Login

Email
Password


Mylife

MANFAAT SOLO TRAVELING

Ada banyak cara buat nikmatin waktu liburan, salah satunya adalah traveling. Traveling bareng keluarga, teman se-geng, atau pacar itu menyenangkan banget pastinya, cuma kamu tahu nggak, traveling sendirian atau solo traveling itu juga gak kalah seru lho. Selain itu banyak manfaat yang bisa kita dapetin dengan ber-solo traveling!

 

BEBAS NENTUIN DESTINASI DAN ITIRENARY SEMAUNYA TANPA PERLU ADA KOMPROMI, APALAGI DRAMA.

Mau ke Jepang, ayok. Mau transit dulu ke Australia, juga oke. Enaknya jadi solo traveler adalah kita bebas nentuin mau kemana dan mau ngapain aja, tanpa harus peduli apakah partner traveling kita mau apa nggak. Kita gak terikat waktu dan juga tempat, kalopun itirenary kita nanti ada yang gak sesuai ya gak masyalaaah tuh. Kan lagi jalan sendirian. Eh tapi beda cerita kalo kita lagi ikut rombongan tur ya.

 

HASHTAG FOREVER "ALONE"

Ya iya sih, namanya juga solo traveling. Kemana-mana sendirian, gak ada yang nemenin. Pas pingin ngobrol yang ada cuma dinding kamar atau angin, oh so ngenes!  Tapi itulah resikonya, jadi ya musti siap-siap aja ada rasa kesepian. 

 

JANGAN KUATIR, KITA EMANG FOREVER ALONE TAPI SECARA GAK LANGSUNG NGELATIH KEPEKAAN DIRI SAMA LINGKUNGAN SEKITAR KITA

Yup, dengan solo traveling kita mau gak mau jadi lebih perhatian sama apa  yang ada di sekeliling kita. Entah itu lagi duduk di cafe kita akan perhatiin atmosfir kafe, pelayan atau orang-orang yang datang. Atau ke jalanan yang kita lewati. Bisa jadi kepekaan kita sama lingkungan akan lebih tinggi pas pulang ke rumah nanti.

 

PEKA SAMA LINGKUNGAN, OTOMATIS PEKA JUGA SAMA ORANG-ORANG DI SEKITARNYA.

Dari pengalaman orang-orang yang solo traveling, mereka jadi lebih bisa bersosialisasi. Bahkan untuk orang yang pendiam sekalipun. Karena akan ada momen di mana kita perlu bertanya ke masyarakat sekitar. Dan ini otomatis ngelatih keberanian untuk berinteraksi. Percayalah, masyarakat lokal di negara yang kita datangi bisa jadi jauh lebih welcoming, kalo kita juga respek dan ramah kepada mereka. Selain itu, bersosialisasi dengan orang lokal ataupun sesama solo traveler itu akan ngebuka wawasan dan networking kita.

 

JUGA MELATIH KONTROL DIRI, TERUTAMA KETIKA KITA NEMUIN MASALAH DI TENGAH JALAN

Solo traveling emang bebas mau ngapain aja tapi bukan berarti kita bebas juga dari masalah. Keuntungan yang besar pastinya diiring tantangan yang besar juga. Di sinilah kita bisa latihan mengontrol diri supaya gak panik dan cepat memutuskan sesuatu untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi. Misalnya, salah naik bus atau ketinggalan kereta api. Or even worse, kecurian! Untuk yang terakhir, pastikan untuk menyimpan nomor kedutaan besar Indonesia setempat dan kepolisian lokal ya.

 

MELATIH MANAJEMEN WAKTU DAN KEMANDIRIAN YANG PASTINYA AKAN BERGUNA UNTUK PERKEMBANGAN DIRI KITA NANTI.

Mengatur itirenary sendirian, memantau kapan harus berangkat dan pulang, dan lain sebagainya. Jadi solo traveler mengharuskan kita mandiri, karena kita mengurus semuanya sendirian. Dari hal besar sampe hal terkecil. Jangan sampe kita miss dengan detail yang akan bikin kita kesusahan nantinya.

 

DAN, MELATIH JIWA LEADERSHIP YANG AKAN MULAI DIBENTUK SEJAK AWAL PERJALANAN.

Last but not least, solo traveling akan ngelatih jiwa kepemimpinan kita yang mulai dibentuk sejak awal kita mutusin untuk ber-solo traveling. Kita pasti udah mulai nyari pahit manisnya solo traveling dan apa resikonya. Kalo selama ini kita selalu mengandalkan orang lain, dengan solo traveling kitalah yang harus bertanggung jawab serta mengandalkan diri sendiri tanpa adannya bantuan orang lain. Inilah manfaat paling penting dari solo traveling yang kadang gak bisa kita dapetin ketika kita traveling rame-rame.

 

Gimana? Udah siap untuk solo traveling?


Foto: Shutterstock   

Related Articles

PACARKU NYEBELIN!

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

6 TIPS NYEMBUHIN PATAH HATI

Patah hati karena baru diputusin? Baca 6 tips ini biar sembuh!

NONTON STREAMING YUK!

Tapi, hati-hati nggak bisa berhenti, hehehe!

BELAJAR YUK

Simak tips belajar biar siap ngadepin ujian

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.