MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Life
MY LIFE

7 Hal yang Diajarkan Drama Hospital Playlist

7-hal-yang-diajarkan-drama-hospital-playlist

Gak mudah untuk membuat sebuah drama yang menghibur tapi juga sekaligus punya makna yang mendalam. Hospital Playlist adalah salah satu drama yang berhasil memberikan kedua hal ini, makanya gak heran jadi drama paling populer di tahun 2020.

Berbeda dari drama Korea lainnya, Hospital Playlist gak cuma membahas tentang percintaan, tapi juga persahabatan, keluarga, dan nilai-nilai kehidupan yang erat dengan kehidupan sehari-hari melalui cerita para dokter dan tenaga medis yang bekerja di sebuah rumah sakit.

 

Kira-kira ada 7 hal pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari drama Hospital Playlist, yaitu:

 

7-hal-yang-diajarkan-drama-hospital-playlist

BEKERJA DENGAN SEPENUH HATI

Lima dokter yang sudah bersahabat sejak zaman kuliah ini, bisa dibilang sangat dedicated dan selalu bekerja dengan sepenuh hati. Mereka gak pernah pikir dua kali ketika harus kembali ke rumah sakit ketika ada panggilan darurat, biarpun lagi liburan. Karena mereka sadar akan tanggung jawabnya sebagai dokter, makanya mereka selalu ngasih yang terbaik buat para pasiennya dan akan berusaha semampunya sampai dengan opsi terakhir yang bisa mereka lakukan.

Hal ini nunjukkin kalau apapun tanggung jawab yang udah diembankan ke kita, maka kerjakanlah dengan sebaik mungkin. Know our priority dan jangan mudah menyerah.

 

7-hal-yang-diajarkan-drama-hospital-playlist

WORK HARD, PLAY HARD

Di tengah padatnya jadwal mereka berlima di divisi yang berbeda-beda, tapi kelima dokter di “Geng 99” ini memastikan mereka punya waktu untuk di luar pekerjaan. Misalnya latihan band bareng, ketemu keluarga, makan malam bareng, atau camping sendirian. Inilah cara mereka buat menghilangkan stres sehari-hari.

Yup, dedikasi dengan pekerjaan itu penting, apalagi ketika pekerjaan kita berhubungan dengan nyawa. Tapi pastikan luangin waktu untuk diri sendiri atau untuk bersama orang yang kita sayang.

 

7-hal-yang-diajarkan-drama-hospital-playlist

SAHABAT YANG AKAN TERUS ADA DI SAMPING SELAMANYA

Semakin kita dewasa, gak jarang pertemanan pun lingkupnya akan semakin sempit bahkan hilang. Tapi nggak dengan kelima sahabat ini. Walaupun mereka ada di divisi yang berbeda, tapi mereka saling bantu tanpa pamrih dan gak pernah mikir panjang untuk membantu ketika ada salah seorang yang kesusahan.

Dari persahabatan mereka, kita belajar ketika sudah menemukan sahabat yang klop, pertahankan. Karena sahabat sejati gak akan fake di depanmu. Mereka akan senang dengan pencapaianmu dan akan marah kalau kita melakukan kesalahan.

 

7-hal-yang-diajarkan-drama-hospital-playlist

SAHABAT PUN PUNYA PRIVASI

Ada adegan ketika Song Hwa menutupi penyakit yang dideritanya & baru ngasih tahu ketika dirinya sudah siap. Lalu ada Jeong Won yang baru cerita kalau dia sebenarnya memakai uangnya untuk menolong orang lain sebagai ‘daddy long legs’, kemudian cerita Seok Hyung tentang masalah keluarganya, juga Jun Hwan yang diam-diam berpacaran dengan adik Ik Ikjun.

Walaupun sudah bersahabat sangat lama, tapi kita pasti ada satu dua hal yang ditutupi. Bukan karena berbohong, tapi karena belum siap untuk dibagi ataupun alasan lainnya. Kelima sahabat ini sangat menghargai hal tersebut sehingga gak memaksa dan ngeyakinin mereka akan setia nunggu sampai si sahabat siap untuk bercerita. Kalau perlu milih nge-support dari belakang. Contohnya Ik Jun yang sebenarnya tahu tentang Jun Hwan dan adiknya yang lagi bermasalah, memilih untuk bantu diam-diam supaya mereka bisa berbicara.

Jalinan persahabatan yang saling toleransi kayak gini ngejamin persahabatan kalian bakal awet.  

 

7-hal-yang-diajarkan-drama-hospital-playlist

JANGAN MENILAI DARI PENAMPILAN LUARNYA

Dokter Jun Hwan (Jung Kyung Ho), bisa dibilang orang yang sangat blak-blakan. Mukanya yang jutek, cuek, dan nyebelin bikin orang yang baru kenal nganggap dia orang yang berhati dingin karena dia selalu jujur dan gak pernah sugar coating dengan diagnosis. Namun di balik itu, Jun Hwan adalah orang yang akan datang ke pemakaman pasien, meminta maaf ke wali pasien ketika gak mampu menyelamatkan nyawanya, dan yang pertama akan minta maaf ke keluarga pasien bila bawahannya melakukan kesalahan. Gak heran bila direktur rumah sakit pun menilai dia cocok dijadikan sebagai leader.

 

7-hal-yang-diajarkan-drama-hospital-playlist

PISAHKAN URUSAN PRIBADI DAN PEKERJAAN

Kerja dengan sahabat sendiri pastinya gak lepas dari drama gak enakan. Tapi kelima sahabat ini gak pernah mencampur adukkan hubungan persahabatan mereka di pekerjaan. Song Hwa, Ik Jun, Jun Hwan, Seok Hyung, gak pernah memanfaatkan status Jeong Won sebagai pemilik rumah sakit untuk kepentingan pribadi.

Sikap profesional mereka bisa dijadiin panutan nih buat kamu yang sulit memisahkan masalah pribadi dengan pekerjaan. Takut sahabat yang juga rekan kerja kamu bete, atau gak enak ngomong masalah kerjaan bisa bikin performa kerja jadi ikut berantakan. So, memisahkan urusan pribadi dan pekerjaan bisa bikin hidup kamu tenang.

 

7-hal-yang-diajarkan-drama-hospital-playlist

BIKIN KESALAHAN ITU WAJAR SELAMA TETAP TERUS BELAJAR KARENA KITA SEMUA MANUSIA YANG GAK LUPUT DARI KESALAHAN

Se-sempurnanya kelima dokter berstatus profesor ini, tetap aja mereka pernah dan bisa membuat kesalahan ketika bertugas. Di salah satu episode, mereka berlima ngebocorin hal ‘bodoh’ apa aja yang mereka lakukan saat magang dan ini ngebuktiin kalau se-jago apapun orang, pasti pernah melakukan kesalahan.  

 

7-hal-yang-diajarkan-drama-hospital-playlist

APRESIASI TIAP PROFESI DAN PEKERJAAN TANPA TERKECUALI

Episode 9 season 2 jadi salah satu episode yang paling diapresiasi karena di episode ini bercerita tentang tenaga kesehatan yang bekerja di ‘balik layar’. Dari para dokter di IGD, perawat NICU, dan suster jaga. Contohnya para dokter dan tenaga kesehatan di IGD yang harus berusaha menyelamatkan pasian darurat lewat tindakan pertolongan pertama kali.

Jeong Won dan Jun Hwan di episode ini pun menekankan kalau tiap pekerjaan yang ada di rumah sakit sama berjasanya dengan dokter utama dan layak untuk diapresiasi.

Jadi, kamu gak perlu berkecil hati dengan pekerjaan kamu yang mungkin gak dinotice orang lain. Seperti kata dokter IGD, Kwang Hyun, “... gak masalah siapa yang bakal dapat credit-nya, selama kita bisa ngasih perawatan (emergency) yang terbaik dan menyelamatkan pasien, itu udah lebih dari cukup. Karena kita gak menolong pasien untuk mengharapkan sesuatu dari mereka.”

 

7-hal-yang-diajarkan-drama-hospital-playlist

PERCAYA DENGAN APA YANG KAMU YAKINI

Karena personalitynya yang tajam, ditambah skill-nya yang mumpuni, Song Hwa disegani oleh bawahannya. Ketika Sun Bin ngerasa bersalah karena nge-labrak seniornya demi menyelamatkan pasien, Song Hwa justru menyemangatinya karena apa yang dilakukan Sun Bin itu benar. “Fight fiercly. That’s how you save patient.”

 

7-hal-yang-diajarkan-drama-hospital-playlist


Foto: Hospital Playlist Official Instagram, Hancinema, Dramabeans

Prev
Next

Bagikan artikel ke :