MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
PRODUCT
My Life
MY LIFE

Cara Cepat Belajar Tepat

 

Ngehafalin rumus atau kalimat yang panjang banget di buku pelajaran emang kadang suka bikin kepala jadi pusing banget. Udah banyak, kadang panjang dan nggak kita pahamin. Gimana ya caranya biar gampang ngehafalinnya?

 

Bikin Mind Maps

 

Tulis subyek yang lagi dibahas/ atau satu masalah utamanya. Trus kembangin dengan alasan atau penjelasannya dalam bentuk singkat sambil nyontek buku pelajaran. Nah kalau mind map udah jadi, tinggal kita hafalin dari situ. Panah dan gambar akan lebih memudahkan kita mengingat poin dari bahasan ketimbang harus baca banyak dari sebuah paragraf.

 

Pake Flash Card

Main ala-ala kuis aja dengan bikin flash cards, kertas kecil yang berisi poin dari hafalan kita dengan bahasa kita sendiri. Satu kertas untuk satu poin jadi kita lebih gampang ngehafalinnya. Jangan lupa lengkapi dengan penjelasan pake bahasa kita sendiri biar kita lebih paham.

 

Istirahat 10 Menit Setelah Membaca 20 Menit

Otak kita pasti ada lelahnya kalau diforsir terus. Jadi kasih jeda dulu buat otak memroses yang udah dibaca tadi, sekaligus refresh biar nanti pas baca lagi, otak udah nggak kelelahan dan lebih mudah memorize hal baru.

 

Presentasiin Hasilnya 

Sama siapa? Nggak perlu sama orang lain kok, cukup berdiri di depan kaca buat praktekkin apa yang udah kita pelajarin tadi. Pura-pura aja lagi presentasi ke orang, karena intinya mengulang lagi apa yang udah dihafalin dan bikin kita jadi lebih aware sama bagian-bagian tertentu yang mungkin kelewat karena akhirnya kita ulangin lagi.

 

Bawa Keluar Rumah

 

Belajar di tempat yang sama kadang emang bikin bosen. Kalau udah bosen, makin susah nih buat konsentrasi sama apa yang kita baca. Jangankan jadi hafal, paham aja belum tentu. Nah karena kata orang ngeliatin yang hijau dan segar bisa refresh our mind dan bantu kita konsentrasi, kenapa nggak bawa buku ke taman aja. Belajar di sana sambil nikmatin udara segar. Tapi beneran ya niatnya buat belajar, jangan malah mainan atau ketiduran hehe.

 

Selamat belajar!

 

 


Foto : Shutterstock 

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates