Login

or


Email
Password

Mylife

5 PERSEPSI SALAH TENTANG INTROVERT

Sebagai seorang introvert, pasti udah khatam banget deh dengan stigma-stigma negative yang melekat di dirinya. Dari dibilang kuper, nggak ramah, jutek, sampe dibilang aneh. Di tengah masyarakat, terutama di Indonesia, yang terkenal dengan keramah tamahannya (alias basa basi) jadi seorang introvert itu suka bikin dilema sendiri. Bikin orang menganggap introvert itu sulit sukses karena nggak bisa bersosialisasi. Padahal, hampir lebih dari 50% orang terkenal dan sukses adalah introvert, misalnya Emma Watson, Meryl Streep, Michael Jordan,  Warren Buffet, dan Elon Musk. See, mau bukti apalagi?

 

Well, walaupun udah terbukti tapi sampe sekarang masih aja ada orang yang salah persepsi tentang introvert (bahkan mungkin termasuk kita sendiri!). Padahal menurut Carl Jung, setiap orang punya sisi introvert dan sisi ekstrovert dengan satu sisi lebih dominan dari yang lain. Mereka yang ada di sisi ekstrovert ngedapetin energinya dari interaksi social, sementara sisi introvert energinya bisa habis bila terlalu banyak interaksi social dan butuh waktu sendirian untuk ngumpulin lagi energinya. Bisa jadi di saat dia memilih untuk sendiri inilah muncul persepsi-persepsi yang salah tentang introvert.

 

Contohnya kelima persepsi ini:

 

INTROVERT ITU PEMALU DAN NGGAK BISA BERSOSIALISASI!

Hey, jangan salah. Jangan campur adukkan introvert dengan kemampuan bersosialisasi. Mungkin ada beberapa introvert yang pemalu, tapi kalo introvert sebenarnya punya caranya sendiri untuk bersosialisasi. Dia akan menganalisa orang yang diajak atau yang mengajaknya bicara, beda dengan pemalu yang emang grogi dan awkward bila bersosialisasi. Namun jangan mengharapkan introvert akan terus-terusan bersosialisasi, ada satu saat dia pasti “mojok” sendirian di sebuah pesta. Berada di lingkungan yang berisik dan rame orang bikin energi introvert terkuras, sehingga dia butuh waktu untuk mengisi energinya dengan suasana tenang dan jauh dari orang-orang.

Orang-orang introvert yang disangka pemalu dan nggak bisa bersosialisasi ini bisa aja jadi super pede dan tajam ketika harus presentasi atau adu debat. Sebaliknya, orang yang talkative bisa aja tiba-tiba jadi pendiam ketika harus ngomong di depan publik.

 

INTROVERT ITU PENYENDIRI DAN NGGAK PEDULI SAMA SEKITAR

Ini juga stigma yang salah. Hanya karena introvert bisa mengurung diri untuk me time berjam-jam dan santai aja buat jalan sendirian, bukan berarti dia penyendiri apalagi dibilang nggak peduli sama sekitar. Kebanyakan introvert malah selalu gerak duluan dengan berbagai aktivitas, terutama dengan kegiatan yang berhubungan sama kemanusiaan. Hanya aja emang introvert lebih suka berada di belakang layar dibanding di depan layar. Makanya bisa dibilang kebanyakan introvert less-drama karena dia emang ogah berurusan dengan hal yang nggak penting.

 

INTROVERT ITU PENDIAM DAN NGGAK BANYAK BICARA

Orang introvert terkesan irit ngomong, alasannya ada dua yaitu mereka memikirkan dulu apa yang mau mereka ngomongin dan mereka lebih suka jadi pendengar. Ciri yang paling keliatan dari orang introvert adalah ketika kamu ngumpul rame-rame dan semua berebutan ngomong, dia pasti yang hanya diam ngeliatin. Selain itu, orang introvert nggak suka berbicara tentang sehari-hari yang sering muncul di obrolan ringan. Tapi kalo ada yang mulai percakapan serius atau butuh riset mendalam, yakin deh pasti si introvert bakal ngomong panjang lebar dan kamu bakal kaget sama apa yang dia ketahui. Hati-hati, orang introvert juga jago argumentasi, apalagi kalo punya data faktual.  Selain berbicara, orang introvert juga lebih suka ngungkapin apa yang dia pikirkan lewat tulisan.

 

INTROVERT ITU KUPER DAN NGGAK TAHU UPDATE

Kuper atau kurang pergaulan selalu lekat sama image introvert yang berakhir dengan mereka pasti nggak tahu update apa yang terjadi. Biarpun introvert nggak doyan hangout tapi bukan berarti hidup mereka flat gitu aja. Apalagi dengan teknologi jaman sekarang, informasi mudah didapetin biarpun kamu stay di kamar, terutama kalo kamu seorang introvert yang rasa penasarannya udah kayak FBI.

Dan orang introvert sebenarnya mudah bergaul, termasuk dengan orang asing yang baru pertama kali ketemu. Tapi dia super selektif. Buat mereka punya 2-3 orang teman lebih sangat berarti dibanding punya banyak teman, kualitas lebih penting daripada kuantitas.

 

INTROVERT ITU ORANGNYA TERTUTUP

Kalo kamu tipe orang yang mudah terbuka dan suka sharing kehidupan pribadi, pasti melihat introvert yang lebih berhati-hati ngebuka diri ini sebagai orang yang tertutup. Sebenarnya introvert bukan tertutup tapi mereka punya cara yang berbeda dan pilihannya sendiri untuk curhat. Kebanyakan introvert lebih suka cari solusi sendiri dulu sebelum mutusin untuk curhat minta bantuan orang lain. Dan inipun hanya kepada orang-orang “terpilih” dan mereka percaya sajalah mereka mau membuka diri. Contohnya gini, kalo kamu punya teman yang udah kenal lama, sering jalan bareng, tapi sampe sekarang nggak tahu gimana kehidupan pribadi dia (tentang keluarga dan lainnya). Well, it saves to say kamu belum sepenuhnya mendapat kepercayaan dia.

 

Kesimpulan:


Foto: Shutterstock   

Related Articles

Cara mengatasi writer block

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

PROJECT BARENG SAUDARA

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.