MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Life
MY LIFE

Bahayanya Love Bombing

bahayanya-love-bombing-1

Love bombing bisa dibilang salah satu hal yang paling menakutkan dalam suatu hubungan. Bukan cuma teramat sangat manipulatif, tapi juga sangat susah dideteksi dan tanpa sadar kita udah terjebak di dalamnya.

 

Pada awal hubungan, semua kayak keliatan sempurna. Kita dibombardir atau dibanjiri dengan kata-kata romantis setinggi langit, berpikir kita udah nemuin seseorang yang bisa menghargai dan mencintai kita seutuhnya. Namun lambat laun, hubungan kita berubah jadi sesuatu hal yang gak pernah kita sangka sebelumnya.

 

Serem banget ya...

 

Karena love bombing ini sulit dideteksi, Happifyourworld ngasih kamu guide supaya lebih paham apa itu love bombing supaya kamu gak terjebak oleh pelaku love bombing.

 

bahayanya-love-bombing-2

APA SIH ITU LOVE BOMBING?

Seperti namanya, love bombing adalah taktik manipulasi yang berbentuk sikap romantis berlebihan, yang bikin kita gak bisa menolak dan selalu merasa “berhutang” atau bergantung sama si pelaku secara emosional, fisik, ataupun finansial.

Dilansir dari Cosmopolitan, kata Lori Nixon Bethea, PhD, pemilik Intentional Hearts Counseling Servis, “pelaku love bombing berusaha untuk mendapatkan kasih sayang dan perhatian dari seseorang yang udah jadi targetnya, dengan cara menunjukkan citra ideal diri mereka sendiri.” Tujuannya? Ya apalagi kalau bukan buat ningkatin ego dengan mendapatkan kekuasaan atas seseorang yang mereka kejar.

Pelaku love bombing sering dikaitkan dengan gejala gangguan kepribadian narsistik dan abusif. Menurut Jessica January Behr, PsyD, direktur dari Behr Psychology, “meskipun para pelaku love bombing sering melakukannya secara gak sadar, tapi mereka mungkin tahu apa efek perilaku mereka terhadap orang lain.”

Ketika mereka merasa udah mendapatkan targetnya dan hubungannya aman, pelaku love bombing akan berubah jadi seseorang yang abusif. Yang semula menghargai pasangannya, bisa beralih jadi orang yang akan merendahkan mereka.

 

Bikin kita yang semula ngerasa dicintai, jadi ngerasa gak ada harganya lagi.

 

bahayanya-love-bombing-pexels-tan-danh

TANDA-TANDA KITA TERJEBAK DI LOVE BOMBING

Berhubungan dengan pelaku love bombing dari luar akan terlihat sama aja kayak hubungan pada umumnya. Tapi menurut dari yang udah ngalamin nih, biasanya mereka bakal ngasih hadiah-hadiah yang wow banget, selalu muji setinggi langit, merayu romantis, nge-chat perhatian yang kadang harus langsung dibalas.

Secara spesifik, pelaku love bombing biasanya bakal bilang begini:

Kalau ngasih hadiah terus-terusan tanpa diminta: “Aku kan mau manjain kamu, karena kamu layak buat ngedapetin itu semua.”

Kalau kita ngerasa bersalah setelah bilang kita risih sama perilaku dia: “Itu kan karena aku cinta dan perhatian sama kamu, dan ingin terus bersama sama kamu selamanya.”

Kalau dia selalu mengecek keberadaan kita, posesif mau tau kita lagi di mana dan sama siapa, dsb: “Aku kan begitu karena aku khawatir sama kamu. Wajar dong, kan kamu pacar aku.”

Kalau dia sudah meminta dan berlaku lebih jauh: “Kita tuh berjodoh dan ditakdirkan untuk satu sama lain.”

“Aku dan kamu, kita akan terus bersama selamanya kan?”

 

KENAPA LOVE BOMBING BERBAHAYA?

Soalnya udah main-main dengan perasaan dan bisa berpengaruh ke kesehatan mental seseorang. Makanya love bombing juga bisa disebut kekerasan emosional.

Ketika kita diberi perhatian yang sifatnya berlebihan dan terus-menerus, tanpa sadar kita akan merasa ‘berhutang’ untuk memberinya perhatian yang sama dengan apa yang kita dapatkan. Kita ngerasa wajib untuk ngasih pelaku love bombing perhatian, dedikasi, dan ‘loyalitas’ yang sama.

Sebegitu manipulatifnya sehingga kita sulit membedakan antara perasaan seseorang yang tulus dan seseorang yang sedang melakukan love bombing.

 

YANG HARUS DILAKUKAN KETIKA TERJEBAK DALAM LOVE BOMBING

Love bombing termasuk perilaku manipulasi psikologis. Mereka punya kecendrungan mengontrol pasangan dengan menggunakan rasa insecure pasangannya.

Jika kita menyadari bahwa kita terjebak dalam hubungan love bombing, maka yang perlu kita lakukan adalah step back untuk melihat secara objektif. Kalau perilaku love bombingnya masih dalam tahap wajar, kita bisa berbicara dengan dia dan bilang “sepertinya ada hal yang menurut gue kelewat batas deh, bisa kita obrolin gak?”

Tapi, bila dia gak bisa diajak untuk komunikasi, cobalah berbicara ke teman, orang yang kita percaya, atau bahkan minta bantuan ahli untuk membantu bagaimana kita bisa keluar dari hubungan ini.

 

bahayanya-love-bombing-pexels-cottonbro

Yang paling penting, dan supaya kita gak mudah termakan rayuan dan perhatian manis pelaku love bombing, berusalah untuk tetap objektif dan mengendalikan diri kita sendiri. Selain itu, jangan lupa tetap cintai diri kamu terlebih dulu, karena kamu terlalu berharga untuk dilukai.

 


Foto: Shutterstock. Photo by Tan Danh from Pexels, Photo by cottonbro from Pexels

 

Prev
Next

Bagikan artikel ke :