MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Life
MY LIFE

10 Cara Mudah Mengubah Diri Jadi Lebih Baik

 

10 Cara Mudah Mengubah Diri Jadi Lebih Baik

Tahun udah berganti, masa sih mau jadi pribadi yang gini-gini aja? Yuk kumpulin semangat buat mengubah diri jadi lebih baik dari versi kita sebelumnya!

 

Setiap bulan Maret, perempuan di seluruh dunia merayakan International Women’s Day atau Hari Perempuan, dengan agenda memperjuangkan kesetaraan hak dan kesempatan yang sama dengan seperti yang didapat oleh laki-laki, seperti mendapat pendidikan, berpendapat, serta terlindung dari bentuk pelecehan yang selama ini banyak menimpa perempuan.  

 

Dengan kampanye #ChooseToChallenge, tahun ini kayaknya jadi tahun yang tepat buat kita menantang diri untuk bertransformasi jadi versi yang lebih baik dari sekarang, caranya mudah dan bisa dilakukan sama kita setiap hari! So, ready to challenge yourself?

 

 

CHALLENGE #1 – BANGUN LEBIH AWAL DARI BIASANYA

10 Cara Mudah Mengubah Diri Jadi Lebih Baik

Baru poin pertama udah ngerasa berat? Berarti challenge ini cocok buat kita. Seminggu ini, bikin komitmen untuk bangun lebih pagi dari biasanya. Bisa dimulai dari set alarm 1 jam lebih awal dari jadwal bangun biasanya, tanpa pencet snooze atau balik ke kasur untuk tidur lagi. Langsung minum segelas air putih dan cuci wajah, supaya rasa kantuknya hilang.

 

Ibarat manasin kendaraan, tubuh kita juga perlu pemanasan sebelum akhirnya lancar dan selalu in a good mood saat ngejalanin hari. Saat kita bangun lebih awal sebelum beraktivitas, tubuh kita jadi terbiasa buat melakukan hal-hal kecil yang ngebangun mood sebelum kita mengerjakan rutinitas seperti biasa. Misalnya aja saat kita bangun lebih awal, kita masih punya banyak waktu buat sarapan, ngobrol sama keluarga, ngecek media sosial, sampai akhirnya jadwal buat sekolah atau kuliah online tiba. Siap-siapnya pun jadi nggak harus terburu-buru. Rasanya bakal beda banget saat kita kebangun di jam-jam mepet atau malah kesiangan, dan udah harus bersiap sekolah atau kuliah, bahkan jauh sebelum mood kita terbentuk. Jadinya, ngelakuin aktivitas bikin kita terpaksa dan nggak nyaman ngejalaninnya.

 

 

CHALLENGE #2 – BIKIN LIST 3 HAL YANG HARUS SELESAI DI HARI ITU

10 Cara Mudah Mengubah Diri Jadi Lebih Baik

Mungkin selama ini banyak hal yang mau kita lakukan dan kita achieve, tapi bingung buat nentuin mana yang harus jadi prioritas duluan, sekaligus banyaknya distraksi yang ngeganggu. Akhirnya, dalam hari itu hanya sedikit, atau bahkan bisa jadi nggak ada satupun yang selesai karena kita nggak maksimalin waktu buat mencapai goals yang kita rencanain. Setiap pagi (atau malam sebelumnya), tulis minimal 3 hal yang mau (dan harus) kita selesaikan di hari itu, no matter what!

Misalnya; sekolah online, ngerjain tugas Matematika, dan bantu Mama masak. Dengan begitu, kita bakal terlatih buat tau mana yang jadi prioritas setiap hari, dan jadi lebih produktif karena berhasil ngurangin buang-buang waktu, karena kita sendiri yang udah set deadline buat menyelesaikan tugas.

 

 

CHALLENGE #3 – BELAJAR 1 HAL BARU TIAP HARI

10 Cara Mudah Mengubah Diri Jadi Lebih Baik

Ini bisa berupa daftar kebiasaan baru, bahasa baru, keterampilan atau wawasan baru, apa aja. Dorong diri kita buat tumbuh setiap hari. Inget nggak gimana cerita semangat juang R.A Kartini membela hak perempuan? Beliau pingin banget perempuan untuk berkesempatan dan berhak buat mendapat pendidikan, supaya kita nggak selalu jadi kaum kelas 2 yang mengandalkan sepenuhnya ke laki-laki? Apalagi sekarang kita hidup di era yang serba mudah, berbagai informasi dan ilmu bisa kita dapetin dengan hanya mencari di internet. Makanya, buat ningkatin skill dan belajar hal baru bukanlah hal yang susah. Dan ini bisa dalam bentuk apapun kok, misalnya belajar masak atau bikin sesuatu, belajar public speaking lewat YouTube, baca buku non-fiksi, atau apapun yang nantinya bisa bikin skill kita terasah sesuai dengan hobi dan minat kita.

 

Bahkan sekarang, di TikTok aja kita bisa dapetin banyak ilmu baru yang kadang nggak didapetin di sekolah. Kalau kita pelajarin sedikit setiap hari, kebayang kan gimana bertambahnya skill kita selama setahun?

 

 

CHALLENGE #4 – ‘KENALAN’ LAGI DENGAN DIRI SENDIRI

10 Cara Mudah Mengubah Diri Jadi Lebih Baik

Selama ini kita mungkin menganggap kalau kita udah cukup kenal sama diri sendiri. Padahal kenyataannya, masih banyak kecemasan yang bikin kita jadi suka nggak puas dan menyalahkan diri sendiri saat sesuatu nggak berjalan sesuai rencana. We tend to hate ourself.

 

Nah, kenalan lagi dengan diri sendiri ini dimaksudkan buat mengenali semua sisi baik fisik dan mental, sekaligus nerima dengan lapang dada apa yang udah kita punya dalam diri kita. Nggak perlu ngiri sama temen-temen yang lebih cantik dan glowing, nggak perlu ngiri sama pencapaian orang lain hanya karena kita belum sampai di titik itu. Hidup itu bukan soal terus-terusan berkompetisi sama orang lain lho, karena akan selalu ada orang yang lebih baik, lebih cantik, dan lebih segala-galanya dari kita, dan itu nggak apa-apa banget! Karena yang terpenting adalah gimana kita tau apa yang jadi kelebihan kita, belajar nerima kekurangan diri sendiri, dan siap buat berkompetisi buat jadi lebih baik dari diri kita yang kemarin. Dengan begitu, kita jadi lebih gampang buat tau apa yang harus kita kembangin buat jadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

 

 

CHALLENGE #5 – BELAJAR MANDIRI

10 Cara Mudah Mengubah Diri Jadi Lebih Baik

Mandiri di sini maksudnya adalah mencoba buat ngelakuin apa-apa sendiri, tanpa bantuan orang lain kalau nggak perlu-perlu banget. Misalnya sesimpel pergi ke mall sendirian, nggak terus-terusan minta jemput sama pacar kalau lagi di luar, nggak minta tolong Mama atau Bibi buat nyari baju yang nyelip di lemari, cuci piring sendiri sehabis kita makan, dan sebagainya.

 

Kebiasaan mandiri ini bakal ngelatih mental kita untuk lebih kuat dan nggak selalu bergantung sama orang lain. Karena di saat kepepet sekalipun, orang yang akan bisa kita andalkan 100% adalah diri kita sendiri!

 

 

CHALLENGE #6 – DETOKS DIGITAL

10 Cara Mudah Mengubah Diri Jadi Lebih Baik

Ukur berapa lama kita menggunakan smartphone, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Sadar atau nggak, gadget dan media sosial udah jadi ‘pengganggu’ utama kita buat berkembang. Kenapa? Karena penggunaan keduanya dalam waktu yang lama bikin kita jadi nggak produktif dan gampang nggak fokus buat ngelakuin apa yang harusnya jadi prioritas kita akibat ketagihan menatap layar.

 

Nah, detoks di sini nggak mewajibkan kita buat stop total sampai nggak mengakses sama sekali, tapi lebih ke ngurangin durasi penggunaan gadget dan media sosial di jam-jam tertentu. To be a better person, we need a great commitment, right? Setiap hari, utamain dulu hal-hal yang menurut kita paling nggak enak buat dilakuin (tapi prioritas), sampai akhirnya nanti semua to do list selesai dan kita bisa bersantai sambil main gadget. Selain bikin kita lebih produktif, cara ini bisa bikin kita lepas dari kecanduan media sosial karena udah terbiasa lepas untuk waktu yang lama.

 

 

CHALLENGE #7 – OLAHRAGA

10 Cara Mudah Mengubah Diri Jadi Lebih Baik

Okay, buat para generasi mageran yang hobi rebahan, ini adalah challenge yang mungkin paling susah buat dilakuin. Tapi, ini memang salah satu cara paling ampuh buat bikin diri kita jadi lebih baik, terutama secara fisik dan mental kita. Selain imunitas tubuh meningkat, olahraga juga bisa nurunin kadar stres di dalam pikiran kita. Salah seorang Youtuber, Anna Lee bilang di videonya, kalau dia selalu berolahraga ketika dia stres. Dan itu sangat membantu dia buat menghilangkan hal-hal yang bikin dia sedih.

 

Nggak perlu langsung ambisius kok, supaya badan juga bisa beradaptasi sama kebiasaan baru kita dalam berolahraga. Bisa dengan stretching dulu setelah bangun tidur, jalan santai keliling komplek, atau nonton yoga for beginner di YouTube. Biar makin semangat, kita bisa susun playlist lagu buat nemenin kita olahraga, ikutan kelas olahraga online, atau hadiahin diri kita sama sarapan enak setelah selesai olahraga. Awal-awal memang terasa malas, tapi lihat deh impact-nya kalau kita udah ngelakuin hal ini rutin!

 

 

CHALLENGE #8 –JAUHI HAL NEGATIF

10 Cara Mudah Mengubah Diri Jadi Lebih Baik

Mulai menjauh dari hal-hal negatif yang kita tau itu bakal menghambat kita jadi orang yang lebih baik. Keseringan nunda-nunda kerjaan atau tugas? Dikelilingin teman toxic? Terjebak di hubungan abusive dan bikin kita tersiksa? Hobi berantem sama orangtua? Cuma kita yang bisa mengakhiri semua hal negatif yang ada di sekeliling kita.

 

Memang sih, ngelakuin hal ini nggak semudah membalikkan telapak tangan. The, go seek for help, cari cara yang paling nyaman dan tepat buat kita untuk keluar dari hal-hal negatif yang udah jadi habit selama ini. Perlahan menjauh dari teman yang toxic, bangun self-worth supaya bisa kuat buat ninggalin pacar yang abusive, dan tentunya mulai cari lingkar pertemanan yang bisa ngebawa kita ke arah yang lebih positif, bisa komunitas yang bikin kita terinspirasi, atau sahabat yang kita tau punya support penuh ke diri kita. Kalau kita sibuk ngebangun diri jadi lebih baik, otomatis kita bakal lupa sama hal-hal negatif yang tadinya ada di sekitar kita.

 

 

CHALLENGE #9 – PUNYA ROLE MODEL

10 Cara Mudah Mengubah Diri Jadi Lebih Baik

Kalau bingung gimana harus memulai buat jadi lebih baik, kita bisa kok mengikuti cara hidup seseorang yang kita anggap role model atau panutan. Bisa jadi keluarga, senior, ataupun seleb yang menurut kita punya kehidupan yang positif dan layak buat ditiru.

 

Tapi, bukan berarti kita jadi ngebandingin goals kita sama apa yang udah mereka capai ya, tapi hanya sebagai contoh buat kita soal gimana mereka menata kehidupan supaya jadi pribadi yang lebih baik. Punya role model memudahkan kita buat nentuin langkah awal perubahan, tapi kalau ada beberapa hal yang nggak pas di kita ya nggak usah dipaksakan. Kita bisa mencampur kebiasaan role model satu dan lainnya supaya kita makin semangat buat jadi orang yang lebih baik.

  

CHALLENGE #10 - BERSYUKUR

10 Cara Mudah Mengubah Diri Jadi Lebih Baik

Terakhir dan yang paling penting untuk jadi pribadi yang lebih baik adalah rajin bersyukur. Kadang kita terlalu fokus ngejar hal-hal yang nggak kita punya, tapi lupa buat mensyukuri apa yang udah kita punya selama ini.

 

Selain beribadah, kita bisa rutin nulis di jurnal setiap malam soal hal-hal apa aja yang bikin kita bersyukur akan hari itu. Bisa soal hal yang bikin kita senang, makanan yang kita suka di hari itu, kehadiran orang-orang yang kita sayang, dan tentunya berucap syukur masih bisa menikmati semua itu sampai saat ini. Setiap kali kita lagi ngerasa down, kita bisa kembali membaca semua hal-hal tersebut, yang mampu meringankan rasa stres saat kita nggak puas sama sesuatu.

 


Foto: Shutterstock

Prev
Next

Bagikan artikel ke :