Login

Email
Password


Mylife

NGADEPIN TEMAN YANG SUKA MANTAN / GEBETAN SENDIRI

10 September 2018

Beberapa waktu lalu Happifyourworld bikin diskusi via Instagram tentang ‘Si sahabat PDKT sama gebetan / mantan kita, apa pendapatmu dan kalo itu terjadi ke kamu apa yang akan kamu lakukan’, nggak disangka banyak reaksi yang Happifyourworld terima. Dari yang ngasih opini bijak sampe ke curcol dadakan. Sebenarnya kita harus gimana sih kalo ngadepin situasi seperti itu?

 

Sahabat adalah tempat kita berbagi semua cerita, dari hal yang nyenengin sampe ke hal yang menyedihkan. Termasuk masalah love life, udah pasti kita bakal nyeritain semuanya ke si sahabat. Tapi gimana kalo tiba-tiba si sahabat ngaku kalo dia suka sama mantan atau gebetan kita?

Kayak disambar halilintar di siang bolong ya. Nah buat ngadepin situasi kayak gini, Happifyourworld punya beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

 

TARIK NAFAS DAN KONTROL PERASAAN KITA

Berasa dikhianatin, marah, kecewa, bingung, sakit hati, dan lain sebagainya, perasaan kayak gini udah wajar kita hadapin begitu tahu si sahabat suka sama si gebetan dan mantan. Rasanya pingin langsung maki-maki si sahabat, eits tunggu dulu, marah nggak akan bikin selesai masalahnya. Justru di saat gini kita harus bisa mengontrol perasaan kita. Tenangkan hati dan pikiran kita dulu supaya kita bisa berpikir jernih.

 

KALO SUDAH TENANG, COBA BICARAKAN DENGAN SI SAHABAT

Yup, dibanding ngelakuin hal yang brutal dan nggak ‘indah’ kayak nyebarin rumor dan yang lainnya, akan lebih baik kalo kita dan si sahabat saling bicara jujur dari hati ke hati. Nggak mudah emang, apalagi harus nahan emosi, tapi ini akan jauh lebih efektif ketimbang ngelakuin sesuatu yang mungkin aja nantinya kita sesalin.

 

LIHAT DARI SUDUT PANDANG BERBEDA

Sahabat suka sama mantan atau gebetan? Putus persahabatan!

Ups no, no, no. Hanya karena cowok suatu persahabatan bisa putus adalah lame decisions. Salah satu Happy Females share pengalamannya, dia bilang dia coba melihat dari sisi yang berbeda. Kalo mantan, dia emang udah nggak punya hak untuk membatasi si sahabat karena itu dia milih buat mensupport. Yaitu dengan ngasih tau apa yang baik dan nggak baik tentang si mantan. Kalo buat gebetan, dia minta untuk ‘bertanding’ secara fair dan nggak nusuk dari belakang. Menurutnya sahabat itu susah didapat dibanding ngedapetin cowok, lagipula mupuk kebencian hanya bikin nambah beban hidup aja. Wah setuju banget!

 

JANGAN EKSPEKTASI TERLALU TINGGI

Bakal sangat sulit ngeliat si sahabat kita ngagumin orang yang sama, apalagi kalo ternyata pahitnya si gebetan atau mantan jadian sama si sahabat. Wah sakit banget ituuu! Kalo udah kayak gini, beri batasan ke diri kita sendiri dan jangan menaruh banyak harapan supaya kita nggak terlalu sakit. Lalu look at the bright side, mungkin aja cowok itu bukan cowok yang baik buat kita dan kita ditunjukin dengan cara kayak gini biar kita lebih kuat.  

 

KASIH WAKTU DIRI KITA BUAT NENANGIN DIRI

Ok, teorinya sih mudah tapi kenyataannya sulit buat dilakuin. At the time like this, kasih waktu buat diri kamu ‘menyepi’. Habisin waktu buat hal-hal yang bisa nyenengin diri kita sendiri. Mau itu ke salon, marathon nonton film, atau traveling, apapun deh yang bikin hati dan pikiran kita fresh lagi. Kalo perlu nangis, jangan ragu buat nangis dan teriak sekencangnya, yang penting kita jadi legaan.

 

HADAPIN DENGAN SANTAI

Ingat perasaan suka itu nggak bisa dikontrol datangnya. Mungkin aja sahabat kamu sendiri pun nggak nyangka bisa suka dengan si gebetan dan mantan kita, apakah kita akan terus nyalahin dia? Nggak juga kan. Bisa jadi si sahabat suka karena kita terus-terusan mentioned si gebetan atau mantan, jadi kita pun turut andil kenapa si sahabat bisa suka. So, hadapin aja dengan santai dan tenang. Remember this mantra, masih banyak ikan di laut!

 

‘NYEMPLUNG’ DI LINGKUNGAN BARU

Biarpun udah nerima sepenuhnya si sahabat suka atau malah jadian dengan gebetan atau mantan, tapi tetap aja perasaan sakit hati masih tetap ada. Nggak apa-apa, ini normal kok. Yang bisa kita lakukan adalah jangan menutup diri. Setelah semuanya sedikit membaik, coba atur hidup kita lagi. Gabung dengan komunitas baru, atau ikutan aktivitas seru yang sebelumnya ragu buat kita coba. Dijamin deh dengan kesibukan baru dan lingkungan baru rasa sakit hati kita bakal terlupakan!


Foto: Shutterstock   

Related Articles

Cara mengatasi writer block

02 September 2016

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

13 April 2016

Bagaimana ya cara LDR agar tidak bosan dan tetap romantis dengan pasangan? LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.