Login

Email
Password


Mylife

DEPRESI PADA REMAJA

12 April 2018

Depresi pada remaja nggak bisa dianggap enteng. Karena depresi pada remaja bisa ngakibatin rasa sedih berkepanjangan, kehilangan semangat untuk beraktivitas, dan yang paling parah bisa ngakibatin kehilangan semangat untuk hidup.

 

Did you know, depresi yang kita alamin sejak remaja akan mempengaruhi pola pikir, apa yang kita rasain dan juga gimana kita bertingkah laku. Hal ini bisa nimbulin nggak cuma masalah emosi tapi juga fisik. Depresi pada remaja seusia kita bisa muncul kapan aja, makanya penting banget buat tahu pemicu dan gejalanya seperti apa supaya tau solusinya bagaimana.

 

PENYEBAB DEPRESI PADA REMAJA

Ada banyak alasan yang bisa nyebabin kita depresi. Dari masalah akademik, sosial, bahkan keluarga sendiri bisa jadi pencetusnya. Apalagi kalo kenyataan nggak sesuai sama ekspektasi. Dikutip dari Mental Health America, when things go wrong at school or at home, teens often overreact. Kita cenderung akan berpikir kalo hidup itu nggak adil, nggak berjalan sama apa yang kita mau, dan pada akhirnya hal ini jadi bikin kita bingung. We feels conflicted and don’t know what to do.

Apalagi dengan banyaknya tekanan dan saran atau opini yang kita terima –tentang apa yang harus dan tidak kita lakukan- pun seakan-akan bikin kita kayak nggak punya pendapat sendiri, kasarnya sih berasa nggak didengerin. Padahal remaja kayak kita butuh bimbingan orang dewasa untuk bisa mengerti perubahan emosi dan fisik yang kita alamin ketika puber.

Ketika emotional kita terganggu, kita jadi nggak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Kalo udah begini, remaja butuh bantuan serius.

 

TANDA ATAU GEJALA DEPRESI

Tanda dan gejala depresi bisa berbeda-beda di tiap remaja, tapi menurut Mayo Clinic bisa terlihat sebagai berikut

PERUBAHAN EMOSIONAL

 

PERUBAHAN PERILAKU

 

­WHAT TO DO

Yang musti diingat, depresi nggak bisa disembuhin kalo kita sembunyiin dan berusaha sendirian. Depresi butuh moral support dari lingkungan di sekitar kita. Kalo kita melihat atau bahkan mengalami tanda-tanda di point sebelumnya, jangan disimpan sendiri. Bicarakan dengan orang dewasa (orang tua, kakak, sahabat atau siapa pun). Jangan ragu untuk meminta pertolongan.

Ini yang bisa kita lakukan kalo kita mengalami depresi:

 

Dan ini yang bisa kita lakukan kalo kita melihat ada teman atau seseorang yang depresi:


Foto: Pexels

Related Articles

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

6 TIPS NYEMBUHIN PATAH HATI

25 Maret 2018

Patah hati karena baru diputusin? Baca 6 tips ini biar sembuh!

Share Article To

Leave a Comment
2 comments
You must be logged in to post a comment.

Siti aisyah


Apr 24, 2018 06:05 AM

Siti aisyah


Apr 24, 2018 06:05 AM