MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Life
MY LIFE

Gimana Cara Keluar Dari “Comfort Zone”

 

cara keluar dari comfort zone

Masuk ke tahun baru, banyak yang bikin resolusi awal tahun? Well, percaya deh semua itu nggak bakal terwujud dengan cepat kalau kita masih terus-terusan berhenti di zona nyaman kita!

 

Seperti namanya aja, zona nyaman memang bikin kita terus-terusan merasa aman dan nyaman, sampai kadang ngelupain hal-hal penting yang justru bisa mengantar kita ke hal baru yang lebih baik. Orang-orang yang udah stuck di zona nyaman biasanya akan memilih buat ngelakuin hal yang itu-itu aja, tanpa berusaha untuk membuat perubahan baru, kehidupannya cenderung monoton dan udah punya rutinitas sendiri. Sadar atau nggak, sebenarnya ada banyak banget faktor yang mendasari kenapa kita lebih milih untuk bertahan di zona nyaman ketimbang nyobain hal baru, mulai dari kita yang malas, nggak mau atau takut ngambil risiko, kita takut menghadapi situasi baru, pernah ada pengalaman nggak enak saat nyoba hal baru, nggak punya ambisi buat lebih dari yang sekarang, kita bukan orang yang bisa mendorong diri buat memulai sesuatu, masih ada orang lain yang kita andalkan, dan sebagainya. Alasan-alasan ini makin berkembang dan bikin kita jadi percaya kalau zona nyaman adalah tempat yang terbaik untuk kita sekarang. Memang sih, ada rencana atau keinginan buat berubah, tapi selalu terhalang buat berubah. Well, kalau nggak kita yang mulai, hidup kita bakal selalu terjebak di situ-situ aja tanpa adanya perubahan yang lebih baik!

cara keluar dari comfort zone

YUK MULAI KELUAR DARI ZONA NYAMAN!

 

 

AKUI KALAU KITA UDAH ADA DI ZONA (TERLALU) NYAMAN

akuin kalau kita udah ada di zona terlalu nyaman

Hal pertama yang paling sulit buat memulai adalah mengakui kalau kita udah di zona ternyaman kita dan butuh perubahan. Orang-orang yang nggak sadar kalau dirinya ada di zona nyaman bakal cenderung menyangkal dan bertahan sama kondisinya, karena menganggap kalau keluar dari zona nyaman adalah hal yang nggak terlalu penting dan…Nggak nyaman! Rutinitas yang monoton pun nggak bikin terganggu walaupun itu nggak bikin dirinya berkembang, dan baru bakal sadar saat semuanya udah terlambat. Kalaupun udah ada niat, pasti selalu nggak jadi direalisasikan karena terus-terusan mikirin alasan-alasan yang bikin dirinya tetap ada di zona nyaman. Kalau begini terus, kapan majunya nih?

 

Try: Identifikasi masalah apa yang bikin kita terus-terusan ogah nyoba keluar dari zona nyaman, seperti alasan-alasan yang disebutin di atas tadi, dan akuilah kalau hidup itu nggak hanya berdasarkan ‘semau gue’. Kita bisa tulis semua alasan di atas kertas buat ngebantu kita meneliti dengan terstruktur. Dengan mengidentifikasi alasannya, kita jadi lebih mudah buat nentuin dari mana harus memulai untuk mengubah kebiasaan yang bikin kita nyaman banget dan nggak bergerak maju.

 

 

PAKSA DIRI BUAT BERADA DI KONDISI YANG NGGAK NYAMAN SETIAP HARI

paksa diri buat di kondisi nggak nyaman setiap hari

Ironisnya, keluar dari zona nyaman yang paling efektif adalah dengan memaksa diri kita buat ada di kondisi yang sama sekali bikin kita nggak nyaman. Maksudnya, mendorong diri buat ngelakuin hal yang selama ini kita anggap susah ataupun malas memulainya. Nggak perlu dari hal yang terlalu besar dulu, kita juga nggak akan bisa langsung terbiasa, pede, dan ngelakuin semuanya dengan gampang dalam satu kali percobaan kok. Berat sih memang, tapi kita bisa memulainya dari hal-hal kecil yang dilakuin setiap hari sampai akhirnya jadi kebiasaan baru yang bikin kita keluar dari kebiasaan lama.

 

Try: Bikin 7 days challenge buat hal-hal kecil yang jarang atau nggak pernah sama sekali kita lakuin. Misalnya kayak bangun lebih pagi, mandi air dingin, cuci piring tiap kali abis pakai, jauhin handphone dari kasur pas mau tidur, dan lain sebagainya. Lakuin hal ini 7-14 hari berturut-turut sampai jadi kebiasaan. Cara ini juga bisa kita lakuin buat hal-hal yang makin menantang lainnya, kayak bilang iya waktu ditugasin dosen buat jadi ketua kelas online, nyapa temen-temen baru di kampus walaupun belum kenal secara tatap muka, atau challenge diri buat rajin baca buku di tahun ini. Pokoknya apapun hal baru yang awalnya bikin nggak nyaman, lakukan terus!

 

 

PUASA MEDIA SOSIAL

puasa sosial media

Zona nyaman buat kita yang nggak bisa dipungkiri adalah media sosial. Walaupun Namanya ‘sosial’, sadar atau nggak justru media sosial bikin kita terkurung sama kenyamanan semu yang dibuat oleh dunia maya yang bikin kita nggak produktif. Kita jadi generasi yang mageran, maunya rebahan sambil scrolling Instagram dan TikTok. Kita jadi kurang menghargai interaksi di dunia nyata, bahkan pas lagi kumpul keluarga.Bikin konten pun jadi bertujuan buat ningkatin views dan likes aja, tanpa mikirin apa manfaat dari konten yang kita share tersebut. Padahal, saat kita ngebiasain diri untuk ngurangin main media sosial, ada banyak hal dan aktivitas di dunia nyata yang bisa kita eksplor buat ningkatin skill dan wawasan kita.

 

Try: Puasa media sosial untuk sementara. Bikin jadwal kapan kita bisa buka media sosial, dan kapan harus berhenti. Stick to it! Kalau dirasa susah, paksa diri buat hapus aplikasi media sosial sampai waktu yang udah kita tentuin, minimal 1 bulan. Kita ganti kegiatan main medsos kita dengan kegiatan-kegiatan lain kayak baca buku, nulis jurnal, ngobrol sama Papa Mama, atau olahraga dari rumah. Dengan begitu kita bakal sadar kok, berapa banyak waktu yang udah kita gunakan buat lebih produktif, yang selama ini cuma dipakai buat ngebuka media sosial aja.

 

 

BERHENTI MENUNDA-NUNDA DAN MULAI MOTIVASI DIRI SENDIRI

berhenti menunda dan mulai motivasi diri sendiri

Penyakit lama dari orang-orang yang stuck di comfort zone adalah selalu nunda niat untuk berubah, dan berakhir pada tempat yang sama. Niatnya mau ngerjain tugas buat besok, tapi begitu sampai waktunya malah tiduran di kasur sambil main handphone. Niatnya mau bangun pagi biar bisa lebih produktif, eehh terus-terusan mencet snooze waktu alarm bunyi. Padahal, menunda cuma ngasih kesan nyaman sebentar aja, karena hal-hal yang kita tunda semakin lama semakin numpuk atau bahkan kesempatan bagus itu jadi terlewat sama sekali.

 

Try: List semua hal yang mau kita lakukan di hari itu, beserta waktunya. Saat ngelakuin, fokus dan usahakan buat nepatin waktu yang udah kita buat. Buat memotivasi diri, nggak ada salahnya kok kalau kita kumpulin tulisan-tulisan afirmasi yang bikin kita semangat, dan tempel di dinding tempat kita biasa menghadap, buat ngingetin kita akan goals yang mau kita capai. Dengan begitu, keluar dari zona nyaman bakal kerasa lebih gampang!

 

 

DOING NOT WISHING

start doing not wishing

Keluar dari comfort zone memang susah dan melelahkan. Tapi seperti kata pepatah, niat tanpa dibarengi usaha adalah omong kosong. Dan itu bener lho, karena semua yang kita inginkan baru bakal terealisasi kalau ada usaha yang kita lakukan buat mencapainya. Saat kita niat mau keluar dari zona nyaman, jangan cuma sekedar rencana yang ujung-ujungnya cuma setengah jalan, atau malah nggak kita kerjakan sama sekali. Karena buat mengubah kebiasaan kita yang udah terlalu lama di zona nyaman butuh diri yang persisten dan konsisten, supaya bisa ngebentuk kebiasaan baru dan mencapai goals yang mau kita raih. Kalau kita nggak melakukan apa-apa untuk berubah, selamanya rencanya kita yaa cuma jadi rencana.

 

Try: Setelah nentuin goals apa yang mau kita capai buat keluar dari comfort zone, jangan lupa untuk selalu update setiap hari dari progress yang udah kita jalanin. Misalnya kita mau rajin bangun jam 5 pagi setiap harinya, lalu atur strategi dan usaha apa aja yang bisa kita lakuin buat mencapainya, apakah nggak begadang, apakah langsung bangun saat udah mematikan alarm, dan sebagainya. Atau mau ngebiasain diri buat nggak boros, mulai bikin strategi dan usahanya. Jangan hanya diingat di kepala, tapi beneran ditulis dan update setiap hari apa aja yang udah kita lakukan untuk ada di level yang kita anggap goals. Bisa juga kita bikin habit tracker, supaya kelihatan progress-nya.

 

lakukan sekarang untuk keluar dari comfort zone 

Nggak usah banyak mikir, JUST DO IT! Nggak ada kata terlambat buat keluar dari comfort zone dan meng-upgrade diri dari hal-hal yang sama sekali nggak pernah kita sangka bisa kita lakukan. Yang terpenting, kita harus mau mendorong diri sendiri buat masuk ke zona baru yang menantang supaya bisa jadi diri yang lebih baru!

 


Foto: Shutterstock

 

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates