Login

Email
Password


Mylife

7 CARA TIPE INTROVERT DAN EKSTROVERT BERKOMUNIKASI

05 Mei 2018

Pernah nggak ngerasa teman ngajak kita ngobrol terus-terusan, rame, sementara kita pinginnya suasana tenang? Bisa jadi teman kamu adalah tipe ekstrovert, sementara kita tipe introvert. Nggak jarang karena kita nggak tahu cara kedua tipe ini berkomunikasi akhirnya bikin kita salah paham maksud mereka sebenarnya, bahkan nggak jarang juga kita jadi berpikir “kok bisa sih dia begitu?” Nah supaya nggak terjadi miskom, yuk pelajari lebih lanjut cara tipe introvert dan ekstrovert berkomunikasi di bawah ini.

 

VERBAL VS CEREBRAL

Orang bertipe ekstrovert memproses sesuatu dengan berbicara (verbal) keras, entah buat dirinya sendiri ataupun supaya terdengar sama orang lain. Misalnya nih kalo dia nge-chat atau diskusi dia lebih milih langsung berbicara dengan keras. Sementara tipe introvert lebih suka melakukannya secara tenang, ngomong dalam hati atau memilih menulis apa yang mau dia lakukan (cerebral).

Menurut The Introvert Advantage oleh Marti Olsen Laney, tipe introvert butuh waktu untuk memproses stimulus yang datang ke otaknya. Informasi yang mereka terima akan langsung berhubungan dengan ingatan jangka panjang dan planning. Dengan kata lain, kerja otak introvert akan bekerja lebih rumit-kompleks ketika mereka memproses suatu interaksi atau kejadian dibanding tipe ekstrovert.

Sementara, menurut artikel Science Alert, tipe ekstrovert me-respond lebih kuat terhadap rewards dibandingkan tipe introvert. Makanya kalo ada lawan bicaranya yang menjawab si ekstrovert, mereka akan merasa itu adalah suatu rewards tersendiri.

  

KALAU BERBICARA DI TELEPON

Umumnya tipe introvert nggak suka dengan kejutan, dan ini termasuk hal se-simple nelpon (thanks God there’s chat!). Buat tipe introvert, nggak ada tuh yang namanya nelpon temen cuma karena pingin ‘say hello’ aja. Bahkan nge-denger bunyi telpon berdering aja itu udah nge-ganggu banget karena mau nggak mau mereka harus ubah fokus dari apa yang sedang mereka lakuin saat itu, menurut penjelasan Sophia Dembling di Psychology Today. Alasan lainnya, tipe introvert kebanyakan seseorang yang visual, ngomong di telpon sementara nggak ada wujudnya udah pasti bikin mereka jadi susah fokus. And the worst thing, tipe introvert itu paling anti sama small talk, jadi kalo ada yang pdkt cuma pingin “ngobrol ngalor ngidul” dijamin tipe introvert bakal langsung berusaha mengakhiri pembicaraan.

Ini berbeda sama tipe ekstrovert yang menganggap nelpon tiba-tiba itu exciting atau cara paling efektif buat dapetin informasi secara cepat. Tipe ekstrovert punya banyak segudang topik di otaknya buat diobrolin makanya dia nggak pernah kehabisan bahan obrolan. Hanya aja kalo teman kita adalah tipe introvert, better kirim chat ke dia dulu apakah dia bisa ngobrol atau nggak.

 

BERBICARA SECARA GENERAL

Berkaitan dengan di atas, tipe ekstrovert bisa semangat hanya dengan ‘small talk’ atau ngobrolin hal apapun. Berbanding terbalik dengan tipe introvert, ‘small talk’ buat tipe introvert adalah penyiksaan batin dan bikin mereka capek. Kasarnya adalah “siapa yang peduli sama gosip celeb pacaran sama siapa, nggak ada pengaruhnya sama hidup gue ini...”

Lecia Bushak di Medical Daily bilang orang tipe introvert lebih memilih untuk ngobrol topik berat kayak filosofi atau ide-ide dibandingkan gosip. Karena tipe introvert cenderung langsung bosan sama tipe obrolan basa-basi. Bukan berarti tipe ekstrovert nggak bisa ngobrolin hal berat, tentu aja mereka bisa, hanya terkadang tipe ekstrovert suka menambahkan hal-hal ringan supaya lebih seru.

 

PUBLIC SPEAKING

Walaupun tipe introvert punya stereotype pemalu atau timid, nyatanya tipe introvert adalah seorang public speaking dan performer yang nggak kalah bagus dari tipe ekstrovert. Bedanya adalah ketika mereka habis melakukan suatu public speaking atau performing. Tipe introvert bakal lebih prepare dibanding tipe ekstrovert. Setiap habis event mereka akan ambil waktu untuk sendiri, entah itu me time baca buku atau tidur buat re-charging. Sementara tipe ekstrovert akan jadi lebih bersemangat setelah event makanya selalu ada ‘after party’ buat mereka, tapi ada kalanya hal ini malah jadi berlebihan sehingga mereka cenderung kecapean sendiri.   

 

DI SEKOLAH

Kalo belajar kelompok, introvert lebih memilih untuk menyelesaikan sendiri baru berdiskusi. Kebanyakan tipe introvert bukan suatu team leader tapi mereka adalah pendengar dan penengah yang baik. Kalo pun mereka jadi ketua, tipe introvert lebih milih orang-orang yang udah mandiri dan tau apa yang mereka bisa lakukan dibanding orang yang harus dimanage secara personal. Berbanding terbalik dengan tipe ekstrovert yang suka berkolaborasi dan nyampain hal secara gamblang, tapi kadang tipe ini bisa mendominasi kelompok. Makanya paling ideal punya tipe introvert dan ekstrovert di dalam satu kelompok, karena keduanya punya kelebihan dan kekurangan yang bikin kelompok kita jadi seimbang.

 

SUARA KERAS VS SUNYI

Tipe introvert lebih suka kesunyian (sepi, nggak ada suara apa-apa) dibanding suara bising seperti layaknya suara mobil atau suara orang ngobrol, seperti yang disukain sama tipe ekstrovert. Tipe ekstrovert bakal langsung stress kalo suasana sekitar dia sepi dan hening, tapi justru suasana kayak gini bikin tipe introvert lebih ‘hidup’. Makanya tipe introvert suka bangun tengah malam buat menikmati suasana tenang.

 

KALO LAGI SHOPPING

Tipe ekstrovert suka ngobrol sama mbak-mbak penjaga konter. Mereka suka nanya berbagai hal yang mungkin aja mereka udah tahu, kayak harga, benefit, ada diskon/promo atau nggak, sampe kalo perlu ngajak ngobrol udah berapa lama si mbaknya kerja yang bisa aja berujung jadi curcol. Tapi nggak dengan tipe introvert. Mereka bukanlah tipe orang yang suka belanja, dan mereka cenderung bakal menghindar kalo dihampirin sama mbak-mbak penjaga konter. Bukan karena jutek atau apa, tapi tipe introvert biasanya udah mencari dengan seksama apa yang mereka butuhkan sebelumnya, jadi mereka udah tahu pasti apa yang mereka mau beli. Mereka juga bukan impulsif buyer dibandingkan tipe ekstrovert, jadi fokus mereka nggak akan kemana-mana kalo beli sesuatu.

 

So, kalo udah tahu gimana cara tipe introvert dan ekstrovert berkomunikasi pastinya nggak akan miskom lagi kan.


Foto: Shutterstock  

Related Articles

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

6 TIPS NYEMBUHIN PATAH HATI

25 Maret 2018

Patah hati karena baru diputusin? Baca 6 tips ini biar sembuh!

NONTON STREAMING YUK!

06 April 2016

Tapi, hati-hati nggak bisa berhenti, hehehe!

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.