MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Life
MY LIFE

Bentuk Pelecehan Seksual Yang Dialami Oleh K-Idol

Berkembang pesatnya musik K-Pop tentu bikin idol group jadi sorotan dunia, mulai dari karyanya sampai penampilan para member-nya. Tapi sayang, nggak sedikit orang-orang yang memanfaatkan label ‘fans’ untuk melecehkan idolanya.

Nggak bisa dipungkiri kalau penampilan idol Korea bikin kita terpukau banget. Selain mereka ganteng dan cantik, totalitas mereka pas perform juga seakan jadi magnet tersendiri. Makanya, nggak sedikit orang yang akhirnya menobatkan diri jadi fans garis keras grup tertentu dengan berbagai alasan. Tapi ternyata fans nggak selamanya ngasih dampak positif ke idolanya. Karena ada banyak kasus pelecehan yang harus diterima para idol K-Pop yang dilakukan oleh orang-orang nggak bertanggung jawab, dengan dalih nge-fans.

Disclaimer, mohon diingat kalau perbuatan tercela satu fans bukan berarti semua fans K-pop seperti itu ya. Jangan menyalahkan seluruh fandom hanya karena kesalahan yang dilakukan satu orang fans.

 

 

LOVELYZ

Bentuk Pelecehan Seksual Yang Dialami Oleh K-Idol

Datang ke fansign dan bertatap muka langsung dengan idol adalah impian semua fans. Makanya banyak fans nge-manfaatin momen fansign buat nunjukkin apresiasi mereka ke idolnya, gitu juga sebaliknya para idol gunain waktu ini untuk lebih mengenal baik para fans. Tapi sayang, momen berharga ini jadi pengalaman buruk buat Lovely akibat ulah salah satu fans.

Di fansign buat merayakan rilis mini albumnya, Sanctuary, Lovelyz berdandan cantik dengan mengenakan gaun putih. Di akhir acara, Ketika mereka berpose tiba-tiba salah satu fans laki-laki meneriakkan kata vulgar dan meminta Yoo Jiae untuk mengangkat kakinya, beberapa kali. Sontak, Yoo Jiae yang kaget langsung nunjukkin rasa nggak nyamannya. Nggak cukup sampai situ, orang yang sama juga meminta Mijoo untuk menaikkan kakinya. Wajah Mijoo pun langsung berubah masam. Baik Jiae dan Mijoo langsung balik badan buat nutupin rasa kesalnya, dan juga supaya nggak bikin suasana jadi nggak enak untuk para fans lain. Sementara Yein, hanya bisa menunjuk kesal ke arah oknum tersebut tanpa bisa melakukan hal banyak, mengingat bila idol bertindak keras hal itu ditakuti akan menodai image mereka. Kejadian ini bisa dilihat di menit ke 17:35.

Rekaman fansign tersebut akhirnya viral di social media dan membuat fans Lovelyz murka. Kebanyakan mereka mempertanyakan kenapa panitia dan security yang ada di sana nggak melakukan tindakan apapun, bahkan oknum fans tersebut pun nggak dikeluarkan dari venue atau diblacklist.  

  

TZUYU TWICE

Bentuk Pelecehan Seksual Yang Dialami Oleh K-Idol

Di salah satu event yang mengundang TWICE sebagai bintang tamunya, salah seorang fans yang rumornya adalah panitia acara tersebut kedapatan kamera sedang bersiap-siap merekam Tzuyu yang sedang berjalan menuju backstage. Fans itu mengarahkan handphoneya ke arah tubuh bagian bawah Tzuyu dan bila dilihat dari screen-nya, ia jelas-jelas kelihatan sedang merekam video. Langsung aja fans TWICE marah banget dan menuntut pihak penyelenggara buat menyelidiki si anggota panitia itu.

Ketika isu ini makin panas hingga menarik perhatian netizen Korea, si pelaku membela diri dengan menulis di social medianya dengan bilang kalau semua ini adalah salah paham. Dan dia nggak ada niatan untuk merekam Tzuyu, apalagi melecehkannya. Ia beralasan kalau posisi angle bawah yang ia lakukan itu karena tangannya capek sehabis memotret banyak foto TWICE, terus dia mau ngambil foto Twuzu dari dekat karena kebetulan anggota TWICE itu lewat di depannya. Cowok ini melanjutkan kalau foto yang dia ambil itu full body shot, bukan foto bagian bawah.

Akan tetapi, banyak fans TWICE yang nggak percaya dengan penjelasannya karena berbanding terbalik dari video yang tersebar, ditambah gerakan tangan cowok tersebut terbilang ‘siaga’ buat ngerekam daripada beristirahat.

