tanpa harus ribet nyari tempat penukaran uang. Tapi kalopun nggak bawa uang, selama kita bawa kartu debit atau kredit dengan logo Visa, kita bisa kok ngambil uang kayak biasa di mesin ATM yang ada di Negara tujuan. Tapi make sure kita tau berapa jumlah potongan yang diberikan oleh bank ya. Beberapa bank ada yang memotong Rp25 ribu hingga Rp50 ribu per penarikan.

 

MUST DOWNLOAD APPS

Traveling di dunia digital bener-bener memudahkan kita. Mulai dari booking tiket pesawat, nyari penginapan, beli tiket wisata, sampe nyari tau spot makan enak di tempat tujuan. Jadi yang pasti, jangan males buat manfaatin dan maksimalin kinerja smartphone kita. Beberapa aplikasi yang harus kita download buat traveling adalah:

Nah udah siap traveling? Let's go!

 


Foto : shutterstock.com, berbagai sumber

Related Articles

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

6 TIPS NYEMBUHIN PATAH HATI

05 April 2016

Patah hati karena baru diputusin? Baca 6 tips ini biar sembuh!

NONTON STREAMING YUK!

06 April 2016

Tapi, hati-hati nggak bisa berhenti, hehehe!

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.