MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Life
MY LIFE

Tips Jitu Ngurangin Sifat Boros

Ada sale di mall, ecommerce dan webstore, langsung pengen belanja. Ngeliat launching resto baru di Instagram food blogger langsung bikin janji buat hangout di sana bareng temen-temen. Wah kalo begini terus, lama-lama uang jajan kita bakal cepet habis dan nggak ada yang bisa disisihin buat ditabung nih, Happy Females! Tapi tenang, kebiasaan boros ini sebenernya masih bisa kita kontrol dengan beberapa tips ini lho!

 

MAKE A LIST!

We can’t resist to not spend our money for something we like, dan kadang kita ngerasa pengeluaran kita masih dalam batas wajar karena nggak ada list tertulis yang jadi ‘reminder’ atau ‘guide’. Makanya jadi dengan gampang ngeluarin uang buat hal yang nggak begitu penting. To start a new habit, tulis apa yang selalu bikin kita ngeluarin uang berlebihan. Apakah itu belanja ke mall tiap minggu? Sering impulsif dan langsung beli tiap liat barang lucu? Dengan bikin list, kita jadi lebih tau apa yang sebenernya bikin uang kita habis nggak bersisa.

 

PRIORITY ABOVE EVERYTHING

Mengatur keuangan nggak bisa berjalan lancar kalo kita nggak punya prioritas. Setelah selesai bikin list dan ngeliat pengeluarannya, kita bisa mulai kasih urutan mana aja yang bakal kita duluin tiap kali kita harus ngeluarin uang. Misalkan kita udah berencana pengen beli sepatu, tapi dress dari brand favorit lagi sale. Tentuin mana yang bakal kita beli duluan, instead of ngehabisin uang lebih buat beli dua-duanya. Kalo udah tau prioritas mana yang harus diduluin tiap mau belanja, dijamin sifat boros kita bakal berkurang deh!

 

MAKE A TARGET

Sedikit sedikit, tapi lama-lama jadi bukit. Kadang suka nggak tahan buat nggak beli lipstick begitu lagi ada diskon, atau beli bubble tea tiap kali pulang dari mall. Begitu ditotal di akhir bulan, ternyata kebiasaan itu justru ngehasilin nilai pengeluaran yang gede banget. Supaya nggak gampang ngeluarin uang buat hal yang kecil-kecil,  coba bikin wishlist barang yang pengen kita beli di 2-3 bulan ke depan, dan mulai nahan buat jajan yang nggak penting supaya barang yang kita mau bisa cepet kebeli.

 

SAVING, SAVING, SAVINGS!

Walaupun udah dibikin prioritas, uang yang kita punya bakal jarang banget bersisa kalo nggak ada yang kita sisihkan buat ditabung. Emang sih, uang jajan masih ditanggung sama Papa dan Mama, tapi dengan belajar buat ngelola uang sendiri, kita jadi lebih punya tanggung jawab sama keuangan sendiri dan ngurangin sifat boros kita. From now, coba sisihin sebagian uang jajan kita buat ditabung dan belajar buat pergunain sisanya aja. Dengan begitu, kita bakal mikir berkali-kali tiap kali pengen gunain uang buat hal-hal yang nggak penting.

 

GO OUT LESS!

Ngurangin jadwal buat hangout bareng temen-temen di cafe, atau jalan-jalan ke mall bisa ngebantu kita buat nggak ngeluarin uang berlebihan lho, happy females! Kalopun harus pergi, bawa uang cash secukupnya aja. Daripada kita ngilangin rasa bosen dengan pergi ke tempat-tempat yang berpotensi bikin kita boros, kita bisa ganti sama kegiatan lain kayak movie marathon atau pajamas party bareng sahabat.

 

 


 

Foto : Shutterstock

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates