Login

Email
Password


Mybody

YUK PERSIAPKAN TUBUH UNTUK HADAPI PUASA!

15 Mei 2018

Bulan paling suci untuk para umat Muslim, Ramadhan, sudah tinggal menghitung hari. Ini berarti waktunya buat umat Muslim menjalankan ibadah puasa untuk lebih mendekatkan diri pada sang pencipta. Ada banyak manfaat puasa baik fisik maupun psikis, tapi harus diakuin kalo dilakukan tiba-tiba bisa ngasih efek nggak baik juga buat tubuh kita. Makanya penting banget untuk menyiapkan tubuh supaya puasa kita bisa maksimal.

 

Banyak pakar kesehatan menyarankan untuk melatih tubuh sebelum berpuasa, setidaknya sebulan sebelum puasa. Hal ini supaya tubuh kita nggak ‘kaget’ terutama buat yang punya maag, sehingga kita bisa fokus beribadah. Misalnya aja kayak puasa Sunnah Senin-Kamis, atau kita bisa lakuin hal-hal di bawah ini:

 

LATIHAN PUASA SENIN-KAMIS

Practice makes perfect! Cara terbaik buat menghadapi puasa adalah latihan puasa, dan cara apalagi yang terbaik selain puasa Sunnah Senin-Kamis. Udah latihannya dapet, pahalanya pun juga dapet! Buat kita yang punya utang puasa, bisa juga latihan dengan membayar puasa lho.

 

BIASAKAN SARAPAN

Udah bukan rahasa lagi sarapan penting buat menjaga stamina tubuh kita seharian. Orang yang rutin sarapan punya metabolisme tubuh lebih baik daripada mereka yang jarang sarapan pagi, udah gitu, mereka pun cenderung lebih bugar. Sarapan yang baik ada di jam 6 – sebelum jam 10 pagi. Buat yang nggak pernah sarapan, coba berlatih makan pagi sebelum puasa supaya perut kita nggak shock.

 

MAKAN SEDIKIT TAPI BERKUALITAS *jangan lupa minum yang cukup supaya terhindar dari dehidrasi!

Biasakan mengurangi sedikit demi sedikit porsi makan kita pada jam makan, sehingga perlahan kita bisa nurunin selera makan sebelum puasa tiba. Tapi ingat, perhatikan juga apa yang kita makan, usahain makanannya bukan fast food ya. Hindari makanan yang bisa nyebabin perut kita bermasalah, kayak pedas, santan, dan kafein. Buat yang punya  maag, disarankan untuk mengkonsumsi obat maag pada saat sahur dan berbuka.

 

ATUR POLA TIDUR

Selain pola makan, pola tidur kita di bulan Ramadhan juga akan berubah karena kita ada tambahan rutinitas. Di bulan ini kita harus atur untuk sahur, Tarawih, dan sholat malam. Belum kalo kita pingin ada tambahan extra ibadah. Tubuh yang capek karena kurang tidur akan bikin kita nggak fokus, makanya disarankan banget untuk nyeimbangin waktu antara istirahat cukup dan makan yang seimbang.  


Foto: Shutterstock  

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

03 Februari 2016

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

09 Mei 2018

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.