 

FANATICS

Bentuk Pelecehan Seksual Yang Dialami Oleh K-Idol

Belum lama ini girl group Fanatics melakukan siaran VLive buat menyapa para fans sekaligus ngumumin pemenang dari sebuah kontes yang mereka adakan. Siaran tersebut menjadi ricuh saat kamera yang digunakan buat merekam live mereka tiba-tiba berubah angle dan mengarah ke tubuh bagian bawah keempat member Fanatics. Karena saat itu mereka lagi pakai dress dan rok pendek, tentu aja angle tersebut bikin mereka nggak nyaman. Nggak lama, datang ‘pertolongan’ dari seseorang yang dikabarkan adalah member lain dari Fanatics, memberikan sweater buat menutupi bagian kaki mereka. Tapi ternyata, niat baik pemberi sweater ini nggak disambut baik oleh laki-laki di balik kamera, bahkan terdengar suara teriakan dan pukulan karena nggak terima kalau si perempuan tadi memberi penutup untuk kaki member yang sedang siaran.

Bentuk Pelecehan Seksual Yang Dialami Oleh K-Idol

Kabarnya, perekam siaran tersebut adalah CEO dari agensi  tersebut yang memang sengaja mengarahkan kamera ke arah bagian bawah member Fanatics untuk dipertontonkan selama siaran. Dan hingga sekarang pun, belum ada permintaan maaf ataupun klarifikasi tentang masalah ini dari agensi tersebut ke publik.

 

SON SIMBA

Bentuk Pelecehan Seksual Yang Dialami Oleh K-Idol

Nggak cuma idol perempuan aja yang mengalami pelecehan seksual oleh fansnya. Ternyata idol laki-laki juga nggak bisa lepas dari imajinasi liar orang-orang yang memujanya. Rapper hip-hop Korea, Son Simba, pernah terkaget-kaget waktu menemukan sebuah cerita yang ditulis oleh seorang penggemar tentang dirinya. Bukan terkejut karena senang, tapi karena dirinya merasa dilecehkan akibat kata-kata yang ada di dalamnya begitu eksplisit dan deskripsi yang sangat berbau seksual menyangkut dirinya.

Akhirnya di tanggal 11 Januari 2021 lalu, muncul sebuah petisi di website petisi Blue house yang isinya menuntut hukuman buat mereka yang membuat atau mendistribusikan fanfic atau cerita fiksi seperti ini, dan lebih dari 216.000 orang udah menandatangani petisi tersebut sebagai bentuk dukungan untuk menghilangkan pelecehan seksual kepada idol.

 

IDOLS AIRPORT GRAB

Bentuk Pelecehan Seksual Yang Dialami Oleh K-Idol

Bentuk Pelecehan Seksual Yang Dialami Oleh K-Idol

Airport bisa dibilang love and hate-nya para K-idol. Gimana nggak, di airport ketika pengamanannya bisa jadi kurang ketat, fans bisa dengan mudah menyentuh idol favoritnya. Dan sedihnya, para idol ini cuma bisa ‘pasrah’ tubuhnya dipegang-pegang tanpa bisa bertindak banyak.

Seperti yang terjadi pada Peniel dan Sungjae BTOB, BTS, IKON, ENHYPEN, Taeyeon, TWICE, dan masih banyak lagi. And yes, kalau belum tahu, tindakan agresif ini sudah termasuk pelecehan seksual karena menyentuh tubuh seseorang tanpa consent dari si pemilik tubuh.

 

GIMANA SEHARUSNYA KITA SEBAGAI FANS?

Kita nggak bisa melakukan hal banyak bila pelecehan seksual terhadap idol dilakukan oleh oknum selain fans, selain menuntut agency untuk lebih tegas menindak pelaku. Tapi bila kita ada di posisi sebagai fans, yang bisa kita lakukan adalah berusaha menahan diri untuk nggak melakukan hal yang nggak sepantasnya terhadap celeb yang kita idolakan.

Ngefans sama idola itu wajar banget, tapi bukan berarti hal tersebut jadi suatu pembenaran untuk melakukan hal semena-mena. Apalagi bila konteksnya sudah mengarah ke pelecehan seksual dan bikin idola kita jadi nggak nyaman. Mengagumi fisik idola kita juga bukan hal yang aneh kok, hanya aja stop menjadikannya objek seksual dan ngerasa kalau itu hal yang normal buat dilakukan. Nope, it’s not normal.

Masih inget kan gimana tren TikTok siluet challenge yang menjadikan K-pop idol sebagai objek seksual oleh sebagian orang yang mengaku-aku sebagai fans?

Saat kita mau mengungkapkan kekaguman kita ke idola, coba cek berkali-kali apakah konten atau komentar yang kita buat benar-benar untuk mengagumi secara positif atau malah menjurus kearah pelecehan hanya demi merealisasikan imajinasi liar kita karena ngefans? Karena apapun yang kita lakukan, efeknya akan menyeluruh. Ke diri kita, ke idol, bahkan ke orang sekitar. Musti diingat lho, langsung ataupun tidak langsung (secara online), NGGAK ADA SATU PUN idol yang mau dilecehkan dalam bentuk apapun.

Keinginan mereka hanya dua: karya mereka bisa diapresiasi oleh semua fans dan direspek sebagai manusia seutuhnya. So, tunjukkin kalau kita sebagai fans itu lebih baik daripada semua hal negatif yang selalu orang-orang stigma-in selama ini.


Foto: Koreaboo, KpopAsiaChan, Allkpop

Prev
Next

Bagikan artikel ke :

Get Updates