Login

Email
Password


Mylife

5 ANIME YANG MENGAJARKAN TENTANG HIDUP

Selama ini orang-orang mengira anime (atau animasi) hanya diperuntukan buat anak-anak, padahal walaupun terbuat dari gambar yang bergerak, anime bisa punya storyline yang mendalam. Bahkan beberapanya terinpirasi dari kehidupan sehari-hari, yang pastinya bisa jadi pembelajaran buat kita untuk gimana melihat hidup lebih dalam dari kacamata animasi. Berikut adalah 5 pilihan animasi yang menurut Happifyourworld bisa mengajarkan tentang kehidupan.

 

3 GATSU NO LION (MARCH COMES IN LIKE A LION)

Di tengah persaingan anime bertema sport, 3 Gatsu no Lion mencuri perhatian dengan fokus pada perkembangan hidup seseorang. Bercerita tentang Rei Kiriyama yang bertarung dengan depresi dan berusaha mencari arti hidup yang sepertinya meaningless. Sepanjang anime kita akan disuguhi narasi dari Rei atau sesekali ada dialog antar karakter lainnya untuk mendukung narasi Rei yang bikin kita ngerasain point ov view dari orang pertama. Judul 3 Gatsu no Lion diambil dari idiom, “March comes in like a lion, and goes out like a lamb” yang berarti di transisi dari bulan Maret yang dingin menuju musim semi yang hangat. Kurang lebih anime ini ngajarin kita untuk bisa berkembang jadi seseorang yang kuat, kita emang harus ngalamin kehilangan tapi juga harus gigih berusaha untuk bangkit lagi buat nemuin kebahagiaan kita sendiri. That’s what life for right?

 

KONO SEKAI NO KATASUMI NI (IN THIS CORNER OF THE WORLD)

Ada banyak sisi lain dari perang yang gak kita tahu, dan anime ini berusaha menceritakan sisi lain tersebut dari diri Suzu Urano. Berlatar belakang Perang Pasifik, Kono Sekai No Katasumi Ni berfokus pada kehidupan Suzu yang beranjak dewasa di dalam masa-masa perang. Gimana cewek 18 tahun ini ngatasi hidup di jaman perang yang rumit dan kacau. Dirinya yang tidak bisa menerima perang tapi berusaha untuk tetap berjuang dan berkontribusi dalam masyarakat tanpa harus maju ke medan tempur, tetap ngejalanin hidup seburuk apapun tanpa mengeluh. Melalui Suzu, kita diajak untuk menghargai setiap detik pahit manisnya kehidupan. Oia, gak melulu ngeliatin pandangan Suzu akan perang, tapi kita juga dikasi liat gimana hubungan Suzu dan suaminya, Houjou. Kono Sekai No Katasumi adalah anime sederhana yang humanis, dengan visualisasi bernuansa pastel dengan detail akurat yang memanjakan mata. Pastiin untuk masukin anime ini di daftar must watch kamu!

 

 

RELIFE

ReLife is a must-watch anime for millennials. Bercerita tentang cowok 27 tahun bernama Kaizaki Arata yang diberi kesempatan buat mengubah hidupnya dengan jadi anak SMA, yang berarti Arata kembali menjalani kehidupan masa mudanya sekali lagi. Ada beberapa point penting yang bikin mata kita terbuka dan jadi reminder ke diri sendiri dengan menonton anime ini. Yaitu:

perasaan insecure itu ada dan orang-orang yang mengalaminya itu nyata, waktu tidak bisa diputar kembali (seberapapun kita menginginkannya), menghadapi perubahan itu gak mudah, punya perasaan suka itu wajar terutama ke sahabat kita sendiri, menantang norma yang ada pada umumnya (yang sudah diterima oleh masyarakat) boleh aja tapi kita juga harus bisa melakukan sesuatu lebih dari hanya sekedar ‘bicara’. Easier said than done.  

 Anime slice-of-life story ini mencampurkan elemen drama, komedi, friendship, dan romance yang pastinya wajib banget buat ditonton untuk anak remaja kayak kita.

 

KOE NO KATACHI (SILENT VOICE / THE SHAPE OF VOICE)

Pernahkah kamu ngeliat respon orang-orang tentang seseorang yang ‘gak normal’ tapi berusaha untuk menyesuaikan diri di masyarakat? Kalo pernah, pasti jawabannya ada dua, either orang menerima dia dengan lapang dada or being outcast-ed bahkan dibully oleh sebagian dari kita. Koe No Katachi bercerita tentang cewek yang tidak bisa mendengar, Nishimiya Shouko, yang pindah ke sekolah baru. Karena dianggap bikin kelas jadi gloomy karena kekurangannya, Shouko dibully orang semua temannya. Tapi mau dibully kayak apa, Shouko tetap ramah dan gak membalas, terutama ke cowok bernama Shouya Ishida. Hingga sampe suatu hari alat bantu dengar Shouko rusak dan orangtua Shouko komplain. Alih-alih minta maaf, teman sekelas malah mengkambinghitamkan Shouya dan dia jadi korban bully. Gimana akhirnya?

Koe No Katachi ngasih liat gimana buruknya bullying, dan efeknya yang tiada akhir. Yang paling parah adalah ketika gurunya (orang dewasa) ‘mentoleransi’ para muridnya yang berbalik membully Shouya. Anime ini ngajarin kita untuk bisa RESPEK dengan orang lain, siapapun dan apapun kondisi orang tersebut. Hal yang sangat langka dilakukan, terutama di masyarakat modern saat ini.

 

TOKI O KAKERU SHOUJO (THE GIRL WHO LEAPT THE THROUGH THE TIME)

Kalo ada kemampuan yang paling diinginkan semua orang, itu adalah kembali ke masa lalu. Toki O Kakeru Shoujo anime sci-fi tentang cewek, Makoto Konno, murid biasa yang gak sengaja punya power time travelling. Film anime ini merupakan lanjutan dari novelnya yag berjudul sama. Dengan bantuan karakter sebelumnya, Makoto ‘berjalan-jalan’ menyusuri waktu untuk memperbaiki masalah remaja cewek umumnya, dari yang ringan sampe berat. Walaupun temanya time travelling, tapi ini cuma bumbu karena sebenarnya Toki O Kakeru terpusat pada real life problems yang dihadapi Makoto dan teman-teman sekitarnya. Salah satunya gimana bisa ngambil keputusan yang tepat. Ada kan tuh saat di mana kita bimbang buat ambil keputusan, kita kuatir apakah keputusan yang kita ambil tepat atau gak. Dan kalo gak, ingin deh rasanya mutar waktu supaya gak ngulang kesalahan akibat keputusan yang kita ambil. Kemampuan Makoto time travelling dilihat sebagai sisi childish-nya (kayak benerin jawaban ujian), tapi ada saat di mana Makoto berhadapan dengan akibat dari tindakannya ‘memperbaiki’ masa lalu. Mau gak mau kita harus sadar, mau punya power kayak apa, setiap tindakan pasti ada sebab akibatnya. Buat tahu lebih jauh, kamu harus coba menontonnya sendiri ya.


Foto: berbagai sumber    

Related Articles

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

PACARKU NYEBELIN!

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

6 TIPS NYEMBUHIN PATAH HATI

Patah hati karena baru diputusin? Baca 6 tips ini biar sembuh!

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.