MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Life
MY LIFE

5 Cara Buat Stop Menyalahkan Diri Sendiri

5 Cara Buat Stop Menyalahkan Diri Sendiri

Menyalahkan diri sendiri. Kita pasti pernah melakukan hal ini ketika kita melakukan kesalahan atau ketika kita nggak mendapatkan hal yang sesuai harapan. Sadar sama kesalahan itu bagus, menyalahkan diri sendiri itu wajar, tapi kalau dilakukan terus-menerus sampai gak bisa melanjuti hidup, wah itu sih udah bahaya.

 

Menurut Psychology Today, self-blame atau menyalahkan diri sendiri adalah bentuk perlakuan paling kejam terhadap emosi kita sendiri. Akibatnya, kondisi ini bikin kita malah lebih fokus sama kekurangan diri dibandingkan sama kelebihan yang kita punya. Padahal mungkin aja kekurangan yang kita “yakin” ada itu hanya berupa imajinasi yang kita ciptakan.

 

KENAPA SIH KITA CENDERUNG MENYALAHKAN DIRI SENDIRI?

5 Cara Buat Stop Menyalahkan Diri Sendiri

Sebagian orang punya ekspektasi dan integritas yang tinggi sama sesuatu hal. Kita jadi punya sifat lebih bertanggung jawab sehingga terkadang untuk menghindari konflik, kita akan menyalahkan diri kita sendiri.

Sikap ini sebenarnya gak bisa dibenarkan untuk menyelesaikan masalah. Kalau gak diatasi, menyalahkan diri sendiri bakal jadi kebiasaan dan bisa aja akan dimanfaatkan padahal kita gak terlibat dalam kejadian tersebut.

Menurut para ahli, ada beberapa kelompok yang cenderung terjebak dalam perasaan bersalah, yaitu:

·       Kelompok yang perfeksionis, atau seseorang yang obsesif yang punya keyakinan kalau apapun yang dia lakukan harus sempurna. Kadang dia gak punya fleksibilitas, walaupun ada sesuatu hal yang di luar kendalinya.

·       Korban kekerasan yang merasa bahwa kejadian buruk yang mereka alami itu pantas mereka dapatkan. Kenapa mereka bisa berpikir begitu? Salah satu alasannya adalah karena victim-blaming.

 

STOP MENYALAHKAN DIRI SENDIRI!

Setiap orang bisa melakukan kesalahan. Klise tapi faktanya ya begitu. Terkadang ada hal-hal di luar batas kontrol kita, dan kita harusnya bisa rela melepaskan hal tersebut. Selain itu, ada 5 cara lainnya yang bisa bantu kita stop untuk menyalahkan diri sendiri:

 

#1 BERTANGGUNG JAWAB, TAPI BUKAN DENGAN MENYALAHKAN

5 Cara Buat Stop Menyalahkan Diri Sendiri

Pas kita bertanggung jawab atas perbuatan kita, terima kalau yang kita lakukan itu adalah kesalahan dan sekarang akan memperbaikinya biar lebih baik. That’s it. Butuh keberanian besar lho untuk mengakui kesalahan, jadi jangan memperpanjang dengan berpikir “OMG ini salah gue, semuanya gara-gara gue!” Ubah mindset, “oke aku melakukan kesalahan, what to do to fix it!”

 

#2 DON’T BE CRITICAL

5 Cara Buat Stop Menyalahkan Diri Sendiri

Kalau kita selalu mengkritik diri sendiri, bisa jadi kita juga selalu mengkritik orang lain, mungkin tanpa kita sadari. Orang yang seperti ini cenderung berpikir orang pun akan selalu nge-judge dia. Duh, apa gak capek? Daripada selalu melihat kejelekan, coba deh lihat sisi kebaikannya dulu

 

#3 CINTAI DIRI KITA SENDIRI

5 Cara Buat Stop Menyalahkan Diri Sendiri

Ketika kita menyalahkan diri sendiri, kita cenderung melihat kekurangan daripada kelebihan yang kita punya. Kita selalu ngerasa rendah ketika melakukan kesalahan, padahal kesalahan itu adalah proses bukan hal mutlak. Mencintai diri sendiri itu termasuk proses berdamai dengan diri lho. Dengan menerima kesalahan, kegagalan, dan kekurangan kita belajar untuk berkembang jadi lebih baik.

 

#4 JANGAN RAGU UNTUK MEMINTA PERTOLONGAN

5 Cara Buat Stop Menyalahkan Diri Sendiri

Meminta pertolongan bukan tanda kita lemah, sebaliknya, meminta pertolongan adalah step awal kita ingin menjadi lebih baik. Cuekin stigma jelek, ucapan yang gak peka seperti “hah serius, emang lo bisa depresi?” ataupun “yaelah lebay deh lo!”

Mengutip ucapan BTS Jin, “Just because someone else is having a hard time, it’s not like your own “hard time” isn’t as difficult and tiring. So, whenever you’re having a hard time, always tell other people.”

Banyak cara untuk meminta pertolongan. Kamu bisa curhat sama teman, berdoa, atau meminta bantuan medis.

 

#5 BELAJAR MEMAAFKAN

5 Cara Buat Stop Menyalahkan Diri Sendiri

Ingat, everyone makes mistakes. Salah satu langkah awal untuk berhenti menyalahkan diri sendiri adalah belajar memaafkan. Ketika kita mengerti kalau tiap orang bisa melakukan kesalahan (bahkan orang tersukses sekalipun), kita jadi sadar kalau kita tuh gak perlu jadi orang yang sempurna (ya karena gak ada manusia yang sempurna). Yang perlu kita lakukan adalah be the best you that you can be. Dimulai dari memaafkan dan moving on with our life.


Foto: Shutterstock

Prev
Next

Bagikan artikel ke :