Login

or


Email
Password

Mylife

5 HAL YANG CUMA DIRASAKAN OLEH MAK COMBLANG

Niat mak comblang sebenarnya cuma satu: menjodohkan dua orang supaya bisa jadian! Tapi uniknya, dalam proses menyatukan dua orang ini ada hal-hal yang cuma bisa dirasain sama kita sebagai si mak comblang, terutama kelima hal ini! Yuk para mak comblang kumpul di sini!

 

"Hmm.. Ternyata pas nyari tahu lebih jauh tuh cowok oke juga, apa buat gue aja ya?"

RENTAN BAPER

Tadinya sih mau nyomblangin teman dengan cowok sekelas kita, tapi kok selama perjalanan ngenalin malah tumbuh perasaan yang lain? Yes, ini jadi salah satu kendala yang cuma dirasakan sama mak comblang. Karena kita jadi ‘agen’ penyambung mereka, nggak jarang interaksi komunikasi kita malah jadi lebih tinggi dan memungkinkan banget bikin kita (atau si cowok) timbul perasaan suka. Apalagi kalau kita jadi satu-satunya teman yang dicurhatin, di-chat tiap hari, dimintain pendapat, diajak buat ngasih surprise, kalo nggak kuat-kuat niat sih pasti udah pengen ‘nikung’ aja deh. Hihi!

Biar nggak kebawa perasaan, pastikan kalau niat kita kuat untuk menjodohkan teman. Kalau udah mulai ada tanda-tanda kita atau si cowok jadi timbul perasaan suka, kurangi intensitas komunikasi untuk ngasih batasan ke diri sendiri (dan dia) kalau kita ya memang hanya mak comblang saja.

 

HABIS WAKTU BUAT URUSAN ORANG LAIN

Sebagai pihak yang berusaha nyomblangin, pastinya waktu kita bakal tercurah untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin biar misi kita berhasil. Mulai dari kepoin media sosial teman dan calon gebetannya, ditelponin terus untuk dicurhatin, sampai mikirin cara apa yang tepat supaya pasangan ini beneran jadian. Tanpa kita sadarin, waktu kita jadi tersita untuk urusan yang sebenarnya jauh dari kepentingan kita. Bahkan, kita jadi suka lupa apa prioritas yang harusnya dilakukan.

Jadi mak comblang sebenarnya nggak jelek kok, hanya aja jangan sampai kepentingan kita jadi kalah saing sama urusan sahabat yang ngebet banget mau jadian. Atur waktu kapan kita harus campur dan kapan waktu sahabat kita harus taking action sendiri. Happy sih kalau melihat misi kita berhasil, tapi kalau sampai nggak punya waktu buat urusan diri sendiri kan juga nggak bagus.

 

"Doh dia lagi, dia lagi... Jadi sebenarnya mau kalian kayak gimana sih????"

GEREGETAN DAN BOSEN

Apalagi kalau teman yang dijodohkan selalu kebingungan dalam menentukan langkah, dan nggak ada tanda-tanda serius buat melakukan pendekatan. Walaupun udah dengan sabar ngasih informasi dan petuah supaya sahabat bisa jadian sama gebetanya, kadang suka sebel dan gemes kalau mendengar nggak ada pergerakan yang nunjukkin adanya kedekatan dari target yang dijodohkan. Ujung-ujungnya, bosen banget saat mendengar pertanyaan ‘harus gimana sih?’ saat dicurhatin sahabat.  Haduuhh!

Namanya juga mak comblang, tugas kita adalah jadi pihak ketiga yang menjadi perantara mereka. Geregetan dan gemes saat mereka nggak ada progres sebenarnya nggak apa-apa sih, tapi jangan sampai terkesan memaksakan kalau mereka harus jadian. Siapa tau sebenarnya salah satu pihak ada yang ngerasa nggak sreg. Ingat, if they really want it, they will make effor for it.

 

"Misi mak comblang berhasil!"

PALING BAHAGIA SAAT MISI NYOMBLANGIN BERHASIL

Walaupun kelihatannya sepele, menyatukan dua orang sampai jadian itu bukan perkara gampang lho! Karena pasti si mak comblang inilah yang mengeluarkan usaha paling kuat untuk bikin keduanya dekat hingga jadian. Makanya, begitu ada pasangan yang berhasil disatukan, kita sebagai mak comblang pasti ngerasa bangga banget. Selain pingin ngeliat pasangan yang dicomblangin selalu barengan, pastinya orang-orang bakal mencap kita sebagai ahli dan pintar dalam menjodohkan orang.

Tapi jangan asal menjodohkan demi predikat ‘mak comblang sukses’ ya! Pastikan kita nggak memaksakan perasaan orang lain untuk dijodoh-jodohkan, karena belum tentu salah satu pihak beneran tertarik untuk dicarikan pacar.

 

TAPI KALAU GAGAL, SIAP-SIAP JADI PIHAK YANG DISALAHKAN

Nah, lain halnya kalau ternyata comblangan kita gagal nih! Sahabat yang udah berapi-api buat dekat sama gebetannya pasti ngerasa sedih dan memungkinkan kita untuk jadi sasaran buat disalahin, terutama dari cara-cara kita yang memberi saran buat pendekatan. Seakan-akan keputusan mereka untuk pacaran atau nggak, udah pasti ada di tangan kita. Padahal ya nggak gitu juga kan, apalagi untuk urusan perasaan yang nggak bisa dengan instan cocoknya.

Walaupun kesannya jadi harus tanggung jawab, tapi hubungan teman dan gebetan yang gagal bukan sepenuhnya kesalahan kamu kok. Nggak perlu ngerasa bersalah terlalu dalam, tapi jangan lupa juga buat evaluasi apa aja cara yang works dan yang nggak saat kita lagi berperan sebagai mak comblang.


Foto: Shutterstock

Related Articles

Cara mengatasi writer block

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

PROJECT BARENG SAUDARA

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.