MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Life
MY LIFE

Ciri-Ciri Predator Seksual Di Dunia Maya

 

Ciri-Ciri Predator Seksual Di Dunia Maya

Walaupun nggak ada tanda khusus, predator seksual sebenarnya bisa dideteksi karena ada ciri-ciri yang biasa digencarkan oleh mereka buat menangkap mangsanya.

 

Ada banyak cara yang dilakukan predator seksual buat mengintai korbannya. Salah satunya di dunia maya, predator seksual pun bebas bergerak dan mengincar dengan menggunakan media sosial hingga dating app, yang sering dipakai orang-orang buat mencari teman baru ataupun pasangan. Kalau nggak hati-hati, korban yang lengah bisa jadi sasaran empuk dari predator yang udah ahli dan merayu secara terang-terangan. Di sini juga jadi bukti, kalau dunia maya punya sisi gelap yang harus diwaspadai, terutama buat remaja seperti kita nih!

 

Ciri-Ciri Predator Seksual Di Dunia Maya

Cerita tentang predator seksual udh sering banget dikisahkan dalam film, salah satunya adalah ‘Trust’ yang dirilis tahun 2010. Walaupun udah 11 tahun lamanya, film ini masih tetap relatable sama kehidupan kita dan predator seksual yang memangsa lewat internet. Bercerita soal Annie Cameron, remaja berumur 14 tahun yang tinggal di daerah pinggiran Chicago bersama keluarganya. Bisa dibilang, Annie adalah anak remaja yang naif dan nggak mengetahui kalau dunia maya bisa jadi tempat yang berbahaya. Di hari ulang tahunnya, orangtua Annie memberikannya sebuah laptop, yang akhirnya ia gunakan buat berinteraksi dengan orang-orang di sana. Sampai akhirnya dia bertemu Charlie, teman yang ditemuinya dalam online chatroom. Diapun jatuh cinta pada Charlie, yang ternyata jauh lebih tua daripadanya. Awalnya, keduanya saling berbohong soal umur dan Annie ngerasa nggak masalah karena mereka hanya berhubungan secara online. Tapi 3 bulan kemudian, Charlie ngajak ketemu dan Annie kaget karena cowok yang dia taksir selama ini usianya jauh banget, hamper setara Ayahnya. Tapi Charlie nggak menyerah, ia memberikan Annie kado-kado dan mengajaknya ketemu lagi, kali ini di sebuah motel dengan meminta Annie memakai kado pemberiannya. Di sana, diam-diam ia memasang kamera dan memperkosa Annie. Ending film ini kita dibuat terkejut tentang identitas Charlie yang sama sekali nggak diduga.

 

 

CIRI-CIRI PREDATOR SEKSUAL

Ciri-Ciri Predator Seksual Di Dunia Maya

Di film Trust, ada beberapa perlakuan dari Charlie yang nunjukkin banget kalau dirinya lagi melancarkan aksinya buat menangkap korban. Bahkan, ia seakan-akan bisa melihat mana orang-orang yang cocok jadi korbannya, tanpa bertemu langsung. Melihat dari Charlie (dan kasus predator seksual yang lagi viral banget di Instagram dan Twitter), ada ciri-ciri yang bisa kita waspadai supaya nggak terjebak predator seksual, yaitu:

 

 

BERKATA-KATA MANIS

Ciri-Ciri Predator Seksual Di Dunia Maya

Jurus andalan predator seksual adalah kata-kata manis dan pujian setinggi langit yang bikin kita mabuk kepayang. Seperti kasus 'Dewa' yang sedang ditangani oleh Poppi R. Dihardjo dan akun @Aliskamugemash. Pelaku memuji kecantikan 'natural' kamu, mulai dari alis (yang jadi ciri utamanya), anggota tubuh, bahkan sampai menganalisa personality kita. Yang bikin kaget, pelaku predator seksual ini udah menjalankan aksinya sejak tahun 2014 lho, kebayang nggak tuh udah berapa korbannya.

Berdasarkan kasus di atas, predator seksual sangat lihai dan suka bikin lawan bicaranya penasaran, tersipu, hingga akhirnya terkoneksi dalam dan nyaman buat ngobrol seru sama dia. Dikasih kenyamanan, diunjukkin secara gamblang kalau tertarik, dan dipuji terus-terusan, bukan nggak mungkin kita bakal luluh sama rayuannya. Kenapa? Karena memang ada alasannya seperti yang pernah dibahas di artikel ALASAN KENAPA CEWEK GAMPANG KE-GR-AN berikut. Kalo kita ngerasa udah mulai dipuji ke arah yang menjurus seksual, udah deh jangan dilanjutin, langsung blok aja demi ketenangan hidup.

 

 

PERHATIAN DAN SUPER BAIK

Ciri-Ciri Predator Seksual Di Dunia Maya

Siapa sih yang nggak suka dikasih perhatian dan hadiah-hadiah kayak di film-film romantis? Udah pasti bikin kita makin terlena kan. Tapi jangan sampai tertipu, karena ini salah satu jebakan pelaku predator seksual untuk menjebak korbannya. 

Predator seksual selalu memakai perhatian super lembut kayak Cassanova jaman modern buat nyentuh soft spot hati kita. Tujuannya buat ngebangun rasa nyaman, aman, dan percaya. Makin lama perhatiannya itu akan makin berlebihan, seakan kita dihujanin sama love bomb bertubi-tubi ya siapa juga yang nggak meleleh.

TAPI JANGAN BAPER! Kita harus tetap waspada terutama ketika dia memperlihatkan aksinya sebagai predator seksual. Salah satu contohnya yang paling dasar banget adalah ketika dia minta kita untuk mengirimkan foto nudes atau foto seksi ke dia. Duh jangan dilakukan yaaa... 

 

 

BICARA SOAL FANTASI SEKSUAL

Ciri-Ciri Predator Seksual Di Dunia Maya

Saat komunikasi udah terjalin intens, serta antara kita dan pelaku predator seksual udah terjalin rasa nyaman, mereka mulai menyisipkan sedikit demi sedikit fantasi seksualnya di sela-sela obrolan. Maksudnya sih karena ingin saling terbuka aja, padahal ini awal si predator seksual melangsungkan misinya. Makanya obrolan seperti ini baru akan keluar ketika kita udah 'percaya' sama si pelaku, dan kita pun juga nggak akan berpikir aneh-aneh, hanya menganggap sekedar obrolan tukar pikiran aja.

Walaupun ada kemungkinan korban risih, tapi pelaku tetap nggak menyerah. Awalnya dia akan mengerti kalo kita menolak, tapi akan terus-menerus pelan-pelan melontarkan obrolan yang menjurus seksual.

 

 

PLAYING VICTIM

Ciri-Ciri Predator Seksual Di Dunia Maya

Masih inget kan, gimana kasus ‘Gilang Bungkus’, predator seksual berkedok mahasiswa yang menjebak korbannya untuk dibungkus kain jarik demi penelitian? Saat si korban nggak bersedia atau menolak apa yang diperintahkan, dia langsung menggencarkan kalimat-kalimat yang bikin korbannya ngerasa bersalah. Mulai dari dibilang udah ada kesepakatan, nggak mau nolongin, sampai bilang udah bikin stres-nya kambuh.

Membuat korban merasa bersalah, kasihan, atau simpati adalah salah satu senjata andalan pelaku predator seksual. Mereka cenderung hobi gaslighting korbannya, seakan merekalah yang bersalah karena nolak permintaan si predator. Hal ini dilakukan supaya korbannya nggak kabur. Padahal, ketika kita udah mulai merasa nggak nyaman apalagi hal tersebut bertentangan dengan prinsip kita, kita BERHAK untuk menolak dengan tegas.

 

 

IDENTITAS YANG DIPALSUKAN

Ciri-Ciri Predator Seksual Di Dunia Maya

Biar nggak gampang ketahuan dan jadi kasus, predator seksual pinter banget menyembunyikan identitas aslinya, dan menggantinya dengan data palsu. Apalagi di internet, gampang banget memakai identitas orang buat jadi topeng. Data palsunya juga bukan cuma sekedar nama atau umur kayak yang dilakukan Charlie di film Trust, tapi juga pekerjaan keren, pendidikan oke, hingga gaya bicara yang dibuat seperti orang intelek, yang bisa jadi itu cuma cara mereka biar calon korban terpukau.

Perlu diinget, background pendidikan dan pekerjaan bagus sama sekali nggak ada hubungannya dengan moral seseorang saat udah jadi predator seksual. Bahkan kasus Reynhard Sinaga yang memperkosa ratusan korban di Inggris pun sedang ngejalanin Pendidikan S3 nya, kan? Teliti dulu sebelum kita benar-benar percaya dengan orang asing, apalagi di dunia maya.

Ciri-Ciri Predator Seksual Di Dunia Maya

Kejadian ini bisa aja menimpa kita, dan orang-orang di sekitar kita yang kadang lengah sama keberadaan predator seksual. That’s why, butuh banget bersikap bijak dan hati-hati saat menjalani pertemanan online seperti yang pernah dibahas di artikel WASPADA BAHAYA APLIKASI ONLINE DATING ini. Bila kita nemuin kasus ini di dekat kita, jangan ragu buat berbuat sesuatu sesuai yang pernah dibahas di artikel YANG HARUS DILAKUKAN BILA MENGALAMI PELECEHAN SEKSUAL berikut ya! Biar nggak ada lagi korban yang jadi mangsa predator seksual baik langsung ataupun secara online.


Foto: Shutterstock

Prev
Next

Bagikan artikel ke :